Beranda Tiket Wisata

Pantai Pelangi Bantul Tiket Murah Bisa Liat Penyu September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Kretek, Parangtritis, Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta , Indonesia, 55772

Pantai Pelangi salah satu wisata yang masih dalam rangkaian  pantai selatan Bantul. Pantai ini sebenarnya adalah kawasan pemekaran Pantai Parangtritis yang sudah begitu populer. Dengan maksud agar masyarakat punya pilihan dan tidak terjadi penumpukan pengunjung. Karena letaknya yang bersebelahan, pesona dan karakteristik pantainya tidak jauh berbeda dari Parangtritis.

Pantai Pelangi memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir pantai berwarna hitam. Gelombang ombaknya begitu besar yang mencirikan kawasan pantai selatan. Bibir pantainya sangat landai sehingga cocok untuk aneka aktivitas air. Yang membedakan pantai ini adalah juga dijadikan lokasi konservasi penyu. Jadi wisatawan bisa sekaligus berwisata edukasi tentang penyu termasuk pelepasannya ke laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Pelangi

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Pelangi tarif masuknya murah dan sangat terjangkau. Selain itu akan ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Pantai Pelangi
Tiket MasukRp5.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Pantai CEMARA SEWU Bantul Tiket & Aktivitas

Jam Buka Pantai Pelangi

Untuk jam bukanya sendiri pantai ini tidak memiliki jam operasional. Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan saja. Namun waktu terbaik untuk kunjungan adalah pada sore hari. Selain dapat menikmati momen sunset, prosesi pelepasan anak penyu biasa juga dilakukan di sore hari.

Jam Buka
Jam Buka24 Jam

Wisata Pantai Alternatif Yang Masih Sepi

Pantai dengan suasana yang masih sepi
antai ini bisa jadi tempat untuk menenangkan diri karena suasananya yang masih sepi. Foto: Gmaps/Bayu Laksana

Pesona Pantai Parangtritis memang mampu menyihir siapa pun yang datang. Namun pantai tersebut selalu ramai apalagi ketika musim liburan. Bagi yang ingin menikmati sensasi pantai ala Parangtritis namun tidak suka keramaian, Pantai Pelangi bisa menjadi pilihan. letaknya yang  bersebelahan membuat pantai ini memiliki pemandangan  yang sama. Yang membedakan hanya kondisi alam sekitarnya yang masih lebih alami.

Walaupun bersebelahan namun Pantai Pelangi belum terlalu tekenal. Sehingga tempat wisata ini relatif masih sangat sepi. Pasir hitam yang halus dengan ombak besar menjadi karakteristik pantai ini. Wisatawan bisa bermain air ataupun sekedar berantai di tepi pantai. Daya tariknya adalah adanya tempat konservasi penyu jenis Lekang. Di waktu-waktu tertentu wisatawan juga bisa mengikuti kegiatan pelepasan bayi penyu ke laut.

Baca: PANTAI BARU Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik

Pemandangan Tak Biasa Menuju Pantai Pelangi

Pantai Pelangi berada di sebelah barat Pantai Parangtritis. Sebelum mencapai pintu masuk wisatawan akan melewati jalan lurus sepanjang kurang lebih 3 Km. pemandangan luar biasa akan tersaji sepanjang perjalanan.

Di sebelah selatan ombak lautan yang bergulung-gulung seakan memanggil untuk segera mendekat. Yang unik ada di sebelah utara. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan unik hamparan lautan pasir yang luas. Hal itu memberikan sensasi seperti sedang berada di tengah-tengah padang pasir. Di tepiannya pohon pandan dan kelapa berjejer menambah kecantikannya.

Hamparan padang pasir tersebut akibat pasir pantai yang tertiup oleh angin dan prosesnya terjadi dalam waktu lama.  Selain itu aktivitas alam lain juga mempengaruhi terjadinya fenomena tersebut. Di antaranya adalah letusan gunung merapi serta tenang gelombang Pantai Parangtritis yang tinggi. Hal itu justru menciptakan pesona yang tidak dimiliki tempat lain.

Baca: PANTAI TRISIK Tiket Murah Bisa Lihat Penyu

Bermain Air di Pantai Pelangi

Pemandangan Pantai Pelangi dengan pasir hitamnya
Bibir pantai yang landai sangat cocok untuk seru-seruan bermain air. Foto: Gmaps/Rudi Winarso

Aktivitas utama di Pantai Pelangi tentu adalah bermain-main dengan ombaknya. Bibir pantai yang landai dengan permukaan pasir halus sangat sempurna untuk bermain air. Menantikan ombak menerjang tubuh di tepi pantai menjadi momen yang paling seru. Pasirnya yang halus juga begitu menggoda untuk dimainkan.

Waktu terbaik untuk bermain air adalah ketika sore hari. Di waktu-waktu tersebut air laut pasang dan menambah keseruannya. Namun penting untuk tetap memperhatikan batas aman kawasan berenang. Jangan sampai melanggar karena dapat membahayakan diri sendiri.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Aktivitas

Bersantai di Tepi Pantai

Pantai dengan pepohonan rindang di tepiannya
Barisan pohon cemara yang banyak tumbuh di tepi pantai membuatnya terasa sangat teduh dan cocok untuk bersantai. Foto: Gmaps/Nova Ariyanto

Wisatawan juga bisa bersantai di tepi pantai sembari menikmati keindahannya. Area pinggir pantainya sangat teduh karena ditumbuhi banyak pepohonan. Pepohonan yang tumbuh di tempat ini mayoritas adalah pohon cemara dan pandan laut. Wisatawan bisa duduk di bawah pepohonan sambil menikmati semilir angin yang berhembus.

Ketika sore hari dan langit cerah jangan buru-buru untuk beranjak. Hal itu karena pantai ini menjanjikan pemandangan sunset yang indah. Pantai yang indah dipadukan dengan langit senja menciptakan suasana yang menentramkan jiwa. Tersedia juga beberapa warung yang menjajakan aneka kuliner. Sambil bersantai bisa menikmati kesegaran kelapa muda.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Konservasi Penyu di Pantai Pelangi

Bayi-bayi Penyu Pantai Pelangi
Wisatawan bisa melihat penyu-penyu yang dirawat sebelum dilepasliarkan. Foto: Gmaps/Rakyan Widhowati

Yang membedakan pantai ini dengan deretan pantai di sekitarnya adalah adanya tempat konservasi penyu. Wisatawan bisa melihat bagaimana penyu dirawat sebelum nantinya dilepas liarkan kembali ke laut. Penyu yang dikonservasikan di tempat ini adalah jenis penyu lekang. Bagi yang mengajak anak-anak, tempat konservasi penyu ini tentu bisa jadi wisata yang menyenangkan.

Satu hal yang menarik lagi adalah proses pelepasan penyu. Wisatawan bisa ikut langsung terlibat dalam proses pelepasan penyu ini. Acara biasa dilakukan ketika sore hari. wisatawan pun sering kali memberikan nama untuk penyu-penyu yang akan dilepaskan.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Tiket & 4 Daya Tarik

Fasilitas di Pantai Pelangi

Meski belum begitu populer namun fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup memadai. Tersedia area parkir yang luas, toilet, kamar bilas, mushola, warung kuliner dan bangku-bangku untuk bersantai di tepi pantai. Ada juga deretan penginapan yang tidak jauh dari pantai.

Lokasi Pantai Pelangi

Pantai ini beralamat di Kretek, Pantai, Parangtritis, Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772. Lokasinya ditengah-tengah antara Pantai Parangtritis dengan Pantai Depok. Dari pusat kota Bantul berjarak sekitar 21km. bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam dengan akses yang sudah sangat baik.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini