Beranda Tiket Wisata

PANTAI DEPOK Primadona Baru Pantai Di Jogja - Oktober 2020

Pantai Depok
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Parangtritis, Pantai, Parangtritis,Kretek,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55772.

Yogyakarta dan pariwisata seolah sebuah kesatuan yang tak terpisahkan. Mulai dari wisata yang kental akan sejarah, hingga wisata alami seperti pantai dan pegunungan. Satu pantai yang begitu terkenal di Yogyakarta adalah Parangtritis. Namun kini, pesona Parangtritis harus siap bersaing dengan indahnya Pantai Depok yang berlokasi di Bantul.

Salah satu pantai yang terkenal dengan pasir hitamnya ini cukup menyita perhatian para wisatawan, terlebih wisatawan asing. Hal itu tak lepas dari keindahan ombak Pantai Depok yang kerap dimanfaatkan untuk olahraga air. Selain itu, faktor kebersihan juga cukup memengaruhi hingga membuat wisatawan begitu betah menghabiskan waktunya di sana.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang ingin berrekreasi ke pantai ini tidak perlu khawatir mahal. Cukup dengan beberapa ribu sudah bisa berwisata ke area pantai.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Hal Menarik Dari Pantai Depok Sleman

Ikon Pantai Depok Bantul
Ikon Pantai Depok seolah memberikan sambutan selamat datang pada para wisatawan asing Foto: Google Maps/Kungfu Baik

Selain berenang dan bermain air di pantai, pantai ini menawarkan beragam aktivitas lainnya. Wisata kuliner, pasar digital, serta beberapa pertunjukan yang pernah digelar di sini. Berikut beberapa diantaranya.

Kuliner Seafood di Tepi Pantai

Sajian Seafood di Tepi pantai Depok
Sajian seafood nan lezat di Tepi Pantai Depok menjadi buruan utama wisatawan Foto: Google Maps/Fatma Sutedjo

Salah satu yang tidak boleh ketinggalan di setiap perjalanan wisata adalah kuliner setempat. Setelah memanjakan mata, kini saatnya wisatawan memanjakan lidah dengan sajian menu ikan segar yang lezat. Pantai Depok cukup dikenal dengan pasar ikan yang menyediakan hasil laut dengan harga terjangkau.

Salah satu yang paling popular adalah ikan cakalang, selain karena rasanya yang khas ikan ini tergolong murah. Cukup merogoh kocek Rp8.000 saja, wisatawan sudah bisa mendapatkan ikan cakalang sebanyak satu kilogram. Tidak hanya itu, ada juga ikan kakap merah dan putih yang dibanderol dari harga Rp17.000 hingga Rp25.000.

Kebanyakan dari wisatawan membeli ikan-ikan segar tersebut di pasar kemudian membawanya ke warung makan di tepi pantai. Selanjutnya mereka bisa meminta warung-warung tersebut untuk mengolah ikan sesuai permintaan wisatawan.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Menu yang paling banyak dipesan adalah ikan panggang dan goreng, selain praktis menu tersebut begitu cocok untuk menemani wisatawan menikmati indahnya Pantai Depok. Bagi yang kurang mahir memilih ikan-ikan segar tersebut, bisa langsung datang ke warung-warung di sana. Dengan harga Rp22.000 wisatawan sudah bisa menikmati menu ikan cakalang berukuran setengak kilogram lengkap dengan minumnya.

Pasar Digital Khas Tempo Dulu

Ciri khas dari tempat wisata di daerah Yogyakarta memang adalah yang menyimpan sejarah dari masa ke masa. Hal itu rupanya juga ada di Pantai Depok yang dinamakan dengan Pasar Digital. Di tempat tersebut, transaksi untuk membeli sajian kuliner antara penjual dan pembeli tidak menggunakan uang melainkan sebuah koin.

Jadi, wisatawan diwajibkan untuk menukarkan uangnya menjadi bentuk koin yang nantinya digunakan untuk modal transaksi. Jika nantinya tersisa koin-koin yang tidak terpakai, wisatawan bisa menukarkan kembali dalam bentuk rupiah. Untuk benar-benar menciptakan suasana tempo dulu, terkadang diperdengarkan suara gamelan jawa nan syahdu.

Festival Perahu Naga Di Pantai Depok

Festival Tahunan Perahu Naga
Festival Perahu Naga untuk melestarikan adat dan juga ajang perlombaan yang sudah terselenggara selama 14 kali Foto: Google Maps/Kazebara

Untuk destinasi yang satu ini, wisatawan harus datang di waktu yang tepat. Setiap tahunnya, desa Laguna yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Depok ini kerap dijadikan sebagai lokasi perlombaan perahu naga. Pesertanya tidak hanya datang dari jogja saja, namun juga luar kota seperti Balikpapan, Cilacap, Pati dan masih banyak lagi.

Festival semacam ini sudah 14 kali diadakan, semata-mata bukan hanya untuk melestarikan adat, namun juga ajang untuk untuk lomba dayung. Selain keseruan dalam lomba, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai pertunjukan salah satunya barongsai dan beberapa tarian daerah.

Baca: Pantai-pantai terbaik di Yogyakarta

Destinasi Wisata Malam Hari

Malam hari kerap kali identik dengan hal-hal negatif, oleh karena itu pengurus Pantai Depok ingin mengubah stigma tersebut. Upaya tersebut dilakukan dengan membuat destinasi wisata malam hari di Pantai Selatan seperti Lantereu Festival 2019.

Tak ingin disebut omong kosong belaka, Dinas Pariwisata Kota Bantul menargetkan sekitar 20 wisatawan menghadiri Festival tersebut. Adanya landasan pacu pesawat sangat menguntungkan bagi penyelenggara untuk media menghias lampion. Indahnya cahaya yang dihasilkan kerap dimanfaatkan wisatawan untuk melakukan swafoto.

Spot Foto Instagram-able

Terdapat 10 Spot Foto Instagramable di Pantai Depok
Pengelola menyediakan 10 spot foto berupa gapura berhiaskan bunga yang terkesan romantis untuk mengabadikan momen bersama orang terkasih Foto: Google Maps/Yudi Irwandy

Liburan seolah tak lengkap tanpa mengabadikan sebuah momen. Hal itu cukup disadari oleh pengurus dan pengelola Pantai Depok. Meskipun setiap lokasi di pantai itu sendiri selalu menampakkan keindahan. Namun pihak pengelola sudah menyiapkan spot foto yang tergolong ikonik.

Bukan hanya satu, namun 10 spot foto berjejer di tepi Pantai. Meskipun berbeda, namun sekilas spot tersebut hampir mirip satu dengan lainnya. Umumnya berbentuk gapura dengan ayunan yang dihiasi oleh bung-bunga plastik untuk menambah kesan romantis dan manis.

Rupanya ada alasan tersendiri, mengapa para pengelola lebih memilih menggunakan hiasan bunga. Selain menimbulkan kesan romantis, spot foto ini bisa juga dijadikan ajang latihan untuk foto pre-wedding para wisatawan yang kebetulan berkunjung dengan pasangan. Spot-spot foto ini sudah ada semenjak Desember 2017 lalu.

Lokasi Wisata Pantai Depok

Lokasi untuk menuju Pantai Depok ini tergolong mudah, karena satu arah dengan Pantai Parangtritis. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Depok. Jalur yang dilalui adalah Jalan Mataram-Jalan Mayor Suryotom-Jalan Brigadir Jenderal Katamso-Jalan Parangtritis kemudian mengambil arah ke Jalan Pantai Depok.

Lokasi Pantai Depok terletak di Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kec. Bantul, Yogyakarta. Wisatawan bisa juga bisa mengikuti rute yang tertulis di papan jalan, karena cukup mudah. Lain halnya dengan rute menuju Pantai Gunung Kidul yang memiliki banyak jalur alternatif. Sehingga, terkadang membingungkan bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini