Beranda Tiket Wisata

Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas - November 2020

Pantai Krakal
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Ngestirejo,Tanjungsari,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55000.

Sederet nama tempat wisata alam di daerah Gunungkidul sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Kali ini ada Pantai Krakal yang memiliki hamparan pasir putih nan lembut yang membuat wisatawan kian terpesona.

Sebelum menjadi tempat wisata yang indah dan kerap dikunjungi wisatawan, ada cerita menarik dibalik terbentuknya Pantai Krakal. Proses terbentuknya pantai ini melalui proses yang cukup panjang. Krakal dulu diyakini berada di dasar laut, kemudian akibat pengangkatan kerak bumi membuat dasar laut naik ke permukaan dan menjadi daratan.

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi pantai-pantai di daerah gunung Kidul itu tidak perlu khawatir dan berakhir dengan kekecewaan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, tarif yang ditetapkan untuk para pengunjung tergolong murah.

Harga Tiket Masuk
KategoriHarga
All (Anak-anak dan dewasa)Rp10.000

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Jam Buka

Wisata pantai yang sering diincar oleh para wisatawan adalah menikmati matahari terbit dan juga tenggelam. Oleh sebab itu, tempat wisata ini sudah buka sejak pagi. Bagi pengunjung yang datang sebelum tempat itu dibuka, bisa menikmati fasilitas di pantai secara gratis.

Jam Operasi
HariJam
Senin – Minggu24 jam

Ragam Aktivitas dan Daya Tarik Pantai Krakal

Keindahan Pantai Krakal
Bocah-bocah bermain bersama tanpa beban dan tak akan peduli mengenai derasnya ombak Pantai Krakal

Pantai yang terdapat di 37 km kawasan Gunung Kidul ini merupakan salah satu favorit yang ada di daerah Yogyakarta. Selain itu, pantai ini termasuk pantai yang paling lama dikenal oleh masyarakat setempat dibanding lainnya. Pantai Krakal memang dikenal memiliki pemandangan yang indah.

Sayangnya, keindahan tersebut tidak banyak orang tahu. Jelas, penyebab utamanya adalah minimnya promosi. Beruntung, dengan adanya media sosial, promosi keindahan pantai krakal ini sangat terbantu.

Ikan-Ikan Kecil Pencuri Perhatian

Ikan hias di tepi pantai
Seorang bocah kecil sedang mencari ikan hias di sela batu karang Foto: Google Maps/GM McMama

Daya tarik utama sebuah tempat wisata ditentukan oleh pemandangan ataupun fasilitas yang disediakan. Di sekitar area pantai, wisawatan tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Terlebih, Pantai Krakal memiliki berbagai jenis ikan kecil-kecil yang terlihat di permukaan. Kemunculan ikan-ikan tersebut juga di waktu tertentu saja.

Biasanya saat air laut sedang surut, ikan-ikan seperti Kepe, Bustum dan Pogat yang mempunya ukuran besar. Serta adanya ikan Tiger dengan ukuran yang lebih kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dengan munculnya lumut di kala kemarau datang.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Ikan-ikan tersebut juga lebih banyak bermunculan saat awal bulan dibandingkan akhir bulan. Ikan-ikan kecil tersebut berenang di antara bebatuan karang. Wisatawan bisa berburu ikan tersebut menggunakan jaring tangan. Satu hal yang harus diingat untuk tetap berhati-hati karena bebatuan karang di Pantai Krakal ini cukup tajam dan jangan lupa untuk selalu menjaga ekosistem pantai tersebut.

Eksotisme Anak Pantai Krakal

Anak pantai Krakal
Anak Pantai Krakal tak kalah indah dibanding pantai induknya Fpto: Google Maps/ febri wahyudi

Di Pantai Krakal terdapat dua batu karang hitam yang menjulang tinggi serta berfungsi sebagai pembatas dengan pantai di sebelahnya. Uniknya batu karang tersebut banyak ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Terlebih dengan adanya gazebo yang terletak di antara dua batu karang itu, sehingga wisatawan dapat menikmati indahnya keseluruhan pantai.

Jika wisatawan masih ingin mendapatkan keindahan berupa surga tersembunyi di kawasan pantai ini, bisa menuju ke batu karang sebelah barat. Di area tersebut sudah tersedia jalan setapak untuk menaiki gunung karang, namun harus tetap berhati-hati karena banyaknya duri dari tumbuh-tumbuhan di sekitar jalan setapak tersebut.

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Sampai di atas wisatawan bisa menikmati keindahan dari sebuah pantai kecil lengkap dengan suasana unik dan menarik. Pantai kecil itu hanya dibatasi oleh batu karang, untuk aksesnya wisatawan bisa menempuh dua jalan. Pertama dengan menyusuri bukit dan yang kedua turun kembali kemudian menyusuri pasir puti kearah barat.

Ombak Menanti Peselancar

Selancar di pantai Krakal
Ombak yang tidak terlalu besar kerap dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar oto: Google Maps/ GM Mona Kriesdinar

Pantai sebagai pilihan liburan tentu memiliki alasan tersendiri bagi tiap wisatawan. Beberapa orang mungkin hanya ingin menikmati keindahannya saja bersama orang-orang terkasih. Tak sedikit pula yang mengincar beberapa fasilitas buatan yang telah disediakan di sana.

Namun, bagi pecinta olahraga melihat deburan ombak di Pantai Krakal tentu tidak akan membuang kesempatan untuk berselancar. Pasalnya, ombak di sini tidak terlalu besar dan dinilai cukup aman. Kendati demikian, wisatawan yang ingin berselancar tetap harus berhati-hati. Seperti diketahui pantai ini terkenal dengan banyaknya batu karang yang tajam.

Baca: PANTAI DEPOK Primadona Baru Pantai Di Jogja

Pantai Krakal ini memiliki tipe pantai yang landau dengan ombak yang cukup besar. Tipe seperti ini juga cocok untuk peselancar baru atau pemula. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati biota laut yang berada di bibir pantai. Satu lagi yang harus diperhatikan, wisatawan yang ingin berselancar harus membawa papan sendiri. Karena di sekitar area belum tersedia tempat penyewaan.

Tahun 2015 lalu, Pantai Krakal sempat terpilih menjadi tempat penyelenggara Rip Curl GromSearch atau kompetisi selancar. Rip Curl GromSearch yang diadakan di Yogyakarta ini diperuntukkan oleh anak berusia 12 hingga 16 tahun. Tujuannya acara ini agar peserta bisa belajar dan berkenalan dengan surfer lainnya, sekaligus mengetahui aturan kompetisi berselancar.

Rute dan Lokasi Pantai Krakal

Rute untuk menuju Pantai Krakal terbilang cukup mudah, karena pemerintah setempat memfasilitasi lokasi tersebut. Mulai dari melakukan perbaikan jalan agar mudah untuk dilalui wisatawan. Dari pusat kota Yogyakarta jarak tempuh sepanjang 65km butuh waktu 3 jam ke area pantai. Sedangkan dari Wonosari hanya berjarak 21km .

Lokasi tepatnya pantai ini berada di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55000.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini