Beranda Tiket Wisata

Pantai Popoh Tulungagung Tiket & Ragam Pesona Januari 2022

Pantai PopohHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Besole, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66275

Pantai Popoh adalah pantai yang berada di Kabupaten Tulungagung.  Letaknya di ujung timur Pegunungan Kidul dan berjarak sekitar 30km. Berada di sebuah teluk menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai yang satu ini. Keindahan laut biru dengan barisan perbukitan di sekililingnya menambah nuansa eksotis. Berbeda dengan kebanyakan pantai di Tulungagung, pantai ini memang tidak memiliki daratan berpasir yang luas. Meski begitu pantai ini memiliki pesona lain yang membuatnya berbeda.

Pemandangan puluhan perahu nelayan yang berlalu lalang akan menambah keunikan pantai ni. Hal ini karena masyarakat sekitar pantai mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Pada saat berkunjung ke sini wisatawan bisa membeli langsung hasil laut dari para nelayan. Hal lain yang juga menarik yaitu di dekat pantai ada suatu pesanggrahan unik yang bernama “Retdjo Sewu”. Di tempat tersebut ada sekitar 2.999 arca Dwarapala dengan berbagai ukuran.

Harga Tiket Pantai Popoh

Obyek wisata Pantai Popoh memiliki harga tiket masuk yang sangat murah meriah. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan/libur nasional. Dengan biaya masuk yang terjangkau wisatawan sudah bisa menikmati keindahan pantai Popoh sepuasnya.

Harga Tiket Pantai Popoh
Harga TiketRp10.000

Baca: Jambooland Waterpark Tulungagung Tiket & Wahana

Jam Buka Pantai Popoh

Untuk waktu operasionalnya sendiri area pantai selalu terbuka untuk umum. Waktu terbaik untuk pergi ke tempat ini adalah ketika cuaca sedang cerah. Wisatawan bisa datang ketika pagi atau sore hari untuk menikmati keindahan sekitar pantai.

Jam Buka Pantai Popoh
Setiap hari24 Jam

Pesona Pantai Popoh

Pantai dengan barisan perbukitan
Laut biru dengan barisan perbukitan dan perahu yang berlalu lalang menjadi pemandangan khas tepi pantai. Foto: Gmaps/Yunia Muffatiro.

Berbeda dengan pantai lain di Tulungagung, Pantai Popoh tidak memilik daratan berpasir yang luas. Meski begitu pantai ini tetap memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain. Laut biru dengan hamparan perbukitan hijau akan langsung menyambut wisatawan setibanya di pantai ini. Puluhan perahu yang berlalu lalang menambah eksotis pemandangan sekitar pantai. Wisatawan juga bisa menyusuri kawasan pantai dengan perahu tersebut.

Kawasan pantai ini memang sangat cocok untuk bersantai. Barisan pepohonan tinggi yang tumbuh mengelilingi pantai membuat tempat ini sangat rindang dan asri. Hal menarik lainnya yaitu di kawasan pesisir pantainya terdapat makam yang sering ramai peziarah. Ada kepercayaan makam tersebut adalah makam leluhur yang punya andil besar di masa lalu.

Baca: Pantai Gemah Tulungagung Tiket, Wahana & Aktivitas

Berperahu Menyusuri Pantai

Perahu penumpang
Wisatawan bisa naik perahu untuk menyusuri area perairan sekitar pantai. Foto: Gmaps/dwrhyngrm

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di sini yaitu berkeliling naik perahu. Perahu-perahu ini siap mengantarkan wisatawan untuk melihat keindahan hingga mencapai tengah laut. Selain itu barisan perbukitan dan tebing yang berada di sekitar pantai akan semakin menambah keindahan jika terlihat dari dekat.

Biaya untuk menyewa perahu ini sangatlah murah. Harga akan bisa lebih murah lagi jika naik dengan jumlah orang banyak atau rombongan. Perahu ini berkapasitas maksimal hingga 10 orang.

Baca: Pantai Sanggar Tiket & Bentang Alam Memukau

Pesona Perbukitan Tepi Pantai

pemandangan pantai dari atas bukit
Wisatawan bisa naik ke atas bukit untuk menikmati keindahan bentang alam sekitar pantai. Foto: Gmaps/Syamsul Ma’Arif.

Barisan bukit yang ada di sekitar pantai juga bisa didaki. Di area bukit sudah terdapat jalur dan pagar pengaman di sisinya. Meski begitu tetap untuk mendaki tetap butuh stamina yang prima karena ketinggiannya yang lumayan. Membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk bisa mencapai puncak bukit.

Sesampainya di puncak, pemandangan luar biasa akan menyambut. Wisatawan bisa melihat keindahan bentang alam pantai secara lebih luas lagi. Pemandangan laut lepas berpadu dengan langit biru menjadi sajian yang luar biasa. Angin yang berhembus di atas bukit pun terasa lebih segar dan membuat betah berlama-lama. Ketika sore hari dan cuaca sedang cerah, pemandangan pantai akan terlihat lebih cantik lagi.

Baca: Pantai Sine Tulungagung Tiket & Ragam Aktivitas

Wisata Kuliner di Pantai Popoh

Sambil bersantai menikmati keindahan alam pantai, wisatawan juga bisa menyantap sajian kuliner. Berbagai hidangan laut dijual di warung-warung yang ada di tepi pantai. Menariknya sebagian besar penjual di pantai ini masih menggunakan cara tradisional dalam memasaknya. Hidangan kuliner dimasak dengan menggunakan tungku dan arang. Hal itu tentu saja membuat cita rasa masakan yang tersaji akan berbeda dan unik.

Sunset di Pantai Popoh

Senja yang sangat menawan di Pantai Popoh
Momen senja yang romantis dari tepi pantai. Foto: Gmaps/Shalahudin Adi Bela Haq

Pantai selatan memang selalu menghadirkan keindahan momen senja yang luar biasa. Begitu juga di pantai ini. Wisatawan bisa menikmati pesona sunset di area tepi pantai atau bisa juga dengan naik ke atas bukit.

Keindahan lautan yang penuh dengan perahu berpadu dengan langit jingga menjadi sajian romantis yang sangat sayang jika terlewat. Selain sunset, wisatawan juga bisa menikmati sunrise dengan menginap di penginapan yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Penginapan ini langsung menghadap ke arah laut.

Tradisi Masyarakat Pantai

Selain wisata alam, kawasan sekitar pantai juga seringkali menjadi wisata ziarah. Hal ini karena keberadaan makam yang tidak jauh dari area pantai. Makam tersebut adalah makam Mbah Wali. Sosok tersebut adalah tokoh agama islam di Pulau Jawa yang hidup sebelum era Walisongo.

Kemudian pada setiap tahunnya masyarakat sekitar pantai selalu menggelar ritual tradisional “Petik Laut”. Acara ini adalah upacara turun temurun sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah dan keselamatan yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa. Wisatawan bisa melihat langsung prosesi acara ini. Agenda “Petik Laut” ini menjadi salah satu acara budaya di Tulungagung.

Fasilitas Pantai Popoh

Untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhan wisatawan, di sekitar pantai sudah tersedia berbagai macam fasilitas yang memadai. Beberapa diantaranya tersedia area parkir, toilet, mushola, gazebo hingga warung makan. Tersedia juga pendopo besar untuk acara pertemuan yang melibatkan orang banyak.

Lokasi Pantai Popoh

Pantai Popoh berlokasi di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Letaknya di ujung timur Pegunungan Kidul dan berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Tulungagung. Dari pusat kota Tulungagung memakan waktu sekitar satu jam berkendara.

Tanggapan:

3.8 / 5. dari 16

Berikan Rating