Beranda Tiket Wisata

PANTAI GREWENG Gunungkidul Tiket & Aktivitas September 2021

Pantai GrewengHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55883

Di Kabupaten Gunungkidul, tidak sulit memilih pantai yang masih sepi dan indah. Pantai Greweng yang berada di Kecamatan Girisubo adalah satu di antaranya. Tidak hanya cantik, pantai ini juga dikenal sebagai destinasi untuk berkemah. Namun, siapkan energi lebih untuk mencapai lokasinya yang terpencil.

Tiket Masuk Pantai Greweng

Tarif tiket masuk ke Pantai Greweng sudah termasuk dalam tiket masuk Pantai Wediombo. Dengan harga sangat murah dan terjangkau, wisatawan sudah bisa menjajal lokasi wisata ini. Selain tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir sesuai jenis kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Pantai Wediombo Rp5.000 per orang
Parkir Roda 2 Rp2.000
Parkir Roda 4 Rp3.000
Parkir Roda 2 (Camping) Rp5.000
Parkir Roda 4 (Camping) Rp10.000

Baca: 24 Tempat Wisata Paling Asik di Gunung Kidul

Jam Buka Pantai

Objek wisata pantai ini selalu terbuka untuk umum selama 24 jam. Namun, disarankan untuk pergi pada pagi atau siang hari. Fasilitas penerangan masih belum memadai sehingga berbahaya jika melakukan perjalanan saat langit sudah gelap.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Surga di Pantai Greweng

Pantai Greweng
Pantai Greweng dari atas bukit, diapit oleh dua tebing karang – Foto: Google Maps/Muhamad Faisol

Pantai Greweng adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang berbentuk teluk. Lokasinya dilindungi oleh dua tebing karang tinggi. Dilihat dari peta, pantai ini tampak menjorok ke dalam.

Areanya memang tidak terlalu luas. Lokasinya pun sulit diakses oleh kendaraan. Namun hal tersebut justru membuatnya terkesan eksklusif. Terutama bagi para pecinta alam yang mencari ketenangan dengan berkemah di kawasan pantai.

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Trekking Bukit

Mencapai Pantai Greweng memang tidaklah mudah. Dilingkupi oleh bukit, pantai ini memiliki akses jalan setapaknya sendiri. Jalan ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau sepeda.

Medan jalur trekkingnya bisa dikatakan cukup menantang. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 40 – 50 menit berjalan kaki. Penerangan minim saat gelap, terlebih jalanan akan licin ketika hujan turun.

Jangan heran jika kawasan pantai ini populer di kalangan anak muda. Terutama kalangan pecinta alam, trekking juga bagian penting di perjalanan menuju Greweng. Meski menguras tenaga, namun jalur ini dihiasi pemandangan yang memanjakan mata.

Baca: PANTAI TIMANG Gunung Kidul Tiket Wahana & Aktivitas

Surga yang Terselip

Panorama sunset
Perubahan warna langit ketika matahari terbenam di Greweng – Foto: Google Maps/Fuad Yusuf

Jika jalur trekking mulai membawa ke aliran sungai, tandanya pantai sudah dekat. Ciri khas Greweng salah satunya adalah sungai yang bermuara di kawasan pantai ini. Wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir putih di ujung alirannya.

Pantai Greweng merupakan pantai di antara dua tebing karang. Mirip seperti Pantai Gesing, namun Greweng cenderung lebih sepi. Tanahnya landai dengan hamparan formasi karang di garis pantainya.

Terlindung di balik tebing, pantai ini memiliki ombak yang tenang. Jika memandang ke laut, tampak dua ujung tebing bagaikan gerbang yang kokoh. Kenampakan alam ini seolah membingkai Pantai Greweng dari ganasnya ombak Samudera Hindia.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Ruang Tenang

Sejumlah tenda di pinggir pantai greweng
Beberapa tenda untuk berkemah di area yang teduh – Foto: Google Maps/Yudhi Sutopo

Dengan kontur yang landai dan luas, Pantai Greweng menyediakan banyak tempat untuk berkemah. Di samping itu, sumber air tawar dari sungai pun bisa dengan mudah dijangkau. Barisan pohon pun bisa jadi peneduh alami tenda dari sinar matahari terik.

Lokasinya yang menuntut usaha ekstra membuat pantai ini digemari kalangan tertentu saja. Biasanya wisatawan yang kemari memang sengaja ingin berkemah di pantai. Jangan heran jika pantai ini tidak sepadat pantai lainnya bahkan ketika musim liburan.

Wisatawan asyik bermain bola
Pantainya luas serta memiliki ombak yang tenang – Foto: Google Maps/Niken Ambarwati

Pemandangan matahari terbit atau terbenam mungkin memang agak sulit ditangkap di sini. Karena terhalang oleh tebing di kedua sisinya, wisatawan tidak bisa leluasa menikmati panorama sunset atau sunrise. Tapi tenang saja, wisatawan tetap bisa menyaksikan indahnya perubahan warna langit dia kedua waktu tersebut.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Alam yang Terjaga

Bersantai di bawah rindang pohon
Sepi dan tenang, Pantai Greweng cocok untuk menenangkan pikiran – Foto: Google Maps/Rifai Aditya

Karena minim wisatawan, keasrian alamnya pun belum banyak terusik. Pengunjung bisa menemukan kios di sini, namun jumlahnya tidak banyak. Tidak ada spot swafoto kekinian yang sengaja dibangun.

Di Greweng, wisatawan akan disuguhi kemurnian alam yang terjaga. Laut yang biru, debur ombak, serta gemerisik daun yang disentuh angin. Langit malam yang bersih menyajikan hamparan bintang tanpa penghalang. Sambil bersantai di hammock atau tikar, wisatawan bisa sepenuhnya menyegarkan diri.

Fasilitas

Meski cukup terpencil, fasilitas yang tersedia cukup memadai. Terdapat kios makanan serta toilet yang bersih di sini. Area parkirnya berada di kawasan Pantai Jungwok. Hanya saja, akses jalan setapaknya minim penerangan dan licin ketika hujan.

Lokasi Pantai Greweng

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Pendowo, Dusun Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok. Pantai Greweng bisa diakses dari kedua pantai tersebut dengan berjalan kaki. Jalan raya menuju kawasan pantai ini sudah sangat baik. 

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca