Beranda Tiket Wisata

Puncak Kosakora Keindahan Laut dari Area Perbukitan - Februari 2020

Tgl. Update:Jumat, Desember 13, 2019
Puncak Kosakora Harga Tiket: Rp2.000 - Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo,Tanjungsari,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55881.

Wisata alam merupakan tempat wisata yang terbentuk karena kejadian alam. Berbagai tempat memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata alam. Yang terpenting adalah kejelian dari masyarakat sekitar untuk mengangkat tempat tersebut menjadi tempat wisata. Salah satu buktinya adalah Puncak Kosakora.

Awalnya, area perbukitan ini bukanlah tempat wisata. Bahkan tidak ada yang sengaja berkunjung ke tempat ini. Namanya pun entah diambil dari mana. Namun kini, tebing batu ini telah menyedot perhatian wisatawan untuk berkunjung menikmati pemandangan dari atas.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Untuk menuju Puncak Kosakora, pengunjung harus masuk melalui pantai yang ada di Gunung Kidul. Otomatis, tiket masuk untuk ke pantai pun harus dibayarkan juga. Ditambah lagi biaya parkir dan biaya tiket ketika naik bukit. Namun semua itu bukanlah masalah, karena tarifnya masih sangat murah.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk pantaiRp10.000
Tiket Puncak KosakoraRp2.000
Biaya berkemahRp10.000/malam
Biaya Parkir
MotorRp3.000/sekali masuk
Rp5.000/menginap per malam
MobilRp5.000/sekali masuk
Rp10.000/menginap per malam

Baca: 15 Tempat Wisata Menarik Di Gunung Kidul Yogyakarta

Jam Operasional

Untuk mengunjungi objek wisata ini tidak ada jam operasional. Namun, waktu yang tepat berkunjung adalah saat pagi maupun sore hari. Karena di siang hari, terik matahari sangat menyengat.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Bukit Karst Puncak Kosakora yang Menawan

Pemandangan Lautan Luas dari Puncak Kosakora
Pemandangan Lautan Luas dari Puncak Kosakora. Foto: Gmap/Alan wilem

Kawasan wisata ini merupakan sebuah bukit karst yang berdiri di sepanjang garis pantai-pantai cantik Gunung Kidul. Puncaknya sendiri berada di ketinggian 50 mdpl. Dengan dinding batuan yang pada bagian atasnya ditumbuhi rerumputan dan pepohonan. Akan terlihat hijau saat musim penghujan dan mengering di musim kemarau.

Puncak Kosakora berdiri dengan gagah di sepanjang pantai indah. Yang mencakup Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, hingga Pantai Kukup. Bahkan, mercusuar yang ada di Pantai Baron pun terlihat dari Puncak ini.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul Tiket & Wahana Unik

Awalnya, tempat ini bukanlah tujuan dari objek wisata. Hanya sebuah bukit sepi yang ditumbuhi oleh vegetasi alami. Namun karena beberapa pengunjung yang datang dan mengunggah pemandangan indah di sini, semua berubah. Banyak wisatawan yang mulai mendatangi objek wisata nan eksotis ini.

Indahnya Pantai dari Puncak Kosakora

bersantai di puncak bukit
Pengunjung yang sedang bersantai menikmati keindahan laut dan deretan perbukitan. Foto: Google Maps/finthihani yumna

Tujuan dari wisata di sini adalah menikmati pemandangan indahnya. Dari atas sini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya langit biru, membentang luas di atas lautan. Lautan pun tak kalah luas membentang nun jauh di sana. Menyaksikan ombak bergulung-gulung seolah berkejaran satu sama lain.

Pasir putih menjadi pembeda area daratan dan lautan. Sangat kontras terlihat warna putih dan biru dari air laut. Ditambah lagi pepohonan hijau yang berada di tepian pantai. Dari puncak ini, pemandangan ini seolah menjadi harmoni keindahan alam pantai.

Baca: Pantai KRAKAL Gunung Kidul Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Berkemah di Puncak Kosakora

Berkemah di puncak kosakora
Berkemah dan bersantai menikmati keindahan laut lepas dari puncak perbukitan Kosakora. Foto: Google Maps/Rangga dy

Jika ingin menikmati segala waktu di Puncak Kosakora, pengunjung juga dapat berkemah. Di puncak sudah disediakan persewaan tenda dome untuk menginap atau sekedar beristirahat sesaat. Harga sewa tenda cukup murah, yaitu Rp 60.000 untuk tenda kecil. Sementara untuk tenda besar harganya hanya Rp 100.000.

Banyak sekali muda-mudi yang mendirikan tenda di sini. Di malam hari, suasana semakin meriah dengan tambahan api unggun dan suara nyanyian diiringi gitar.

Baca: Pantai Ngrumput Area Berkemah Paling Asik

Biasanya, jika sudah berniat untuk berkemah di sini, pengunjung akan datang di sore hari. Kemudian bersiap mendirikan tenda. Dan di malam hari, kegiatan akan dilanjutkan dengan memasak dan menyantap makan malam. Suasana begitu hangat terasa, ditambah lagi obrolan antar kawan atau antar pengunjung lainnya.

Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam

Matahari Terbenam di Puncak Kosakora Gunung Kidul
Matahari Terbenam di Puncak Kosakora Gunung Kidul. Foto: Gmap/Casey Choe

Waktu yang tepat berkunjung ke Puncak Kosakora adalah di pagi dan sore hari. Pagi hari, lebih baik datang sebelum matahari terbit. Karena pemandangan matahari terbitnya begitu mempesona.

Dari puncak ini, pengunjung akan menyaksikan mentari yang perlahan-lahan memunculkan diri. Warna gelap mulai tersapu seiring dengan munculnya cahaya kuning dan oranye matahari. Dari atas sini, tidak ada yang menghalangi pemandangan. Baik kabut maupun pegunungan, sehingga pengunjung dapat leluasa menyaksikannya.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Sementara di sore hari, jangan lewatkan pemandangan indahnya matahari terbenam. Turun perlahan-lahan ke peraduan. Menggantikan terangnya siang hari menjadi gelap di malam hari.

Langit Indah di Malam Hari

Jangan mengira Puncak Kosakora akan gelap dan menyeramkan di malam hari. Justru sebaliknya, pemandangan malam lebih indah. Pengunjung memang tidak akan jelas melihat lautan. Sebagai gantinya, pengunjung akan disuguhkan indahnya pemandangan langit.

Lingkungan yang gelap membuat langit menampakkan banyak sekali bintang-bintang. Bertaburan dan terang di sana-sini. Sangat indah dan menenangkan menyaksikan taburan bintang di langit malam.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Fasilitas Puncak Kosakora

Di puncak sudah tersedia warung kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman ringan. Selain itu, telah tersedia juga toilet umum yang dapat digunakan pengunjung. Sehingga, pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin buang air.

Lokasi Puncak Kosakora

Tempat Wisata ini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung diharuskan trekking kurang lebih 2 kilometer. Sebaiknya, gunakan sepatu yang nyaman untuk mempermudah saat trekking.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here