Beranda Tiket Wisata

PANTAI INDRAYANTI Surga di Tepi Laut Selatan - Juli 2020

Pantai Indrayanti Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pantai,Tepus,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55881.

Mulai dibuka sejak 2009 lalu, nama Pantai Indrayanti yang ada di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul terus meroket. Pesona laut dan langit yang biru, pasir putih yang bersih, ditambah dengan fasilitas penunjang yang lengkap membuat pantai ini menjadi destinasi pantai yang wajib dikunjungi wisatawan.

Perlu diketahui, nama Indrayanti sebenarnya bukan nama asli pantai ini. Pantai ini sejatinya memiliki nama Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya adalah gabungan nama pasangan suami istri pemilik salah satu restoran dan kafe yang ada di pantai tersebut.

Seiring berjalannya waktu, nama itu justru lebih melekat di pantai ini. Walhasil, pantai yang dinilai paling “sempurna” ketimbang deretan pantai lain di Gunungkidul tersebut pun lebih akrab dikenal sebagai Pantai Indrayanti.

Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Selain lantaran pemandangannya yang menakjubkan, objek wisata pantai di DIY juga terkenal dengan tarif masuknya yang relatif murah. Salah satunya adalah Pantai Indrayanti.

TIKET MASUK DAN TARIF PARKIR
Tiket masukRp10.000 per orang.
Tarif parkir
Sepeda motorRp2.000 per kendaraan
MobilRp5.000 per kendaraan

Baca: 11 Pantai Eksotik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai

Seperti objek wisata pantai pada umumnya, pantai ini juga tak memiliki jam buka. Artinya, wisatawan bisa kapan saja datang ke pantai ini.

Eksotisme Karang dan Pasir Pantai Indrayanti yang Bersih

pasir putih di tepi laut menajdi daya tarik utama pantai ini
Pasir bersih menjadi pesona dari Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Glitok Oi

Baca: 17 Tempat Wisata Menarik di Gunung Kidul

Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang kini sudah sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, pantai ini seolah jadi rute wajib dari nyaris semua agen wisata saat membawa tamunya berkunjung ke DIY.

Sama seperti tipikal pantai selatan di wilayah Gunungkidul, pemandangan disini tidak kalah indahnya. Namun yang menjadi kelebihan pantai ini adalah selain garis pantainya yang landai, pasir pantai di sini relatif lebih bersih ketimbang pantai lainnya.

Selain itu, lantaran dikelola oleh swasta, fasilitas penunjang di objek wisata ini pun jauh lebih lengkap. Mulai dari toilet, musala, kafe, restoran, hingga penginapan sudah tersedia bagi wisatawan.

Jangan Buang Sembarangan di Pantai Ini

Pantai Indrayanti dengan kondisi pantainya yang bersih
Kebersihan menjadi hal utama dari Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Irma Mustafa

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Pantai ini memiliki kelebihan pada pengawasan yang ketat terhadap aktivitas membuang sampah secara sembarangan. Jadi siapapun itu, entah wisatawan atau pedagang, bakal dikenai sanksi jika ketahuan membuang sampah sembarangan.

Setiap pelanggaran akan dikenakan denda Rp10.000. Sejauh ini cukup efektif untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan area wisata.

Pemandangan Lautan Lepas dari Atas Tebing

Pemandangan dari atas tebing
Memandang lautan lepas dari atas tebing di sisi barat Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Achmad Idros

Baca: Puncak Kosakora Keindahan Laut dari Area Perbukitan

Di area sisi sebelah kiri atau barat pantai, terdapat tebing yang bisa kita daki. Dari atas tebing ini wisatawan bisa melihat landscape sekitar pantai secara lebih jelas.

Bermain di Batuan Karang

Batuan karang di bibir pantai
Batuan karang menjadi salah satu pesona andalan dari Pantai Indriyanti. Foto: Google Maps/Abraham Renaldo

Baca: Pantai Wohkudu Pesona Bukit Hijau & Karang

Kontur tanah yang landai membuat wisatawan bisa lebih leluasa bermain-main di area pantai ini. Selain itu keberadaan batu-batu karang membuat banyak ikan berenang di batuan tersebut.

Sembari bermain air, tak jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bermain-main pula di area batuan karang ini. Biasanya mereka tergoda untuk menangkap ikan-ikan di batuan hanya dengan tangan kosong.

Bersantai di Tepi Pantai

Payung-payung di tepi Pantai
Payung-payung berjajar di tepi Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Triyas Handoko

Baca: TERAS KACA Nguluran Tiket & Wahana

Di pantai ini, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di pasirnya yang putih dan bersih, apalagi jika ombak sedang tinggi. Untuk itu, wisatawan bisa menyewa payung pantai dan gazebo yang sudah disiapkan oleh masyarakat sekitar pantai.

Harganya pun cukup murah. Untuk payung pantai, wisatawan bisa menyewa dengan harga Rp20.000 per unitnya, sedangkan untuk gazebo, wisatawan bisa membayar uang sewa seharga Rp30.000 per unit.

Berburu Penginapan di Indrayanti

Penginapan menjadi salah satu fasilitas andalan di pantai ini. Betapa tidak, wisatawan yang datang ke pantai ini memang kebanyakan wisatawan dari luar DIY.

Harga penginapan di pantai ini pun terbilang variatif, mulai dari Rp100.000 sampai Rp2 juta per malam. Dengan begitu wisatawan yang ingin menikmati eksotisnya malam di tepi lautan lepas, bisa memilih penginapan sesuai dengan bujet yang mereka punya.

Serunya Main Jetski di Pantai

Jetski di Pantai Indrayanti
Wisatawan juga bisa menikmati serunya main jetski di Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/karyadi agus priyono

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Jangan dikira berwisata di pantai DIY monoton. Di pantai ini wisatawan bisa merasakan fasilitas wisata bak pantai-pantai di Bali dan Lombok, seperti misalnya mengendarai jetski di atas air.

Di pantai ini, wisatawan bsia menyewa jetski dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk pemakaian selama 15 menit, wisatawan bisa menyewanya dengan harga Rp250.000.

Rute dan Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Untuk menuju ke pantai ini, dari Wonosari, wisatawan bisa menuju ke Kecamatan Tepus lalu mengikuti papan penunjuk arah yang menuju ke pantai ini.

Rute melalui Wonosari memang lebih direkomendasikan, lantaran lebih mudah dilalu ketimbang jalur lainnya. Untuk lebih jelasnya, wisatawan bisa menghubungi nomor telepon pengelola 0817 279 545

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini