Beranda Tiket Wisata

Pantai CEMARA SEWU Bantul Tiket & Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Cemara Sewu
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo,Kretek,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55772.

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan wisata budaya atau kulinernya yang kaya. Wisata alamnya pun ternyata tidak kalah menarik. Berada di selatan Pulau Jawa, terdapat banyak lokasi wisata berupa pantai yang bisa ditemukan di sini. Di sepanjang garis Pantai Parangkusumo misalnya, terdapat Pantai Cemara Sewu.

Alih-alih populer sebagai tempat bermain di laut, Pantai Cemara Sewu justru terkenal karena ‘instagrammable‘. Pantai ini memiliki area hutan pohon cemara yang tidak hanya menyejukkan tetapi juga cantik.

Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu

Untuk memasuki Pantai Cemara Sewu, wisatawan cukup membayar satu tiket di pintu masuk Pantai Parangtritis. Tiket ini juga sudah termasuk destinasi wisata lainnya seperti Gumuk Pasir dan Pantai Depok. Dengan harga yang terjangkau, wisatawan bisa mendapatkan akses ke beberapa tempat sekaligus.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Pantai Parangtritis Rp10.000
Parkir Roda 2 Cemara Sewu Rp3.000
Parkir Roda 4 Cemara Sewu Rp5.000

Baca: 18 Tempat Wisata Paling Seru di Bantul

Jam Buka

Sebagai destinasi wisata alam, pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Wisatawan bisa berkunjung sejak dini hari atau bersantai hingga matahari terbenam. Lokasinya juga cocok untuk dijadikan tempat berkemah. Pantai ini juga cenderung masih sepi pengunjung di masa liburan sekalipun.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Keindahan Pantai Cemara Sewu

Pemandangan dari area hutan pantai cemara sewu
Pemandangan laut yang terlihat dari area hutan cemara – Foto: Google Maps/indrasmara ilham

Pantai Cemara Sewu adalah salah satu koleksi pantai cantik di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada dalam wilayah Pantai Parangkusumo, bersama dengan Pantai Parangtritis, Pantai Pelangi, dan Pantai Depok. Ciri khas tempat wisata ini yaitu hutan cemara yang menghiasi area pantai.

Kawasan lautnya memiliki palung yang dalam dan cukup berbahaya. Meski tidak bisa dijadikan tempat berenang, namun pantai ini tetap menarik di mata wisatawan. Hal ini tidak lain karena hutan cemaranya yang cantik dan ‘instagrammable‘. Selain itu, suasana teduh dan tenang membuat pantai ini populer sebagai destinasi liburan bagi pasangan.

Baca: 20 Pantai Paling Asik Di Yogyakarta

Hutan Cemara

Hijaunya hutan cemara
Hijaunya pepohonan membuat hawa menjadi lebih sejuk dan adem – Foto: Google Maps/widhi hartanta

Pantai Cemara Sewu mudah diakses baik dari timur maupun barat Jalan Pantai Parangkusumo. Salah satu penanda lokasinya adalah keberadaan pohon cemara yang rimbun. Jika biasanya pantai identik dengan cuaca panas, di pantai ini wisatawan justru akan disambut oleh keteduhan.

Di sepanjang jalan, pohon cemara yang rindang menghiasi dan memanjakan mata. Terdapat titik di mana pepohonan tumbuh hingga bentuknya menyerupai terowongan. Terowongan alami ini melintang di atas jalan dan seringkali jadi objek foto bagi wisatawan.

Baca: Gumuk Pasir Parangkusumo Tiket & Aktivitas

Hutan cemara yang meranggas di pantai cemara sewu
Area hutan cemara ketika masa meranggas, meski tidak terlalu meneduhkan namun tetap cantik – Foto: Google Maps/Lea Danikasih

Tidak hanya mencegah abrasi dan erosi, pohon cemara juga jadi daya tarik tersendiri. Sesuai namanya, ‘pantai seribu cemara’ menjadi incaran karena keberadaan pepohonan ini. Suasana hutan cemara di sisi pantai memang menarik secara visual. Tidak heran jika banyak yang sengaja datang hanya untuk sekadar berburu swafoto.

Bak Pantai Pribadi

area tepi pantai yang sunyi
Seringkali minim pengunjung, Pantai Cemara Sewu cocok sebagai tempat liburan yang tenang – Foto: Google Maps/Tzu Prei

Laut di Pantai Cemara Sewu merupakan kawasan palung yang dalam. Lokasinya kurang cocok dijadikan tempat berenang atau rekreasi laut sejenisnya. Namun, tidak perlu khawatir karena masih banyak yang bisa dilakukan di sini.

Pantai ini tidak hanya cocok sebagai tempat berburu foto untuk diunggah di media sosial. Karena lautnya sepi, suasana pantai pun jauh dari kegaduhan. Meneduh di area hutan atau warung pinggiran pantai jadi alternatif untuk rekreasi di sini. Sejumlah hammock tersedia untuk dipakai bersantai sambil menikmati sepoi angin laut.

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Landai dan Luas

Berkemah di pinggir pantai cemara sewu
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Cemara Sewu adalah berkemah – Foto: Google Maps/Toni Hermanto

Pasir yang menutupi pantai ini berwarna hitam layaknya kebanyakan pantai di Yogyakarta. Kontur pantai yang melandai membuatnya nyaman sebagai tempat beraktivitas. Selain itu, area pantai yang luas menyediakan banyak ruang bagi wisatawan.

Pengunjung bisa bermain pasir atau berolahraga dengan leluasa. Warga sekitar bahkan menyediakan lapangan untuk bermain voli pantai. Ingat, tetap berada di area aman dan jangan terlalu mendekati laut.

Banyak lahan rata dan teduh yang bisa dijadikan tempat berkemah. Sinar matahari yang terik pun bisa dihindari dengan adanya pohon cemara. Jika ingin berkemah, ingat untuk selalu menjaga kebersihan pantai, ya.

Baca: PANTAI BARU Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik

Piknik

Pemandangan matahari terbenam
Panorama langit ketika matahari terbenam – FOto: Google Maps/Oktaviana Dwi

Ada banyak ruang untuk bersantai di Pantai Cemara Sewu. Wisatawan bisa menggelar alas tikar dan menikmati bekal makanan di area yang teduh. Ditemani debur ombak dan angin laut, piknik akan terasa istimewa.

Jika tidak membawa bekal, kuliner pinggir pantai bisa jadi pilihan. Kebanyakan kios sudah dilengkapi bangku hingga gazebo untuk bersantai. Mencicipi gorengan dan air kelapa muda segar akan jadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Baca: Pantai Parangkusumo Tiket & Ragam Atraksi Wisata

Fasilitas

Pantai Cemara Sewu sudah dilengkapi dengan area parkir yang luas. Akses jalan yang baik bisa dilewati oleh kendaraan kecil maupun besar. Toilet, kios makanan, dan mushola juga bisa ditemukan di sini.

Lokasi Pantai Cemara Sewu

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tepat di seberang Taman Gumuk Pasir.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini