Beranda Tiket Wisata

Pantai Jolangkung Tiket Gratis & Pesona Memukau - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Jolangkung : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65178

Malang dapat terbilang surganya pantai indah, salah satunya yaitu Pantai Jolangkung. Namanya terdengar sangat familiar bagi orang Indonesia. Karena identik dengan boneka mistis yang biasanya digunakan untuk ritual pemanggilan arwah. Namun, pantai ini justru jauh dari kata menyeramkan, malah sebaliknya.

Pantai ini penuh dengan keindahan, yang terpancar jelas ketika berada di kawasannya. Jika mencari pantai yang sepi untuk berwisata, Jolangkung dapat menjadi pilihan. Sepinya pantai dari pengunjung dapat menjadikan agenda berkunjung ke pantai ini semakin berkesan. Karena dapat menikmati alam pantai yang indah tanpa banyak gangguan.

Harga Tiket Masuk Pantai Jolangkung Malang

Untuk menikmati objek wisata ini, tidak perlu membayar biaya sepeser pun. Bahkan, pantai ini baru terbuka untuk umum pada tahun 2021 ini. Sebelumnya, pantai ini hanya jajaran pantai di Malang Selatan yang belum banyak terjamah wisatawan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Jolangkung Malang

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan pun, bahkan wisatawan juga dapat berkemah. Namun perlu diingat untuk tidak mengunjungi di malam hari. Karena laut di malam hari biasanya pasang, dan ombak tinggi dapat menyapu jalan raya. Sementara jika berkemah, dapat mencari lokasi yang jauh dari bibir pantai atau meminta saran pengelola.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Pantai Jolangkung dibalik Namanya yang Mistis

Batuan Karang yang Membentang di Pantai
Batuan Karang yang Membentang di Pantai. Foto Gmap/ade freg

Pantai Jolangkung merupakan salah satu pantai yang mempesona di Malang bagian selatan. Aksesnya juga cukup mudah karena berlokasi di pinggir Jalan Lintas Selatan (JLS) Malang. Jalan yang lebar dan rata ini membantu wisatawan untuk bisa sampai di lokasi pantai. Dari jalan raya saja, wisatawan sudah dapat melihat keindahan pantai serta batuan karangnya.

Batuan karang di pantai ini tampak besar dan menyembul ke permukaan. Tinggi batuan karang ini mencapai 50 cm dengan panjang 300 meter di sepanjang pantai. Batu-batu karang ini seolah menjadi benteng untuk menghalau ombak besar yang menuju pantai. Di mana pantai ini memiliki ombak yang tinggi khas pantai selatan.

Air lautnya tampak biru dan jernih, dengan buih riak putih yang tampak semarak. Pasir pantainya pun berwarna putih kecokelatan dengan tekstur yang lembut dan halus. Tak jauh dari bibir pantai juga banyak batuan karang yang seolah menjadi batasan wilayah laut dan daratan. Pantai ini semakin lengkap dengan adanya semak serta pepohonan hijau di sekitarnya.

Baca: Pantai TELUK ASMARA Malang Benarkah Mirip Raja Ampat?

Asal Usul Nama Jolangkung

Pantai Jolangkung yang Jauh dari Kesan Mistis
Pantai Jolangkung yang Jauh dari Kesan Mistis. Foto: Gmap/Physick Handayani

Tentu tak sedikit yang penasaran terhadap asal usul nama pantai ini. Memang namanya menyimpan penuh misteri dan pertanyaan. Bahkan bagi wisatawan baru, mengaitkan nama ini dengan boneka mistis jailangkung. Padahal, nama pantai ini tidak ada hubungannya dengan boneka mistis atau kegiatan mistis lainnya.

Nama Jolangkung diambil dari gabungan kata dalam Bahasa Jawa. Yaitu “jo” yang diambil dari kata “ojo”, dan “langkung” yang merupakan kata asli. Dalam Bahasa Jawa, “ojo” artinya “jangan”, sedangkan “langkung” artinya “lewat”. Jika digabungkan dalam Bahasa Indonesia, artinya adalah “jangan lewat”.

Warga sekitar memang melarang penduduk untuk melewati kawasan ini, terutama saat malam hari. Karena ketika air laut pasang, ombak akan tinggi dan menyapu sebagian besar kawasan pantai. Bahkan, ombak dapat menyapu hingga jalan raya yang ada di depannya. Sehingga warga menyarankan untuk tidak melewati kawasan ini supaya tidak terseret ombak.

Baca: Pantai Ngliyep Malang Spot Sunset Paling Asik

Laguna Indah Tersembunyi dibalik Batu Karang

Laguna dibalik Batu Karang
Laguna di balik Batu Karang. Foto: Gmap/ninik ekawati

Ombak yang besar membuat wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang langsung. Karena cukup berbahaya jika berenang atau bermain di lautan lepas. Meskipun ombak yang datang ke pantai sudah cukup tenang karena terhalang batu karang. Namun, ombak ini tetap dapat menyeret wisatawan menuju lautan.

Jika ingin berenang, wisatawan dapat mendatangi laguna alami yang ada di balik batu karang. Laguna ini akan muncul saat air laut sedang surut. Sebuah kolam kecil yang dikelilingi dengan batu karang dengan air yang tenang. Airnya pun begitu jernih hingga dasar dari laguna ini tampak dengan jelas.

Laguna ini tidak dalam, sehingga anak-anak dapat berenang dengan aman. Di waktu tertentu batuan di sekitarnya penuh dengan rerumputan dan lumut. Tampak begitu hidup suasana di kawasan laguna ini. Wisatawan juga dapat bersantai di laguna sembari menikmati suara deburan ombak pantai.

Baca: PANTAI TIGA WARNA Tiket & Aktivitas Seru

Berkemah Seru di Pantai Jolangkung Malang

Sinar Matahari yang Merekah di Pantai Jolangkung
Sinar Matahari yang Merekah di tepi pantai. Foto: Gmap/burhann rachman

Belum ada penginapan di sekitar lokasi pantai. Yang ada hanyalah rumah penduduk, yang jaraknya pun cukup jauh dari lokasi pantai. Meski demikian, wisatawan tetap dapat bermalam di kawasan ini. Yaitu dengan berkemah di sekitar lokasi wisata.

Sebelum berkemah, wisatawan harus meminta izin kepada pengelola serta meminta saran lokasi yang tepat. Tujuannya supaya wisatawan tetap aman ketika bermalam di pantai yang ombaknya terkenal tinggi ini. Wisatawan juga harus mempersiapkan perbekalan dengan lengkap. Mulai dari perlengkapan berkemah, obat-obatan, dan tak lupa makanan dan minuman.

Jika menginap di pantai ini, wisatawan dapat menikmati momen indah matahari terbit. Matahari yang perlahan muncul malu-malu di balik awan putih. Merekah diam-diam hingga membelah kabut dan memancarkan sinarnya. Seketika alam dunia pun terbangun karena sinaran matahari ini.

Baca: PANTAI GOA CINA Malang Tiket & Aktivitas

Fasilitas Pantai Jolangkung Malang

Objek wisata ini belum banyak memiliki fasilitas umum. Toilet seadanya bagi wisatawan yang disediakan oleh penduduk setempat. Fasilitas lainnya pun belum memadai, sehingga wisatawan harus menyediakan keperluan berwisata sendiri. Untuk makanan, di tepian pantai sudah ada beberapa tenda yang menjual makanan dan minuman ringan.

Lokasi Pantai Jolangkung Malang

Objek wisata ini secara geografis berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dari kota Malang berjarak sekitar 65 Kilometer. Memakan waktu setidaknya 1 jam berkendara untuk sampai ke pantai.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 14

Berikan Rating