Beranda Tiket Wisata

PANTAI DUTA Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Duta : Rp5.000Jam Buka: 08.00 WIB - 17.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Dusun Gilin, Randutatah, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia, 67291

Daerah Probolinggo memang tidak diragukan lagi keindahan alamnya. Nama Gunung Bromo, Pulau Gili Ketapang hingga Air Terjun Madakaripura memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Namun selain nama-nama tersebut masih ada banyak wisata alam lain yang indah, salah satunya adalah Pantai Duta. Berlokasi di Desa Randutatah, Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Probolinggo.

Pantai Duta berada tak terlalu jauh dari PLTU Paiton yang menjadi salah satu landmark dari Kabupaten Probolinggo. Kawasan wisata ini memiliki ciri khasnya tersendiri yaitu perpaduan antara hutan cemara dan mangrove. Kehadiran pohon cemara dan mangrove membuat suasana di sekitar pantai terasa sejuk dan juga asri. Pasir hitam dan ombak yang tenang juga menjadi keunggulan dari tempat wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Duta

Untuk berwisata di sekitar pantai tiketnya sangat murah meriah dan terjangkau. Dengan harga tiket yang terjangkau tersebut sudah  bisa menikmati bentang alam yang menakjubkan di kawasan pesisir utara Probolinggo ini.

Harga Tiket Pantai Duta
Harga Tiket Rp5.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: Songa Adventure Probolinggo Arung Jeram Penuh Tantangan

Jam Buka Pantai Duta

Untuk berekreasi ke pantai ini wisatawan bisa datang kapan saja. Hal itu karena pantai ini buka setiap hari. Waktu terbaik untuk berwisata ke pantai ini adalah ketika cuaca sedang cerah.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Pesona Hutan Mangrove dan Ombak Tenang Di Pantai Duta

Pantai dengan ombak yang tenang
Keindahan dari salah satu sudut Pantai dengan pasir hitam eksotik. Foto: Gmaps/Melynda Dwi Puspita.

Pantai Duta memiliki ciri khas kawasan tepi pantainya yang memiliki area hutan mangrove dan cemara. Hal ini karena area sekitar pantai juga merupakan kawasan konservasi untuk tanaman mangrove serta cemara laut. Perpaduan antara hutan mangrove dan cemara menjadikan kawasan tepi pantai nampak begitu asri dan teduh. Ditambah dengan pasir hitamnya yang halus dan juga ombak tenang khas pantai utara.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan jika berkunjung ke Pantai Duta. Kegiatan yang paling sering diantaranya seperti bermain air, bersantai, menyusuri hutan mangrove dan hutan cemara, serta masih banyak lagi. Bahkan di waktu-waktu tertentu terjadi fenomena hiu tutul, di mana puluhan ikan itu akan terlihat berenang tidak jauh dari kawasan pantai.

Baca: BeeJay Bakau Resort Probolinggo Tiket & 4 Wahana Top

Menyusuri Kawasan Hutan Mangrove

hutan mangrove di area pantai
Wisatawan dapat menyusuri jembatan kayu untuk melihat keindahan hutan mangrove dari dekat. Foto: Gmaps/Desi Lutfi

Kegiatan yang wajib dilakukan jika berkunjung ke Pantai Duta yaitu menyusuri kawasan hutan mangrovenya. Untuk kegiatan penyusuran hutan bakau ini telah tersedia jembatan kayu. Bentuknya memanjang dan membelah area Hutan Mangrove. Melewati jembatan kayu dengan pepohonan rimbun di kanan kiri akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan.

Jika beruntung wisatawan juga akan melihat aneka satwa yang hidup di kawasan Hutan Mangrove. Beberapa satwa yang bisa ditemukan di antaranya yaitu aneka burung seperti Cekakak Sungai dan Bangau. Ujung dari jembatan kayu tersebut adalah tangga naik ke sebuah gardu pandang. Dari atas sini bisa melihat hamparan kawasan hutan mangrove. Selain itu jika sedang cerah Gunung Argopuro juga akan terlihat.

Teduhnya Hutan Cemara Pantai Duta

hutan cemara di tepi pantai
Hutan cemara di sekitar pantai bisa digunakan untuk jalan-jalan atau sekedar bersantai. Foto: Gmaps/Nuzulia MJ

Selain Hutan Mangrove, di sekitar pantai juga memiliki kawasan Hutan Cemara. Tersedia jalan setapak untuk menyusuri keindahan tempat ini. Biasanya kawasan hutan cemara ini juga menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai. Selain tempatnya teduh, juga sudah tersedia banyak gazebo yang semakin menambah nikmat kegiatan bersantai.

Menikmati keindahan panorama pantai sembari merasakan hembusan angin yang melambai-lambai membuat wisatawan akan betah berada di tempat ini.

Bermain Air di Ombak Tenang Pantai Duta

Hal menarik lain wisata pantai ini yaitu ombaknya yang tenang. Selain itu bibir pantainya landai sehingga sangat cocok untuk kegiatan bermain air. Tak perlu khawatir mengajak anak-anak untuk bermain air di tepi pantai. Tersedia juga tempat penyewaan ban dan pelampung sehingga akan membuat si kecil semakin aman bermain air.

Setelah lelah bermain air, wisatawan bisa duduk bersantai di atas pasir. Karakteristik pasirnya berwarna hitam dan bertekstur lembut. Bersantai sambil bermain-main dengan pasir juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Spot Foto Menarik

Pantai dengan beragam spot foto
Ayunan laut menjadi salah satu spot foto favorit yang ada di tepi pantai: Foto: Gmaps/Koko Meonk

Banyak spot foto menarik yang bisa dijelajahi di sekitar pantai. Yang paling menjadi favorit adalah jembatan kayu di kawasan hutan mangrove. Karena keindahannya jembatan kayu ini juga seringkali menjadi tempat untuk foto prewedding.

Selain hutan mangrove, spot foto yang menarik adalah ayunan laut yang berada di tepi pantai. Ayunan laut ini terinspirasi dari spot foto yang ada di Pulau Gili Trawangan. Karena ayunan tersebut juga banyak yang menyebut Pantai Duta sebagai Gili Trawangannya Jawa Timur.

Sunset di Pantai Duta

Sunset di Pantai
Ketika langit sedang cerah terlihat pemandangan sunset yang sangat menawan. Foto: Gmaps/Kurnia Ashter

Ketika langit cerah, wisatawan tidak boleh melewatkan momen matahari tenggelam. Pemandangan lepas pantai berpadu dengan langit senja yang jingga menciptakan momen romantis yang tidak akan terlupa. Agar semakin lengkap, momen sunset ini bisa dinikmati bersama dengan hidangan kuliner laut yang siap menggoyang lidah. Tersedia banyak warung yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Fasilitas

Pantai Duta memiliki fasilitas penunjang yang sudah sangat lengkap. Di area wisata ini sudah tersedia parkiran yang luas, mushola, kamar bilas dan toilet, gazebo, deretan warung makan serta kedai minuman.

Lokasi Pantai Duta

Pantai wisata ini berlokasi di Dusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo. Pantai ini berjarak kurang lebih 38 km dari pusat kota Probolinggo. Untuk mencapainya memakan waktu selama kurang lebih satu jam perjalanan.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 17

Berikan Rating