Beranda Tiket Wisata

Pantai GOA CEMARA Dengan Pohon Pinus Memukau - Oktober 2020

Pantai Goa Cemara
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari,Sanden,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55763.

Sebagian orang yang baru pertama kali mendengar nama Pantai Goa Cemara pasti memiliki bayangan mengenai sebuah pohon yang identik dengan hari Natal. Memang benar, pantai yang terletak di kawasan Bantul Yogyakarta memiliki banyak pohon cemara. Bahkan, karena rimbunnya pohon tersebut hingga membentuk sebuah terowongan indah seperti goa dari ranting cemara.

Pantai Goa Cemara memiliki lahan sekitar 20 hektar yang ditumbuhi oleh cemara udang. Bukan tanpa alasan, pengelola menanam pohon cemara sejak 2003 di area pantai karena dapat melindungi kebun warga dari gelombang laut. Selain itu, letaknya di daerah Selatan membuat Pantai Goa Cemara kerap dikaitkan dengan legenda Nyai Roro Kidul.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Tidak perlu merasa takut akan mitos tersebut, namun alangkah baiknya setiap wisatawan yang datang mampu menjaga sikapnya. Terlebih mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola pantai. Seperti halnya tidak berenang di waktu tertentu karena deburan ombaknya yang begitu berbahaya.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara
Senin – MingguRp5.000

Baca: Pantai-pantai Asik di Yogyakarta

Ragam Aktivitas di Pantai Goa Cemara

Ranting Pohon Cemara Berbentuk Terowongan
Keindahan pantai Goa Cemara dengan ranting cemara berbentuk terowongan Foto: Instagram/emiwidya425

Acap kali, medan untuk menuju wisata pantai itu begitu membutuhkan tenaga ekstra karena terjal dan berbahaya. Lain halnya dengan Pantai Goa Cemara, karena wisatawan malah dimanjakan oleh goa dari ranting cemara sepanjang 200 meter. Teriknya matahari di dataran rendah tersebut seolah tak bisa menyurutkan semangat wisatawan menuju bibir pantai.

Pengelolaan yang baik, membuat pohon cemara tumbuh subur sehingga pohonnya rimbun. Hal itu berpengaruh untuk menyerap panas matahari dan membuat wisatawan yang berada di bawahnya bisa merasakan hawa sejuk.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Selain itu, semenjak di buka pada tahun 2010 pengelola berusaha memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan membangun beberapa fasilitas kamar mandi, tempat makan dan juga toko souvenir untuk buah tangan.

Wahana Permainan ATV & Berkuda

Wahana ATV
Wisatawam memanfaatkan fasilitas untuk sekedar menikmati area Pantai dengan ATV Foto: Instagram/ernawatilovers100885

Supaya tidak bosan karena hanya melihat deburan ombak di bibir pantai, wisatawan bisa memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan. Fasilitas ini tidak termasuk dengan tiket masuk dan bisa dimnfaatkan untuk mengelilingi Pantai Goa Cemara itu sendiri.

Pengelola menyediakan tiga tumpangan yang bisa dipilih, yaitu ATV, berkuda dan juga menggunakan jasa ojek (motor). Setiap kendaraan yang dipilih memiliki harga masing-masing dan cukup terjangkau.

Acara Tahunan Kirab Budaya

Yogyakarta sepertinya memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya budaya. Bahkan di tempat wisata alam pun, kirab budaya rutin diadakan setiap tahunnya. Tepatnya setiap 1 Muharram dimulai pada pukul 09.00 dari balai Dusun Patihan menuju Pantai Goa Cemara.

Keunikan dari kirab budaya ini adalah dengan adanya patung berbentuk kambing kendhit sebagai syaratnya atau disebut juga ubarampe. Kambing kendhit adalah kambing yang memiliki garis putih mengelilingi perut atau disebut juga songsong/pethuk.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Acara ini dimaksudkan agar peserta kirab budaya menyongsong tahun baru dengan harapan yang lebih baik dibandingkan tahun kemarin. Tidak hanya itu, acara arak-arakan kambing kendhit itu juga disertai dengan beberapa hasil bumi sebagai penanda kemakmuran penduduk setempat.

Penangkaran Penyu Sebagai Pusat Pembelajaran

Melepas Penyu ke Laut di Pantai Goa Cemara
Proses melepaskan penyu untuk kembali ke habitatnya Foto: Instagram/goacemarabeach

Selain menikmati keindahannya, wisatawan juga bisa belajar peduli terhadap lingkungan dan alam terutama pantai. Salah satu bukti adalah dengan dibangunnya pusat penangkaran penyu di pantai yang terkenal dengan ombak besarnya tersebut. Wisatawan diperbolehkan mencari tahu mengenai hewan bertelur yang begitu mirip dengan kura-kura itu.

Seperti yang telah diketahui bahwa penyu kini adalah salah satu hewan dilindungi karena hampir punah. Sehingga pengelola sebisa mungkin memberikan perawatan terbaik bagi anak-anak penyu yang disebut tukik.

Baca: PANTAI DEPOK Primadona Baru Pantai Di Jogja

Jika saatnya tiba, bayi-bayi penyu itu akan dilepaskan ke lautan untuk kembali ke habitat asalnya. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik sendiri para wisatawan, terutama bagi mereka yang begitu peduli dengan lingkungan.

Spot Foto Mengabadikan Momen

Lorong dari Ranting Cemara
Lorong atau terowongan sepanjang 200 meter dari ranting pohon cemara sebagai spot foto paling populer Foto: Instagram/uterahmadii

Pertama kali datang ke pantai ini wisatawan akan disambut oleh ikon Pantai Goa Cemara berwarna biru berbentuk setengah lingkaran. Rupanya bentuk tersebut mewakili ranting cemara sebagai terowongan. Tidak berhenti di situ, pengelola rupanya membuat satu bentuk lagi yang lebih ikonik, yaitu bentuk hati.

Spot ini kerap dijadikan sasaran utama wisatawan untuk mengabadikan salah satu momennya di Pantai Goa Cemara. Susana yang rindang dan sejuk di bawah untaian ranting itu juga sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga terutama anak-anak.  Selain pohon, wisatawan juga dimanjakan dengan hamparan taman bunga dengan warna yang mencolok.

Lokasi Pantai Goa Cemara

Salah satu pantai selatan ini terletak di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kec Sanden, Kab Bantul, DI Yogyakarta. Akses menuju pantai ini dari pusat kota Yogyakarta adalah ke arah Kabupaten Bantul sampai di perempatan Palbapang, belokkan kendaraan ke kanan. Sampai di lampu merah belok kiri, kemudian ikuti rambu atau petunjuk jalannya hingga sampai di tempat tujuan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini