Beranda Tiket Wisata

PANTAI MIDODAREN Tiket Masuk Murah Berpagar Karang Eksotis - Mei 2022

0
Pantai MidodarenHarga Tiket Masuk: Rp5.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia, 55871

Gunung Kidul merupakan daerah di Yogyakarta dengan pesona pantainya yang memukau, salah satunya Pantai Midodaren. Beberapa orang menyebutnya sebagai Pantai Widodaren. Layaknya pantai yang ada di Gunung Kidul, pantai ini juga berpasir putih dan berair biru. Ombaknya pun terbilang tinggi, namun hanya di waktu-waktu tertentu saja.

Selain pantainya yang indah, objek wisata ini juga merupakan lokasi berkemah favorit wisatawan. Uniknya, lokasi berkemah berada di atas pantai, tidak langsung di depan pantai. Selain itu, tersedia banyak warung makan yang menyediakan kebutuhan makan wisatawan. Meskipun akses jalan cukup sulit, namun semua terbayar dengan keindahan yang tersaji.

Harga Tiket Masuk Pantai Midodaren

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung dikenakan tarif masuk dan parkir. Tarif masuk akan ditagihkan di jalan menuju pantai. Yang mana tempat ini sebagai penanda wisatawan telah memasuki kawasan pantai. Sementara tarif parkir akan ditagihkan ketika wisatawan memarkirkan kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp5.000
Tarif Parkir
MotorRp3.000

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Pantai Midodaren Gunungkidul

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Para penjual di sekitar pantai pun membuka warungnya sepanjang hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pemandangan Eksotik di Pantai Midodaren

Pantai Midodaren yang Menawan
Pantai Midodaren yang Menawan. Foto: Gmap/Ermawan

Bagi wisatawan, Pantai Midodaren adalah secuil surga yang jatuh di Gunung Kidul. Betapa tidak, alam di pantai ini masih begitu alami. Dan keindahannya pemandangannya pun begitu memanjakan mata setiap kali menikmatinya. Wisatawan pun rela menempuh perjalanan jauh dan jalan yang tidak mulus demi menikmati pesonanya.

Dalam bahasa Jawa, Widodaren atau Midodaren berarti “bidadari”. Seolah kecantikan pantai ini menggambarkan paras cantik dari bidadari. Air lautnya yang berwarna biru dan hijau toska begitu bersih dan jernih, menghampar di lautan yang luas.

Pasir pantainya tak kalah putih dan bersih, serta lembut ketika terkena kaki. Bibir pantainya memang tidak luas dan panjang, sehingga sangat mudah untuk menjelajahi dari ujung ke ujung. Sementara kawasan pantai berada di bawah bukit karang seolah menjadi pagar alami. Lengkap dengan vegetasi yang juga tumbuh di atas perbukitan.

Baca: PANTAI KUKUP Tiket & Aktivitas

Bermain Seru di Pantai Midodaren

Garis Pantai Midodaren
Garis Pantai Midodaren. Foto: Gmap/Mochammad Fachrieza

Daya tarik utama di Pantai Midodaren salah satunya bermain di pantai. Wisatawan bisa dengan bebas bermain pasir ataupun berkejaran dengan ombak. Ombaknya cukup tenang di pagi dan siang hari. Namun di sore dan malam hari, ombak cukup tinggi, bahkan kawasan pantai dapat terendam ombak.

Oleh karena itu, jika ingin bermain, datanglah saat pagi atau sore hari. Pada saat ombak masih bersahabat, sehingga lebih aman bermain. Wisatawan pun diperbolehkan berenang di bibir pantai. Namun tentu harus hati-hati karena tidak ada penjaga pantai ataupun tali di bibir pantai.

Area pasir pantai yang lembut sangat nyaman sebagai lokasi bermain. Apalagi, tidak banyak batu karang ataupun kerang dan batuan di pinggir pantai. Yang jelas ketika main di sini, harus rela basah supaya lebih seru.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Aktivitas Seru

Berkemah di Pantai Midodaren

Berkemah di Bukit
Berkemah di Bukit. Foto: Gmap/al kamikaze

Pantai ini memang merupakan lokasi yang tepat untuk berkemah. Dan lebih seru lagi, lokasi kemah tidak langsung di tepi pantai. Melainkan di bukit yang ada di atas kawasan pantai, sehingga aman dari pasang air laut. Namun perlu ekstra hati-hati karena angin di atas bukit lebih kencang.

Tepat di atas pantai, terdapat sebuah bukit karang dengan hamparan rerumputan. Lokasinya luas sehingga cocok sebagai area berkemah, bahkan muat untuk menampung puluhan tenda. Tak heran, jika hari libur atau akhir pekan kawasan ini penuh dengan tenda wisatawan. Paling bagus jika mendirikan tenda menghadap langsung Samudera Hindia.

Dari atas bukit, pemandangan kawasan pantai yang begitu cantik terlihat jelas. Ombak berdebur menerpa pasir pantai dan menyisakan bekas basah yang membuatnya rata. Untuk mencapai daerah pantai, dari tempat berkemah wisatawan harus melalui ladang jagung. Kemudian menuruni sebuah tangga kayu untuk sampai di bibir pantai.

Baca: PANTAI SEPANJANG Tiket & Daya Tarik

Eloknya Pemandangan Matahari Terbit dari Bukit

Pagi yang Indah di Tepi Pantai
Pagi yang Indah di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Bahrun jamil malik

Bagi yang berkemah, pemandangan matahari terbit akan menjadi sajian pagi yang indah. Dari atas bukit, bisa langsung menyaksikan pemandangan matahari terbit. Keluar dari tenda, wisatawan akan melihat cahaya kuning keemasan di langit. Warna gelap perlahan tersapu dan berubah menjadi cerah.

Tergambar dengan jelas sinar matahari yang cerah, mulai menyinari permukaan bumi. Pantai yang semula gelap, perlahan mulai terang karena sinar matahari. Air laut pun mulai surut dan pantai dapat digunakan untuk bermain.

Baca: TERAS KACA Nguluran Tiket & Wahana

Matahari Terbenam yang tak boleh Terlewatkan

Sore hari, saatnya menanti terbenamnya sinar matahari. Bola matahari semakin meredup dan bulatannya juga tampak sempurna. Deburan ombak mulai terdengar lebih kencang, tanda air mulai pasang. Langit pun berubah menjadi oranye, dan suhu berganti lebih sejuk.

Biasanya, wisatawan yang berkemah mulai mempersiapkan acara malam. Seperti mempersiapkan tempat untuk pesta barbeque, membakar jagung, atau ikan.

Fasilitas

Objek wisata ini menyediakan fasilitas umum yang sudah cukup baik. Terdapat jajaran warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, baik instan maupun nasi. Warung juga menyediakan listrik untuk charger alat elektronik, serta menyediakan toilet. Untuk wisatawan muslim, dapat sholat di salah satu warung, karena belum ada mushola khusus di pantai ini.

Lokasi Pantai Midodaren Gunung Kidul

Pantai ini beralamat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini