Beranda Tiket Wisata

5 Daya Tarik Wisata Waduk Sermo - Desember 2020

Waduk Sermo
Harga Tiket: Rp5.000-Rp15.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sremo Lor, Hargowilis,Kokap,Kulon Progo,DI Yogyakarta,Indonesia,55653.

Tidak perlu diragukan lagi, Yogyakarta memang kaya akan wisata alam. Adanya potensi keindahan alam dikembangkan menjadi tempat wisata yang indah. Seperti Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta.

Tidak hanya pantai, Jogja memiliki pegunungan dan pesona danau yang begitu indah. Nama waduk ini mungkin masih asing di telinga wisatawan. Namun, pesonanya sangat pantas untuk diapresiasi. Bahkan dikatakan pesona keindahannya bak Ranukumbolo di lereng gunung Semeru.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Untuk masuk ke objek wisata ini begitu murah. Bahkan terkadang, saat hari biasa tidak dikenakan tiket masuk. Namun, pengunjung dikenakan biaya tertentu ketika menaiki wahana yang ada.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Waduk SermoRp6.000
Tiket Masuk Taman Bambu AirRp5.000
Tiket Camping Waduk SermoRp15.000

Baca: 7 Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore. Namun, pengunjung yang ingin mendirikan perkemahan juga dapat dilakukan di sini.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-17.00 WIB
JumatTUTUP
Setiap Jumat kegiatan di Waduk Sermo ditutup karena ada sterilisasi area.

Daya Tarik Wisata Waduk Sermo

Keindahan Waduk Sermo
Keindahan Waduk Sermo. Foto: Gmap/Rizal Bahriawan

Baca: Bendungan Kamijoro Sunset Eksotis Di Sungai Progo

Waduk Sermo bak Ranukumbolo yang dimiliki Kulon Progo. Tempat ini memiliki danau yang begitu jernih dengan warna kehijauan. Sekelilingnya dipenuhi dengan pepohonan yang rimbun dan begitu hujau. Ditambah lagi, rerumputan yang menutupi seluruh permukaan tanah membuat keindahan semakin bertambah.

Langit biru dengan awan menjadi penambah keindahan pesona sekitar kawasan ini. Ditambah lagi, jernihnya air waduk menampilkan pantulan awan dan pepohonan sekitarnya. Sesekali, tampak terusik air danau yang tenang oleh ikan atau hewan yang menyentuh permukaannya.

Udara waduk begitu sejuk, bahkan di siang hari pengunjung tidak akan merasa gerah. Meskipun matahari sedang bersinar sangat terik. Menikmati keindahan waduk semakin lengkap tatkala angin berhembus perlahan, membelai lembut kulit tubuh.

Makam di Waduk Sermo

Waduk Sermo diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto. Pembangunan objek wisata ini dinilai sangat cepat, yaitu 2 tahun 8 bulan. Luasnya waduk sekitar 7.000 hektar, sehingga waktu dua tahun pembangunan dinilai cepat. Dan sistem pengairan di sini merupakan kelanjutkan dari beberapa sistem irigasi dari berbagai wilayah.

Waduk Sermo didirikan di tengah-tengah Pegunungan Menoreh. Sehingga pemandangannya begitu indah, selain pemandangan waduk, wisatawan juga disuguhi indahnya pemandangan pegunungan. Dan selain tempat wisata, waduh ini juga masih digunakan sebagai sumber air bersih PDAM.

Baca: Taman Sungai Mudal Tiket & Daya Tarik

Selain keindahan dan fungsinya, berkembang kepercayaan di masyarakat. Dimana Sermo merupakan nama leluhur masyarakat sekitar yang disebut Mbah Sermo. Kabarnya, di tengah danau terdapat makam Mbah Sermo yang telah meninggal puluhan tahun lalu. Meski dikabarkan sudah dipindahkan, namun beberapa masyarakat meyakini bahwa makam masih berada di tempat semula.

Berkemah di Waduk Sermo

berkemah di sekitar waduk sermo
Pengunjung bisa melakukan kegiatan berkemah di sekitar waduk. Foto: Google Maps/Maulida Farahanita

Baca: Wisata Mangrove Kulon Progo Tiket & Aktivitas

Waduk Sermo menjadi tempat yang indah untuk relaksasi diri dan menikmati alam. Keindahannya membuat siapapun betah berlama-lama di sana. Pengunjung pun dapat berkemah di sekitar waduk. Di sini sudah disediakan tempat bagi siapapun yang akan berkemah di tepi danau.

Serunya berkemah, pengunjung dapat menikmati pemandangan pagi yang sejuk. Di kala pagi, area waduk akan diselimuti oleh kabut putih. Terkesan mistis, namun penuh pesona keindahan. Kesegaran dan kesejukan udara akan menyambut pagi dengan lembut.

Perlahan, mentari pagi muncul dari balik Pegunungan Menoreh. Menampilkan kilau kuningnya yang menyilaukan. Kabut seakan tersapu oleh cahayanya dan danau memantulkan sinarnya. Begitu indah pemandangan pagi di sini.

Berkeliling Waduk dengan Perahu Motor

Pengunjung dapat berfoto di area ini ketika air surut
Pengunjung dapat berfoto di area ini ketika air surut. Foto: Gmap/VBY RECORDING

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Tak puas rasanya hanya memandang waduk dari daratan. Beruntungnya, Waduk Sermo menyediakan itu semua. Pengunjung dapat berkeliling waduk menggunakan perahu motor dengan harga yang bersahabat.

Berada Diantara danau, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau. Pegunungan Menoreh begitu dekat terasa. Seolah sedang dikerumuni oleh hutan dan pegunungan yang indah.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen yang menarik ini. Berfoto di atas perahu dengan latar belakang pemandangan yang indah. Pengunjung dapat meminta tolong petugas perahu untuk mengambil foto. Biasanya, petugas akan mengarahkan gaya supaya mendapatkan latar yang tepat.

Gethek Khas

Jernihnya Air Danau
Jernihnya Air Danau di Waduk Sermo. Foto: Gmap/Sobat SS

Baca: WISATA KALIBIRU Jogja Tiket & Pesona Alam

Sebagian orang mungkin masih asing dengan “gethek”. Gethek merupakan alat transportasi air seperti perahu. Namun, dibuat hanya menggunakan bambu yang dijajarkan seluas kurang lebih 2 x 2 meter. Gethek juga menggunakan sebuah bambu yang panjang untuk bergerak, fungsinya sama seperti dayung.

Menaiki gethek mungkin cukup memacu adrenalin meskipun tidak membahayakan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil merasakan sensasi menaiki gethek. Gerakan gethek yang cukup tak terduga dan tanpa adanya pegangan mengharuskan pengunjung untuk tetap waspada. Bahkan, pengunjung juga harus siap basah karena permukaan gethek yang tergenang sedikit air.

Meski begitu, wahana gethek sangat seru untuk dicoba. Akan menjadi pengalaman berharga menaiki transportasi tradisional di tempat yang menawan.

Kegiatan di Waduk Sermo

area waduk yang hijau dan asri
Waduk Sermo Kulon Progo. Foto: Gmap/Yon Adigonel

Selain sebagai tempat wisata, waduk ini juga seringkali menjadi lokasi berbagai kegiatan. Seperti pelatihan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk misi penyelamatan. Digunakan juga sebagai ajang perlombaan perahu naga atau lomba dayung. Ditambah lagi berbagai kegiatan outdoor mulai dari sekolah, kampus, organisasi, perusahaan, hingga pemerintah.

Tempat yang menjadi rumah bagi 14 jenis burung ini begitu indah sehingga digunakan berbagai kegiatan. Seolah, cuitan burung-burung ini menjadi musik pengiring selama kegiatan berlangsung.

Lokasi Waduk Sermo

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Waduk ini berjarak 30 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata ini dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini