Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Kebumen Wisata Murah Tengah Kota – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-alun Kebumen : GratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Jalan Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54311

Alun-alun Kebumen merupakan zona terbuka hijau yang ada di Kabupaten Kebumen. Kawasan ini banyak dikelilingi bangunan penting seperti Masjid, kantor pemerintah, sekolah, dan perpustakaan. Bentuknya berupa lapangan segi empat dengan luas mencapai 4 Ha. Menawarkan suasana asri sangat dengan hadirnya rerumputan hijau dan pohon beringin.

Pohon beringin ada di tengah lapangan menjadi daya tarik utama alun-alun. Banyak yang menjadikan objek ini sebagai spot foto yang sangat menarik. Tidak ketinggalan ada beragam jenis kuliner yang bisa dinikmati setelah seharian beraktivitas. Kebanyakan para pedagang menjual makanan khas Kebumen seperti Nasi Penggel dan Sate Ambal.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kebumen

Wisata Alun-alun Kebumen tidak membebankan tiket masuk apa pun kepada pengunjung. Setiap orang bisa masuk secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Hanya saja akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan roda dua, empat, dan enam.

Harga Tiket Alun-alun Kebumen
Tiket masuk Gratis
Biaya Parkir
Sepeda motor Rp1.000
Mobil Rp2.000
Bus atau Truk Rp3.000

Baca: GOA JATIJAJAR Kebumen Tiket & Pesona

Jam Buka Alun-alun Kebumen

Alun-alun Kebumen hampir setiap hari selalu menerima kunjungan wisatawan. Bisa dibilang kawasan ini tidak pernah tutup meskipun memasuki tanggal merah dan buka selama 24 jam. Jadi wisatawan bebas datang kapan pun sesuka hati.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Daya Tarik Alun-alun Kebumen

Alun-alun Kebumen mempunyai sejumlah keunikan yang membuat banyak yang tertarik untuk mengunjunginya. Salah satunya terdapat pohon beringin besar tumbuh di tengah lapangan. Kemudian di sisi sebelah barat berdiri bangunan Masjid Agung Kebumen yang begitu megah. Menariknya lagi terdapat wisata kuliner dan sejumlah wahana permainan seru.

Pohon Beringin Besar Ikonik

Pohon Beringin di Alun-alun Kebumen.
Pohon beringin di Alun-alun Kebumen memiliki nuansa mistis yang sangat kental. Foto : Googlemap/Wahyu Setiawan

Daya tarik utama Alun-alun Kebumen terletak pada pohon beringin di tengah lapangan. Pohon tersebut berukuran besar dan memiliki dedaunan yang sangat rimbun. Jika terlihat dari kejauhan bentuk daunnya terlihat seperti setengah lingkaran menyerupai jamur raksasa.

Pada bagian bawah terdapat pagar beton segi enam meter mengitari pohon beringin. Pagar tersebut lebih banyak didominasi warna putih dengan campuran hitam di bagian atasnya. Tampilannya kian menarik dengan hiasan 6 ornamen gapura melengkung mengelilingi pagar.

Kehadiran pohon beringin di Alun-alun banyak memberikan manfaat bagi para pengunjung. Salah satunya bisa menjadi tempat berteduh dari teriknya sinar matahari. Kemudian membuat udara sekitar semakin bertambah sejuk. Dan yang paling penting bisa juga sebagai spot swafoto.

Baca: WADUK SEMPOR Tiket & Aktivitas

Masjid Agung Kebumen

Suasana malam hari di Masjid Agung Kebumen.
Desain Masjid Agung Kebumen mirip rumah joglo khas Jawa. Foto : Googlemap/Samsul Hidayat

Masjid Agung Kebumen merupakan masjid paling tua dan terbesar di Kebumen. Jika biasanya atap masjid memiliki kubah, lain halnya dengan yang satu ini. Desain atapnya berbentuk limas bersusun mirip rumah joglo. Kemudian di bagian depan ada tulisan Masjid Agung Kebumen dalam huruf Arab.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan satu serambi masjid. Lantai bagian bawah digunakan untuk tempat salat. Sementara bagian atas sebagai area tambahan jikalau lantai dasar sudah penuh. Selanjutnya khusus serambi masjid bisa untuk salat atau tempat menggelar acara keagamaan. Kemudian di luar masjid terdapat satu menara dengan hiasan kubah kecil di bagian atasnya.

Meski sudah beberapa kali mengalami renovasi, namun tampilan masjid ini masih sama seperti dulu. Yaitu tetap mempertahankan ciri khasnya menggunakan desain rumah joglo khas Jawa. Sedangkan lokasinya sendiri ada di sebelah barat Alun-alun Kebumen.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Wisata Kuliner

Keramaian pengunjung menikmati nasi penggel di Alun-alun Kebumen.
Alun-alun Kebumen mempunyai beragam wisata kuliner yang lezat seperti Nasi Penggel, Sate Ambal, Mie ayam, bakso, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Fitrina Rachmadanty

Wisata kuliner di Alun-alun Kebumen yang paling terkenal adalah Nasi Penggel. Makanan tradisional khas Kebumen yang nasinya berbentuk bulatan kecil. Penjualnya ada di sisi barat alun-alun depan Masjid Agung Kebumen. Persis di sebelah kiri jalan dengan spanduk bertuliskan “Nasi Penggel & Oseng Kikil”.

Sayangnya pedagang Nasi Penggel hanya beroperasi dari Pukul 05.30 sampai 08.00 pagi. Nantinya penjual akan mempersilakan pembeli mengambil nasinya sendiri. Biasanya yang membeli sering mengambil sebanyak 8 sampai 15 bulatan. Selanjutnya piring diserahkan kepada penjual untuk diberi sayur dan lauk pauk.

Sayurnya berupa Lodeh Santan berisi nangka muda, tempe, tahu, melinjo, dan daun singkong. Sementara lauknya ada kikil, jeroan, babat, iso, jantung, ginjal, dan paru. Seporsi Nasi Penggel dengan lauk, sayur, tempe mendoan dan teh hangat harganya Rp13.000. Sedangkan pilihan menu lainnya ada mie ayam, bakso, sate ambal, dan masih banyak lagi.

Baca: Pantai Menganti Kebumen Tiket Masuk & Daya Tarik

Wahana Permainan Anak

Saat malam minggu suasana Alun-alun Kebumen akan ramai dengan kunjungan wisatawan. Khususnya dari keluarga yang membawa anak-anak. Karena waktu malam Minggu banyak tersedia wahana permainan anak di sekitar alun-alun. Misalnya odong-odong, kereta mini, istana balon, kolam pemancingan, skuter, hingga sepeda gowes.

Dari semua wahana yang paling diminati yaitu odong-odong. Banyak anak-anak yang suka wahana ini karena desainnya bertemakan tokoh kartun. Selain itu warna yang digunakan juga warna-warni. Belum lagi ada iringan musik yang membuatnya kian menarik.

Baca: Benteng VAN DER WIJCK Kebumen Tiket & Aktivitas

Fasilitas Alun-Alun Kebumen

Kawasan wisata murah meriah ini mempunyai fasilitas umum yang lumayan lengkap. Tersedia tempat parkir yang luas, masjid untuk tempat ibadah, dan toilet bersih. Di pinggir trotoar juga sudah ada penjual makanan jikalau pengunjung ingin makan sesuatu. Ada pun fasilitas olahraga seperti track jogging dan alat fitnes.

Lokasi Alun-alun Kebumen

Taman terbuka hijau ini berlokasi di Jalan Pahlawan, Kebumen, Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa tengah.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini