Beranda Tiket Wisata

PANTAI WATULAWANG Gunungkidul Tiket & Daya Tarik - April 2021

Pantai Watulawang Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pantai, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Tidak salah jika menyebut Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta sebagai gudangnya pantai. Di sepanjang garis pantai selatannya tersebar bermacam-macam pantai. Ada pantai yang populer seperti Pantai Indrayanti atau Pok Tunggal. Banyak juga pantai-pantai sepi seperti Pantai Seruni atau Pantai Ngetun. Tidak ketinggalan Pantai Watulawang yang luas dan nyaman.

Berbeda dari pantai kecil lain di Gunungkidul yang biasanya kecil dan cukup sempit. Pantai ini justru memiliki area yang luas dan nyaman. Dengan kecantikan alam yang sayang jika dilewatkan.

Tiket Masuk Pantai Watulawang

Pos retribusi menuju Pantai Watulawang dibarengi dengan gerbang masuk ke Pantai Indrayanti. Oleh karena itu, harga tiket yang berlaku pun sama. Dengan harga yang tak seberapa, wisatawan sudah dapat menikmati indahnya Watulawang.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000 per orang

Baca: 30+ Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul

Jam Buka

Berwisata ke pantai berarti tidak perlu mencemaskan jam pulang. Pengunjung bisa datang sejak pagi buta atau malam hari. Namun, tidak semua warung di pantai ini buka 24 jam. Pantai ini cenderung sepi sehingga nyaman untuk dikunjungi kapanpun.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Indahnya Pantai Watulawang

Pantai Watulawang
Pantai Watulawang adalah ‘harta karun’ tersembunyi yang menyimpan beragam keindahan alami pesisir – Foto: Google Maps/Arief Abdurrahman Hakim

Tidak ada gunanya berdebat mengenai predikat pantai terindah di Gunungkidul. Nyaris semua pantainya menawarkan pesona masing-masing. Ada yang dihiasi batu karang, dikelilingi bukit kapur, hingga menyajikan laut yang tenang. Dari yang mudah diakses hingga membutuhkan usaha ekstra untuk dikunjungi.

Meski diapit oleh pantai-pantai populer, Pantai Watulawang ternyata masih belum terlalu dikenal. Padahal, pantai berpasir putih ini menyajikan pesona yang tak kalah dari Indrayanti atau Pok Tunggal. Dikelilingi pemandangan hijau, Watulawang bagaikan permata yang terselip.

Baca: PANTAI SEPANJANG Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Nama ‘Watulawang’ memang tidak asing di kawasan Gunungkidul. Ada beberapa tempat wisata bernama serupa. Penamaan ini biasanya diambil dari makna yang sama. Yaitu, adanya ‘lawang watu’ alias ‘pintu batu’.

Dikelilingi perbukitan membuat pantai ini kaya akan bebatuan dan karang. Keberadaan batu karang yang menyerupai pintu membuat pantai ini dinamakan demikian. Selain menimbulkan kesan eksotis, bebatuan di Watulawang semakin mempercantik keindahannya. Penasaran?

Benteng Batu

Mengintip dari balik gua
Ada sejumlah gua batu yang menarik untuk dijelajahi tersebar di penjuru Pantai Watulawang – Foto: Google Maps/setyo pambudi

Memasuki kawasan Pantai Watulawang memang belum terasa praktis. Akses jalan masuknya berada di area parkir pantai tetangga. Lebar jalannya tidak seberapa dan berjarak sekitar 300 meter dari Indrayanti. Oleh karena itu, wajar jika pantai ini seringkali minim pengunjung.

Namun, menginjakkan kaki di Pantai Watulawang mungkin akan jadi tak terlupakan. Pengunjung harus melewati beberapa terowongan batu alami. Di balik bebatuan inilah Watulawang berada.

Baca: HEHA SKY VIEW Gunungkidul Tiket & Ragam Aktivitas

Hijau dan Biru

Garis pantainya lebar
Dengan area pantai yang luas, pengunjung bisa leluasa bermain di Watulawang – Foto: Google Maps/Dwi Pratomo

Bersiap untuk diterpa oleh embusan angin laut. Mata akan langsung dimanjakan oleh hamparan pasir putih berkilauan. Lautan luas yang biru membentang sejauh mata memandang. Arusnya cukup deras, namun ombaknya tidak terlalu besar dan tampak tenang.

Panorama pesisir ini berpadu dengan pemandangan hijau di seberangnya. Di sekeliling pantai, terdapat bukit batu yang diselimuti hutan pandan. Alih-alih merasa gersang, berada di Watulawang justru akan terasa sejuk. Selain dari lautnya yang cantik, keindahan alam sekitarnya pun tak kalah menarik.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

‘Melayang’ di Watulawang

Jajaran gazebo bergaya alami
Barisan gazebo kayu beratap dedaunan yang meneduhkan dan nyaman untuk bersantai – Foto: Google Maps/M Yunus

Setiba di sini, jangan langsung kalap bermain ombak! Istirahatkan badan sejenak di gazebo-gazebo yang tersedia. Menghadap langsung ke laut, mata akan terus dimanjakan oleh pesonanya.

Nikmati sepoi angin laut ditemani deburan ombak yang merdu. Suasana tenang dan sepi memang melekat di Watulawang. Posisinya yang agak tersembunyi membuatnya jarang dijamah wisatawan. Hanya para pelancong pencari ketenangan yang benar-benar menjangkau Watulawang.

Area pantainya luas dan landai. Wisatawan dapat dengan leluasa bermain ombak atau berlarian di sini. Rasakan sensasi hangat dan lembutnya pasir pantai sambil menunggu empasan ombak.

Studio Alam

Batu-batu bertebaran
Bukit batu dengan bebatuan besar yang bertebaran bisa jadi lokasi foto penuh estetika – Foto: Google Maps/Farkhi Muzaki M

Tidak perlu repot mencari spot foto di Watulawang. Hampir setiap penjurunya bisa dijadikan tempat berfoto yang apik. Wisatawan tinggal memilih, pemandangan laut atau bukit? Panorama langit atau suasana pantai?

Pemandangan matahari terbenam
Cantiknya warna langit di ufuk barat Watulawang ketika matahari terbenam – Foto: Google Maps/Agun Priyatna

Sudut yang menarik untuk dijajal salah satunya adalah bukit batu di sisi timur. Pengunjung dapat naik dan bersantai di atas sambil menikmati pemandangan di gazebo yang ada. Di kaki bukitnya, sebaran bebatuan bisa dijadikan sudut foto yang penuh estetika. Tinggal cari sudut dan cahaya yang pas, dan voila, foto liburan siap dibagikan!

Fasilitas

Fasilitas penunjang yang hadir di Watulawang bisa dikatakan lengkap. Akses jalannya tidak terlalu lebar sehingga area parkir hanya cukup untuk kendaraan kecil. Fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, penginapan, warung, serta musholla tersedia di sini. Di sepanjang pantai, tersebar sejumlah gazebo yan

Lokasi Pantai Watulawang

Posisi Pantai memang cukup tersembunyi, namun tidak perlu khawatir. Pengunjung bisa mengaksesnya melalui jalan yang ada di area parkir Pantai Indrayanti. Watulawang ini masuk berada di kawasan yang sama. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Untuk menuju kemari, pilih rute menuju Pantai Indrayanti. Wisatawan dari Yogyakarta bisa melalui Wonosari atau Panggang menuju Bintaos. Dari sini, cukup ikuti petunjuk arah di sepanjang jalan menuju Pantai Indrayanti.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini