Bukit Paralayang Watugupit
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 05.00 - 18.30 No. Telepon: - Alamat: Area Hutan, Giricahyo,Purwosari,Gunung Kidul,Daerah Istimewa Yogyakarta,Indonesia,55872.

Menikmati wisata pantai tidak harus berada di tepi pantai dan bermain dengan airnya. Menyaksikan keindahan pantai dari atas bukit pun menjadi salah satu cara menikmati pantai. Seperti yang dilakukan oleh wisatawan di Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta.

Seperti namanya, bukit ini digunakan sebagai tempat untuk landasan pacu olahraga paralayang. Para profesional banyak yang berlatih di sini. Bahkan, orang awam pun dapat mencoba paralayang karena terdapat instruktur yang akan mendampingi.

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang Watugupit Yogyakarta

Karena berada di kawasan Pantai Parangtritis, pengunjung harus melewati pintu masuk Parangtritis. Ketika masuk ke area Bukit Paralayang pun pengunjung akan dikenakan tiket lagi. Ditambah tarif parkir yang juga dikenakan tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk kawasan ParangtritisRp10.000
Tiket masuk Bukit ParalayangRp5.000

 

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Jam Buka

Objek wisata ini cocok dikunjungi pada pagi dan sore hari untuk menyaksikan pemandangan. Sementara di siang hari, lebih cocok untuk melakukan olahraga paralayang.

Jam Operasional
Setiap Hari05.00 – 18.30

Mengudara dengan Paralayang di Watugupit

paralayang di watugupit
Mengudara dengan Paralayang. Foto: Gmap/Bukit Paralayang, Watugupit

Bukit Paralayang menjadi tujuan utama para penikmat olahraga yang cukup ekstrim ini. Angin pantai di siang hari menjadi poin utama dalam olahraga ini. Ditambah lagi, landasan pacunya yang melandai dan sangat tepat untuk menerbangkan paralayang.

Untuk dapat menikmati olahraga ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 350.000. Dengan biaya ini, pengunjung dapat menaiki paralayang dan mendapatkan segala perlengkapan keamanannya. Ditambah lagi, akan ada instruktur berpengalaman yang memandu pengunjung ketika terbang.

Baca: Hutan Pinus Mangunan Tiket & Aktivitas

Jadi, bagi yang sudah berpengalaman atau belum berpengalaman pun dapat mencoba paralayang. Pemandangan indah pantai dan laut lepas akan menyambut ketika berada di angkasa. Dan saat tepat untuk mencoba paralayang adalah ketika siang hari.

Menikmati Senja di atas Bukit Paralayang

sunset di bukit paralayang
Menikmati Senja di Bukit Paralayang Watugupit. Foto: Gmap/yusuf habibi

Belakangan, Bukit Paralayang tidak hanya tenar karena olahraga ekstrimnya ini. Namun, terkenal juga karena menyajikan pemandangan memukau terutama ketika senja tiba. Pengunjung dapat duduk santai di atas landasan paralayang sambil menikmati pemandangan nan indah.

Pantai dan laut lepas yang begitu mempesona dilihat dari atas. Ditambah lagi, arena bukit yang sudah dipaving juga membuat pengunjung lebih nyaman duduk di atasnya. Sejak pukul 4 sore, pengunjung sudah mulai berdatangan dan mengambil posisi di bukit.

Baca: Bukit Bintang Yogyakarta Tiket & Pesona Alam

Menyiapkan segala perlengkapan untuk menangkap momen indah terbenamnya matahari. Ketika senja tiba, pengunjung dapat leluasa menyaksikan matahari bulat sempurna berwarna oranye. Yang perlahan turun ke peraduan dan memancarkan meganya ke segala penjuru.

Bersantai Menikmati Pemandangan

duduk santai menikmati pemandangan
Duduk Santai di Bukit. Foto: Gmap/Ghozy abiyyu rafi

Selain menikmati momen matahari senja, tak sedikit juga pengunjung yang melepas penat di sini. Mereka santai duduk di atas bukit sambil menikmati minuman atau makanan ringan. Seraya bercengkerama bersama dengan pasangan, keluarga, atau teman.

Karena pada awalnya memang ditujukan untuk landasan pacu paralayang, maka tepian tebing tidak dipagari. Oleh karena itu, jika pengunjung terlalu ke tepi, sangat berbahaya. Karena bisa saja terjatuh ke jurang di bawahnya.

Baca: Gumuk Pasir Parangkusumo Tiket & Aktivitas

Pengunjung pun harus berjalan dengan hati – hati. Mengingat lokasi bukitnya berbentuk turunan yang curam.

Rute Bukit Paralayang Watugupit

Lokasi bukit berada di ketinggian 900 mdpl. Bukan hal yang aneh jika untuk mencapainya diperlukan usaha yang cukup ekstra. Namun, semua akan terbayar ketika sudah sampai di atas bukit, disambut oleh pemandangan memukau.

Jalan menuju lokasi memang sudah halus, namun konturnya miring dan naik. Ikuti jalan tersebut hingga bertemu dengan hotel melati, kemudian masuk menuju lokasi paralayang. Setelah sampai di sana, pengunjung harus berjalan lagi menuju bukit.

Berjalan dengan kemiringan hampir 90 derajat melalui anak tangga. Jika terlalu takut, pengunjung dapat sambil menikmati pemandangan supaya ketakutan teralihkan. Tidak hanya itu, beberapa pohon juga turut menaungi anak tangga, sehingga cukup teduh.

Fasilitas

Fasilitas umum seperti toilet, mushola, area parkir, sudah memadai. Ditambah lagi sudah ada juga warung yang dihias dengan lampu cantik untuk nongkrong. Bagi pengunjung yang ingin menginap di atas bukit pun telah tersedia hotel dan losmen murah di sekitar bukit.

Lokasi Bukit Paralayang Watugupit

Objek wisata ini berlokasi di Area Hutan, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak 30 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini