Beranda Tiket Wisata

Pantai NGANDONG Tiket & Ragam Aktivitas - Agustus 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong : Rp10.000Jam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia, 55881

Gunung Kidul merupakan kabupaten di Jogja yang menyimpan banyak pantai indah. Salah satunya yaitu Pantai Ngandong. Memang, jarak tempuh dari pusat Kota Jogja cukup jauh, sekitar 2 – 3 jam perjalanan. Namun, lamanya perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Alam di pantai ini begitu indah dan menawan. Ditambah lagi, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di sini. Wisatawan dapat bermain kano, menaiki bukit karst, snorkeling, atau sekedar berjalan di pantai. Dan jangan lewatkan, aktivitas seru menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong Gunung Kidul

Tiket masuk area pantai masih cukup terjangkau. Bahkan, satu tiket ini berlaku juga untuk masuk di pantai lain di sekitar Pantai Ngandong.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Wahana Unik

Jam Buka Pantai Ngandong Gunung Kidul

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Bahkan, wisatawan pun dapat menginap dengan mendirikan tenda di sini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Tersembunyi Pantai Ngandong

Pemandangan Indah Pantai Ngandong
Pemandangan Indah Pantai Ngandong. Foto: Gmap/Nofan Satmoko

Pantai Ngandong adalah pantai yang cantik dan tergolong cukup tersembunyi di Gunung Kidul. Pantai ini lebih terkenal sebagai pantai nelayan, karena banyak nelayan melaut dari sini. Tak jauh dari pantai pun terdapat perkampungan para nelayan. Meski begitu, pantai ini memiliki pesona keindahan yang begitu memanjakan mata.

Pantai ini memiliki kawasan perairan yang jernih, dengan warna bergradasi. Tampak di dekat bibir pantai, warnanya biru kehijauan, dan semakin gelap menuju ke tengah. Kawasan pantai pun masih rimbun pepohonan yang dapat menjadi peneduh. Salah satunya adalah pohon cemara udang yang tumbuh di sekitar bibir pantai.

Ombaknya begitu menghanyutkan suasana. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, dengan garis pantainya yang panjang. Meskipun ramai, tak perlu khawatir tak kebagian tempat yang lapang. Karena banyak spot di sepanjang bibir pantai yang juga indah untuk dijadikan lokasi menikmati pantai.

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Aktivitas

Menyelami Alam bawah Laut Pantai Ngandong

Snorkeling Seru di Laut Pantai Ngandong
Snorkeling Seru di Laut Pantai Ngandong. Foto: Gmap/L_P

Tak hanya pemandangan di atas pantainya, bawah laut pantai ini pun indah. Air yang masih jernih ini memungkinkan wisatawan untuk melakukan snorkeling. Visibilitas atau jarak pandang air pun jauh saking jernihnya.

Wisatawan dapat mencoba snorkeling di sini. Jika menggunakan alat jasa penyewaan, harganya mulai dari Rp50.000. Dengan harga ini, wisatawan akan mendapatkan kacamata dan selang nafas. Sehingga dapat mengamati alam bawah laut Pantai Ngandong dengan lebih jelas.

Berbagai jenis ikan dapat ditemui di sini. Rata-rata ikan yang ada di sini berukuran kecil, namun warnanya bermacam-macam. Ditambah dengan terumbu karang yang tampak sehat tumbuh di dasar perairan. Lengkap dengan Anemon laut yang tampak menari mengikuti aliran air.

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Menjelajah Pantai dengan Kano

Salah satu kegiatan unik yang tersedia yaitu menyewa perahu kano. Harganya juga masih cukup terjangkau dengan durasi bermain sepuasnya.

Kano merupakan perahu kecil yang dapat memuat satu atau dua orang. Bergerak dengan dayung yang dikemudikan langsung oleh penumpang kano. Jika masih takut, wisatawan dapat ditemani oleh seorang instruktur. Dari sini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Berlayar dengan Perahu Nelayan

Berlayar dengan Perahu Nelayan
Berlayar dengan Perahu Nelayan. Foto: Gmap/Catur mukha

Selain kano, wisatawan dapat menjelajah kawasan perairan dengan perahu nelayan. Nelayan ini biasanya melaut di malam hari, dan pulang saat pagi. Ketika tidak melaut, perahu-perahu ini bersandar di tepi pantai. Membuat kawasan pantai seolah tampak seperti lapangan parkir perahu.

Wisatawan bisa menawar pada salah satu nelayan untuk diajak berkeliling di laut. Menyaksikan keindahan lautan yang kaya biota lautnya.

Wisatawan tidak hanya berkeliling laut saja, tapi bisa juga menuju ke fenomena alam. Fenomena alam yang sangat menarik di laut Pantai Ngandong adalah pusaran air. Pusaran air ini merupakan sumber air tawar yang ada di dalam laut. Dari permukaan, tampak sumber ini seperti air yang sedang mendidih.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Mendaki Bukit Karst yang Indah

Seperti halnya di Nusa Penida, di Pantai Ngandong wisatawan juga bisa mendaki ke bukit. Terdapat bukit karst yang indah di sekitar pantai. Tertutup hijaunya pepohonan dan semak yang tampak subur menjalar. Serta rumput-rumput liar yang seolah menambah asrinya kawasan ini.

Wisatawan bisa mendaki salah satu bukitnya untuk menyaksikan pemandangan dari atas. Dari bukit ini bahkan akan terlihat pemandangan Pantai Sundak di sebelahnya. Karena Pantai Ngandong dan Pantai Sundak hanya terpisah dengan bukit karst saja.

Selain itu, wisatawan juga dapat menuju bukit karst di lautan. Yang jaraknya hanya beberapa meter di depan pantai. Saat air surut, tampak karang-karang yang bisa digunakan untuk sampai ke bukit tersebut. Sementara jika air sedang pasang, karang ini akan tertutup dengan air laut.

Baca: PANTAI WATULAWANG Tiket & Daya Tarik

Berselancar Seru di Pantai Ngandong

Berselancar Seru di Pantai Ngandong
Berselancar Seru di Pantai Ngandong. Foto: Gmap/Lentera Official

Meskipun ombak pantai ini cukup tenang, namun masih bisa untuk kegiatan berselancar. Justru, tempat ini sangat tepat jika ingin berselancar dengan santai. Atau pemula yang ingin berlatih selancar.

Jika tidak membawa papan selancar, di sini juga tersedia persewaan papan selancar. Bahkan ada juga instruktur yang siap mengajari peselancar pemula yang ingin berlatih.

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Menikmati Sore di South Shore

Beach Cafe South Shore
Beach Cafe South Shore. Foto: Gmap/Indra Putra

Bisa jadi, South Shore adalah beach cafe pertama yang ada di Gunung Kidul. Tempat ini sempat viral pada tahun 2020 lalu. Di sini, wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan yang nikmat. Ditambah lagi, pemandangan pantai dari kafe ini begitu menakjubkan.

Di sore hari, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah matahari terbenam. Kafe ini memiliki tempat outdoor yang memungkinkan wisatawan makan sembari menikmati pemandangan. Tak ketinggalan juga, lokasi ini juga menjadi favorit wisatawan untuk berfoto.

Fasilitas Pantai Ngandong

Bermalam dengan Camping di Pantai
Bermalam dengan Camping di Pantai. Foto: Gmap/Djong Djava

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Toilet, tempat bilas, musala, warung, kafe, lahan parkir, tersedia dengan kondisi baik. Ditambah lagi, wisatawan juga dapat menginap di penginapan sekitar pantai. Atau bisa juga mendirikan tenda di pantai, supaya bisa menyaksikan matahari terbit.

Lokasi Pantai Ngandong

Berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak kurang lebih 65 Kilometer dari kota Yogyakarta, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini