Beranda Tiket Wisata

PANTAI CIBUAYA Tiket & Pesona Menghanyutkan - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Cibuaya : Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia, 43176

Sukabumi memiliki deretan pantai selatan yang indah, salah satunya adalah Pantai Cibuaya. Objek wisata ini tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai dengan suasana yang tenang. Karena belum pantai ini belum banyak mendapat kunjungan wisatawan. Sehingga tepat untuk menenangkan diri dengan deburan ombak sebagai teman.

Tak banyak bahkan belum ada wahana permainan air yang tersedia pengelola. Namun, wisatawan tetap dapat menikmati pantai yang terkenal dengan indahnya matahari terbenam ini. Bermain air dan berfoto adalah kegiatan favorit. Selain itu wisatawan juga dapat memancing dan berpiknik, tentunya dengan perlengkapan pribadi.

Harga Tiket Masuk Pantai Cibuaya

Untuk menikmati keindahan pantai ini tidak diperlukan biaya yang mahal.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000

Baca: PONDOK HALIMUN Tiket & 5 Aktivitas Seru

Jam Buka Pantai Cibuaya

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional khusus. Wisatawan dapat datang ke sini dari pagi hingga petang.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Pantai Cibuaya yang sangat Bersih

Pesona Bersihnya Pantai Cibuaya
Pesona Bersihnya Pantai Cibuaya. Foto: Gmap/roy indra lesmana

Pantai Cibuaya memang tepat bagi yang ingin healing dan relaksasi. Pasalnya, objek wisata ini terkenal akan kawasannya yang paling bersih. Sampah yang terlihat hanyalah karang yang sudah terpecah terbawa ombak.

Pantai ini tak memiliki pasir putih yang lembut, karena pecahan karang dan batu kecil yang terbawa ombak. Meski demikian, wisatawan tetap dapat berjalan santai di pantai mengenakan alas kaki. Pasir yang cokelat terang ini langsung bertemu dengan air laut yang biru jernih. Bahkan wisatawan dapat melihat perairan di bawah tepian pantai.

Ombak bergulung-gulung khas pantai selatan menderu dengan deburannya. Meski begitu, wisatawan pun tampak berani mendekati bibir pantai untuk menikmati ombak. Tak hanya pantainya yang indah, pepohonan di tepian pantai juga turut memperindah area. Pohon kelapa serta pepohonan lainnya menjadi penghuni yang menghijaukan kawasan pantai.

Baca: Curug Sawer Sukabumi Tiket & Aktivitas

Pantai dengan Karang Unik yang Bertebaran

Karang yang Terlihat saat Air Laut Surut
Karang yang Terlihat saat Air Laut Surut. Foto: Gmap/Yudhi Rahadian Putra

Pantai Cibuaya semakin memesona tatkala air laut sedang surut. Biasanya terjadi saat pagi dan siang hari, air laut menjadi surut. Saat surut, karang-karang yang ada di tepian pantai mulai muncul. Ada yang tinggi, besar, kecil, dan bertebaran di bibir pantai.

Di saat inilah banyak warga sekitar memancing di antara karang. Banyak ikan-ikan kecil yang dapat dipancing di area karang ini. Jika beruntung, ada juga ikan besar yang tertangkap kail. Bahkan ikan-ikan ini juga bisa terjaring jika jaraknya dekat.

Saat surut juga menjadi buruan para photo hunter. Karena pemandangan pantai tampak lebih indah dan eksotik. Beberapa wisatawan bahkan jalan agak ke tengah laut dengan meniti karang. Kemudian berfoto dengan latar belakang lautan lepas yang indah itu.

Baca: SANTASEA WATERPARK Sukabumi Tiket & Wahana

Menikmati Matahari Terbenam

Senja Indah di Cibuaya
Senja Indah di Cibuaya. Foto: Gmap/cep budhi darma

Pantai Cibuaya adalah lokasi yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Kala senja, pantai ini biasanya padat wisatawan pemburu senja. Yang sudah berada di sana akan mencari tempat yang nyaman untuk menyaksikan matahari terbenam.

Suasana berubah menjadi lebih tenang, dengan cahaya mulai meredup. Perlahan-lahan matahari turun ke peraduan, dengan sinarnya yang berubah jingga. Langit di sekitarnya pun mengiringi turunnya matahari dengan menggelapkan cahayanya perlahan. Langit yang awalnya biru, berubah menjadi jingga.

Matahari pun mulai menampakkan bentuknya dengan bulat sempurna. Warna jingga memenuhi seluruh bulatan itu. Ombak mulai berdeburan menderu lebih kencang, tanda air laut mulai pasang. Saat-saat ini biasa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto, atau mengobrol samail menikmati terbenamnya mentari.

Baca: 4 Pesona Curug Sodong Ciletuh Sukabumi

Piknik di Tepi Pantai

Piknik di Pantai Cibuaya
Piknik di Pantai Cibuaya. Foto: Gmap/roy indra lesmana

Jika ingin lebih santai menikmati suasana, wisatawan dapat mencoba piknik di pantai. Di Pantai Cibuaya memang belum banyak pedagang yang berjualan. Namun, wisatawan tetap dapat menikmati piknik dengan perlengkapan dan bekal pribadi.

Ada beberapa spot teduh yang dapat digunakan. Menggelar tikar atau alas duduk, kemudian menyiapkan makanan. Bisa juga makan bekal siap saji, atau nasi dan lauk yang sudah masak. Tidak dianjurkan untuk memasak di pantai, karena anginnya yang kencang. Membuat api berkobaran dan bahkan mati, sehingga tidak nyaman untuk acara memasak.

Wisatawan dapat piknik bersama teman, keluarga, bahkan pasangan. Tentu akan menghasilkan momen yang tak terlupakan.

Baca: CURUG CIKASO Tiket & Pesona

Pantai Bersih yang Tenang untuk Berkemah

Tak puas jika hanya berpiknik, wisatawan juga bisa berkemah di kawasan pantai. Yang mana sebelumnya harus izin kepada pengelola jika akan berkemah. Dan tentunya, perlengkapan berkemah harus dipersiapkan sendiri oleh wisatawan. Baik tenda dan perlengkapannya, hingga perlengkapan memasak atau makanan.

Karena di sini tidak banyak warung, apalagi yang buka hingga malam. Meskipun pantai ini bersih, namun fasilitas umum belum banyak tersedia. Kamar kecil yang ada hanya sederhana. Dan untuk umat muslim, dapat menunaikan ibadah sholat di tenda.

Malam harinya kawasan pantai menjadi begitu gelap. Sebagai gantinya, wisatawan dapat melihat bintang bertaburan di angkasa. Jumlahnya ribuat, gemerlap seolah menjadi penerang untuk bumi malam itu. Taburan bintang ini seakan menjadi pemandangan mahal yang hanya didapatkan di Pantai Cibuaya.

Baca: GEOPARK CILETUH Tiket & Pesona Alam

Perjuangan Menuju Pantai Cibuaya

Untuk mencapai objek wisata ini, dari pusat Kota Sukabumi diperlukan waktu sekitar 4 jam. Dan ini hanya sampai di kota kecamatan terdekat, yaitu Surade. Sesampainya di Surade, melanjutkan perjalanan kurang lebih satu jam untuk sampai di pantai.

Objek wisata ini berada di jajaran pantai yang ada di Ujung Genteng. Yang mana lokasinya berada di ujung, menyusuri pinggiran pantai. Dan wisatawan juga harus melewati rawa-rawa payau untuk tiba di pantai.

Lokasi Pantai Cibuaya

Pantai ini terletak di Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat Kota Sukabumi. Kurang lebih 146 Kilometer dan memakan waktu sekitar 4 jam berkendara. Namun tenang saja jika ingin menginap daerah Ujung Genteng juga terdapat banyak akomodasi.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 18

Berikan Rating