Beranda Tiket Wisata

PANTAI MUTIARA Tiket & Aktivitas Oktober 2021

Pantai MutiaraHarga Tiket: Rp8.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Karanggongso, Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia, -

Pantai Mutiara adalah pantai di kawasan pesisir selatan Prigi, Trenggalek. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Prigi, Pantai Karanggongso, dan Pantai Pasir Putih.

Seperti namanya, Pantai Mutiara memiliki pemandangan alam yang cantik bagaikan mutiara. Kilau lautnya yang biru serta hamparan pasir putih berhasil mengundang banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu di sini.

Tiket Masuk Pantai Mutiara

Untuk berwisata di Pantai Mutiara, wisatawan tidak perlu membayar mahal. Cukup dengan Rp8.000 rupiah saja keindahan pantai ini sudah bisa dinikmati. Harga tiket fasilitas hiburan yang tersedia pun beragam, namun tetap terjangkau.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk per orangRp8.000

Baca: Destinasi Wisata Pilihan di Trenggalek

Jam Operasional

Pantai Mutiara adalah objek wisata alam yang bisa dikunjungi tanpa batas waktu tertentu. Pengunjung bisa datang pada hari apa saja, 24 jam. Waktu terbaik adalah ketika sore hari untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Namun di masa pandemi Covid-19, ada pembatasan jam masuk untuk mengurangi kerumunan orang.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Pesona Pantai Mutiara Trenggalek

Nama Pantai Mutiara semakin meroket sejak dikunjungi dan dipromosikan oleh mantan menteri kelautan dan perikanan, Ibu Susi Pujiastuti
Pantai Mutiara adalah pantai di Kabupaten Trenggalek yang menyajikan keindahan alam sekaligus aktivitas rekreasional menarik – Foto: Google Maps / Rizka Aulia

Jalu Lintas Selatan membentang sejauh 1.604 kilometer dari Banten hingga Jawa Timur. Jalur ini membuka jalan menuju pantai-pantai cantik pesisir selatan Jawa. Dulu, pantai-pantai ini lokasinya dianggap tersembunyi. Sekarang, pilihan pantai untuk berwisata semakin bertambah, salah satunya Pantai Mutiara di Kabupaten Trenggalek.

Pantai Mutiara termasuk pantai wisata di kawasan selatan Trenggalek. Dibandingkan pantai wisata di sekitarnya, pantai ini belum lama dideklarasikan sebagai pantai wisata. Namun, pasirnya yang putih serta ombak laut yang tenang semakin banyak memikat wisatawan. Saat ini, Pantai Mutiara jadi alternatif wisata pantai yang patut diperhitungkan.

Baca: PANTAI PRIGI Trenggalek Tiket & Aktivitas

Ombak Bersahabat

perpaduan hamparan pasir putih serta gradasi laut yang biru
Indahnya pemandangan laut di Pantai Mutiara yang masih belum ramai dikunjungi wisatawan – Foto: Google Maps / Silvia Sasabilla

Pantai Mutiara berlokasi di salah satu sudut teluk kawasan Prigi. Di sepanjang teluk ini memang terdapat sejumlah pantai idola untuk rekreasi warga setempat. Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karanggongso sudah lebih dulu populer. Pantai Mutiara kemudian menyusul, dengan lokasinya yang agak tersembunyi di ujung Jalan Pantai Prigi.

Karena berada di kawasan teluk, pantai ini terlindung dari serbuan angin laut selatan. Sehingga, suasana lautnya pun lebih tenang dan aman untuk dijadikan tempat bermain ombak. Pengunjung bisa menikmati ombak sambil bermain di pasirnya yang putih.

Spot Cantik

cantiknya warna langit Pantai Mutiara Trenggalek ketika matahari terbenam
Menyaksikan matahari terbenam adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini – Foto: Google Maps / Baihaqi Ramadhan

Selaras dengan namanya, pantai ini memang secantik mutiara. Hamparan pasir putihnya luas dan cukup landai. Pemandangan ini berkolaborasi dengan laut biru nan cantik. Di seberang, tampak gugusan bukit hijau menghiasi horizon.

Kecantikan panorama ini memang terlalu sayang untuk tidak diabadikan dengan foto. Wisatawan tidak hanya bisa berfoto di area pantai, tetapi juga dari atas bukit. Spot ini bisa jadi tempat untuk menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan ini akan jadi penutup hari libur yang tak terlupakan.

Aktivitas Rekreasional

pengunjung mencoba wahana banana boat di Pantai Mutiara Trenggalek
Beragam wahana olahraga air ada di sini, salah satunya Banana Boat yang seru dan menantang – Foto: Google Maps / andreas septiawan

Selain suasana tenang dan pemandangan yang cantik, wisatawan bisa menikmati hiburan lainnya di sini. Pantai Mutiara menghadirkan berbagai olahraga air yang bisa dicoba berbagai kalangan usia. Ada kano, kayak, perahu, snorkeling, hingga banana boat.

Dengan merogoh kocek tak terlalu dalam, pengunjung bisa mencoba aktivitas tersebut. Tidak perlu khawatir karena disediakan pemandu bagi yang belum berpengalaman. Ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga pengunjung bisa bermain dengan aman.

Rumah Apung

keramaian pengunjung di Rumah Apung
Di Rumah Apung, wisatawan bisa melihat budidaya ikan kerapu melalui aktivitas snorkeling – Foto: Google Maps / Nia Fuad

Satu lagi tempat yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung kemari. Tak jauh dari bibir pantai, wisatawan dapat melihat ada sebuah rumah yang mengapung di laut. Rumah Apung ini bisa dijangkau dengan menaiki perahu dari area pantai.

Di sini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman rekreasi bahari yang berbeda. Rumah yang dibangun tahun 2016 itu merupakan tempat budidaya ikan kerapu. Tempat yang disebut ‘apartemen ikan’ ini juga merupakan tempat budidaya terumbu karang.

Wisatawan yang berkunjung kemari bisa mencoba snorkeling di kolam ikan kerapu. Area kolam tidak terlalu luas, sehingga cocok juga untuk dicoba anak-anak. Di sekitar bangunan, wisatawan juga boleh mencoba berkeliling dengan kayak atau kano.

Fasilitas Pantai Mutiara

Sebagai destinasi wisata alam yang sudah populer, Pantai Mutiara dilengkapi fasilitas yang memadai. Pengunjung tidak akan sulit menemukan area parkir, toilet, mushola, warung makan, atau kios. Penyewaan tikar dan payung pun tersedia bagi wisatawan yang ingin menggelar piknik di pantai.

Fasilitas hiburan yang ada di pantai ini adalah aneka olahraga air. Beberapa di antaranya yaitu kano dan snorkeling. Jika datang berkelompok, ada banana boat yang bisa dinikmati bersama-sama. Pengunjung yang ingin bertandang ke rumah apung bisa menaiki perahu dengan tarif terjangkau.

Lokasi Pantai Mutiara Trenggalek

Pantai Mutiara terletak di Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu pantai di pesisir Prigi. Lokasinya masih satu kawasan dengan beberapa pantai lainnya, yaitu Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karanggongso.

Akses Pantai Mutiara

Tidak sulit untuk mencapai Pantai Mutiara. Dari pusat Kota Trenggalek, jaraknya sekitar 37 kilometer. Dibutuhkan waktu kurang-lebih 1,5 jam menggunakan sepeda motor untuk tiba di sana.

Dari Trenggalek, wisatawan bisa memilih rute Jalan Gandusari – Trenggalek atau jalan Gandusari  -Durenan. Arahkan kendaraan ke selatan hingga Jalan Raya Bandung – Prigi. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai pertigaan Jalan Prigi. Belok kiri melewati Polsek Watulimo dan lurus terus hingga belok kanan ke Jalan Raya Pantai Tasikmadu.

Sebelum pertigaan Patung Ikan Pantai Prigi, belok kiri dan ikuti jalan menyusuri bukit di pinggir kawasan pantai wisata lainnya. Wisatawan akan melewati gerbang Pantai Pasir Putih, Simbaronce, Karanggongso, dan Mbangko’an sebelum mencapai pantai Mutiara. Kondisi jalan mulus dan beraspal hingga mendekati kawasan pantai. Selanjutnya jalanan berupa jalan tanah yang sempit, namun mulus dan bisa dilewati mobil.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini