Beranda Tiket Wisata

Pantai Samas Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Samas
Harga Tiket: Rp4.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sogo Sanden, Srigading,Sanden,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55763.

Keindahan Pantai di Bantul seolah tak ada matinya, satu lagi Pantai di daerah tersebut yang menyimpan banyak keindahan. Pantai Samas namanya dan cukup populer di kalangan anak muda karena keindahan sertanya kencangnya hembusan angin. Bukan hanya itu, gulungan ombaknya nampak begitu eksotis hingga sayang untuk dilewatkan.

Keistimewaan pantai Samas yang tak dimiliki oleh kebanyakan pantai lainnya di Yogyakarta adalah adalah delta sungai dan lagunanya yang indah. Oleh penduduk setempat delta ini dinamakan wedi kengser, sedangkan lagunanya disebut Pengklik. Laguna ini bermuara di Sungai Opak.

Harga Tiket Masuk

Banyaknya keindahan yang disajikan tak membuat pengelola tidak mematok harga mahal bagi para wisatawan. Seperti umumnya harga masuk di pantai-pantai Bantul lainnya, Pantai Samas pun juga tergolong murah. Namun beberapa spot foto memasang tarif terpisah, namun wisatawan tidak perlu khawatir karena harganya bersahabat.

Harga Tiket Masuk
Reguler (Dewasa dan anak-anak)Rp4.000
Sepeda Motor+ Rp2.000
Mobil+ Rp5.000
Tiket Wisata Sekitar
Taman Bunga MatahariRp5.000
Jembatan BambuRp5.000

Baca: 12 Tempat Wisata di Bantul Paling Menarik

Daya Tarik Pantai Samas

Tidak melulu menyuguhkan gulungan ombak dan lembutnya pasir pantai saja, Pantai Samas juga memberikan wisata yang mendidik. Salah satunya dengan adanya konservasi penyu dan taman bunga yang begitu indah. Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal juga tidak perlu khawatir karena dapat menikmati wisata kuliner yang berbeda dan lain daripada yang lain.

Konservasi Penyu

Pelepasan Tukik
Tukik yang telah menetas siap dilepas kembali ke lautan Foto: Google Maps/Agung Firmanto Budiharto

Salah satu tokoh yang berperan penting dalam umbuh kembang dan juga penangkaran penyu di Pantai ini adalah pria bernama Rujito. Pria berusia 58 tahun itu sejak tahun 2000 telah memulai merawat penyu. Hal itu tak lepas dari lokasi pantai yang kerap didatangi hewan bercangkang itu untuk bertelur. Pantai Samas sendiri merupakan habitat penyu karena memiliki hamparan pasir luas, sehingga nyaman digunakan untuk menyimpan telur-telur penyu.

Selain itu di sini terdapat vegetasi yang disukai oleh penyu seperti pandan, rumput dan kacang-kacangan. Ada empat jenis penyu yang biasa bertelur di sekitar pantai, yaitu penyu belimbing, penyu sisik, penyu lekang, dan penyu hijau.

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Wisatawan mendapatkan kesempatan untuk melepaskan telur-telur penyu tadi yang telah menetas menjadi tukik ke pantai. Kegiatan ini dilakukan sore hari menjelang malam untuk menghindari predator pemangsa. Biasanya wisatawan difasiitasi dengan satu wadah plastik berisi satu tukik. Bukan sekedar untuk wisata saja, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan hewan yang terancam punah itu.

Wisata Kuliner Terapung

wisata kuliner lesehan apung
Wisata kuliner tepi pantai di lesehan apung. Foto: Google Maps/batman presiden club

Ada yang berbeda saat wisatawan berkunjung ke pantai ini ingin mencicipi nikmatnya kuliner hasil laut. Pasalnya, rumah makan yang ada terkesan tidak biasa. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, karena adanya rumah makan apung yang dibangun sejak tahun 2015 silam.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan guncangan jika menikmati sajian di rumah makan ini. Sebab tempat berbentuk gazebo ini dibangun di atas ponton sehingga meminimalisir guncangan. Setelah lelah berjalan dan menikmati keindahan pantai, lokasi ini adalah yang paling tepat untuk tujuan selanjutnya.

Baca: Pantai Parangkusumo Tiket & Ragam Atraksi Wisata

Soal kelezatan makanannya tidak perlu diragukan lagi, karena hasil lautnya masih segar dan memberikan cita rasa tersendiri. Selain itu, tidak perlu khawatir mengenai harga karena cukup terjangkau.

Taman Bunga Matahari

taman bunga matahari dekat pantai samas
Taman bunga matahari semkin menambah daya tarik di lokasi Pantai Samas Foto: Google Maps/Reva Radit

Taman bunga matahari yang terletak tidak jauh dari Pantai Samas ini awalnya tidak dibuka sebagai lokasi wisata. Sang pemilik, menanam bunga matahari ini digunakan sebagai pelindung tanaman cabai dari hembusan angin. Namun, karena keindahan hamparan bung-bunga berwarna kuning ini menjadi viral, sehingga banyak wisatawan yang mulai penasaran.

Letaknya di sebelah utara Pantai Samas tepatnya Dusun Tegalsari, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Keindahannya tidak kalah dengan taman bunga matahari di daerah Jawa Tengah lainnya. Meskipun banyak yang mengatakan taman ini tergolong kecil, namun kecantikannya menjadi daya tarik tersendiri hingga kerap dijadikan obyek untuk swafoto.

Baca: Pantai Parangkusumo Tiket & Ragam Atraksi Wisata

Di Pantai Samas ada dua taman bunga matahari milik Sumarna selaku Ketua Kelompok Tani Pasir Makmur Bantul dan juga milik Etik. Sebagai catatan, dua taman besar ini tidak ada pantainya. Sehingga, wisatawan yang datang seolah melakukan dua perjalanan sekaligus yaitu Pantai Samas dan Taman Bunga Matahari. Sebagai catatan, tiket masuk taman berbeda dengan tiket masuk pantai.

Jembatan Bambu Pantai Samas

Jembatan bambu yang ikonik di Pantai Samas kerap jadi obyek swafoto Foto: Google Maps/pempek emakqu

Salah satu yang paling ikonik dari pantai ini adalah adanya jembatan bambu yang menjorok ke laut. Membuat wisatawan yang berada di sana seolah berjalan di tengah lautan. Meskipun hanya berupa jalan panjang, namun lokasi ini begitu kerap dijadikan sebagai sebagai obyek swafoto.

Bagi wisatawan yang ingin menjadikan jembatan bambu ini obyek foto harus merogoh kocek Rp. 5.000. Jembatan bambu ini berada tepat di bagian belakang tulisan Pesona Pengklik. Jembatan bambu ini memiliki lebar sekitar satu meter dan panjang hingga 210 meter.

Rute dan Lokasi Pantai Samas

Bagi yang ingin menuju Pantai Samas dari pusat kota Yogyakarta ke arah selatan yaitu Jalan Brigjen Katamso.Kemudian melewati Jalan Parangtritis hingga pertigaan melewati Jalan Cepit – Tembi.

Wisatawan melaanjutkan kembali ke pertigaan ke selatan melewati Jalan Bantul. Setelah sampai di sini, bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai. Untuk alamat lengkapnya di Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,33 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini