Beranda Tiket Wisata

PANTAI KLATAK Tulungagung: Tiket & Daya Tarik - April 2021

Pantai Klatak Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jalan Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Besuki, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66275.

Pantai Klatak merupakan salah satu pantai yang terdapat di pesisir selatan Jawa. Pantai ini termasuk dalam Kabupaten Tulungagung. Lokasinya masih sejajar dengan pantai wisata populer lainnya, seperti Pantai Gemah dan Pantai Popoh.

Usia pantai ini sebagai tujuan wisata memang belum terlalu lama. Sebelumnya pantai ini memang sulit dijamah dan merupakan kawasan perkampungan nelayan. Dengan adanya Jalur Lintas Selatan, area pantai mulai dikembangkan sebagai salah satu objek wisata. Pantai ini menawarkan pesona alami serta hamparan pasir dan bebatuan sebagai daya tariknya.

Tiket Masuk Pantai Klatak

Mengunjungi Pantai Klatak tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Dengan 5000 rupiah saja, wisatawan sudah bisa berekreasi di sini.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp5.000
ParkirRp5.000

Baca: 4 Destinasi Wisata Terbaik di Tulungagung

Jam Operasional

Sebagai destinasi wisata alam, Pantai Klatak bisa dikunjungi kapan saja. Waktu terbaik berkunjung kemari adalah saat matahari terbit atau terbenam.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Indahnya Pantai Klatak Tulungagung

dari gerbang pantai, pengunjung sudah bisa melihat laut.
Pantai Klatak adalah pantai yang berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung – Foto: Google Maps / MTsN 2 Magetan

Tidak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Tulungagung memiliki pantai-pantai cantik. Pantai-pantai ini bahkan masih dalam kondisi alami dan belum banyak terjamah. Salah satu di antaranya adalah Pantai Klatak. Pantai ini berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Jika dilihat sekilas, pantai ini tampak tidak mencolok. Hamparan pasir coklatnya memang tidak terlalu luas. Dihiasi bebatuan yang berserakan, pengunjungnya tidak seramai Pantai Popoh atau Pantai Gemah. Namun, ada daya tarik tersendiri dari pantai sederhana ini.

Baca: Pantai Kedung Tumpang Tulungagung: Tiket & Ragam Aktivitas 

Pantai Tersembunyi

memandang laut dari jembatan pelangi yang cantik
Sebelum jadi objek wisata, Pantai Klatak adalah kawasan perkampungan nelayan. Sekarang merupakan salah satu alternatif tujuan berlibur bagi warga Tulungagung dan sekitarnya – Foto: Google Maps / Pambudi Wicaksono

Sebelum ada Jalur Lintas Selatan, Pantai Klatak hanya dikenal oleh warga setempat. Biasanya kawasan pantai ini menjadi tempat nelayan mencari ikan. Lokasinya ditutupi oleh hutan sehingga tidak mudah untuk dijangkau. Pengunjung bisa saja datang kemari menggunakan perahu melalui Pantai Popoh, namun terlalu merepotkan.

Dibangunnya Jalur Lintas Selatan kemudian membuka kesempatan untuk bisa menarik wisatawan. Jalannya dibuat menyusuri area pegunungan dan perbukitan. Jika melewati dataran tinggi, laut dan pantai ini sudah bisa terlihat. Gradasi laut yang biru-kehijauan tampak cantik berpadu dengan perbukitan.

‘Klatak-Klatak’

pengunjung beristirahat di atas hamparan batu Pantai Klatak
Pantai Klatak terkenal dengan pasirnya yang berpadu dengan sebaran bebatuan. Ketika terkena terjangan ombak, air laut akan membuat bebatuan ini saling berbenturan dan menimbulkan suara ‘klatak-klatak’ yang menarik – Foto: Google Maps / mr. big

Seperti pantai Tulungagung lainnya, Pantai Klatak memiliki pasir berwarna coklat. Hamparan pasir ini memisahkan laut dengan area penduduk sekitar 1 kilometer. Yang menarik, di antara pasir dengan mudah ditemukan sebaran bebatuan. Jika dilihat dengan saksama, batu-batu ini merupakan batu yang biasanya ada di dasar sungai.

Baca: Jambooland Waterpark Tulungagung Tiket & Wahana

Ya, bebatuan ini terbawa oleh aliran sungai hingga ke pantai. Inilah dekorasi alam yang unik dan membedakan dari pantai lainnya. Ketika ombak datang dan mencapai bibir pantai, bebatuan ini akan saling berbenturan. Bunyi ‘klatak-klatak’ yang ditimbulkannya mungkin memang asal-muasal penamaan pantai ini.

Laut Tenang

wisatawan bermain ombak di area bibir pantai
Pantai Klatak adalah pantai di pesisir selatan yang tenang. Lokasinya dikelilingi oleh pagar gugusan tebing dan pulau sehingga debur ombaknya lebih bersahabat – Foto: Google Maps / Yanti Mei

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah kondisi lautnya. Pantai ini terletak di kawasan Teluk Popoh. Baik bagian barat maupun timurnya dipagari oleh gugusan bukit dan pulau. Sehingga, angin selatan yang ganas jarang bertandang kemari.

Ini menjadikan ombak di sini sangat tenang. Pantai inipun ideal sebagai tempat piknik atau bermain air laut. Wisatawan bisa berenang dengan nyaman di sini. Namun, wisatawan tetap harus memperhatikan agar tidak berenang terlalu jauh dari pantai.

Baca: GUNUNG BUDHEG Tulungagung Tiket & Daya Tarik

Gua dan Lobster

kawasan Pantai Klatak adalah tempat budidaya lobster warga setempat
Warga sekitar pantai memanfaatkan kondisi laut sebagai tambak lobster untuk mendapatkan penghasilan. Wisatawan juga bisa membawa pulang hasil laut segar lainnya dari pantai ini – Foto: Google Maps / Rahman

Di sisi barat pantai, terdapat area tebing bebatuan. Tebing ini memiliki gua kecil di salah satu dindingnya. Gua ini jadi salah satu spot favorit untuk dijelajahi. Bagus juga untuk dijadikan tempat berfoto. Ada juga sejumlah wisatawan yang sengaja datang dan memancing di area tebing ini.

Jika melihat lebih jauh lagi ke barat, terdapat banyak ‘perahu’ yang dibiarkan mengapung. ‘Perahu-perahu’ ini rupanya adalah keramba budidaya lobster. Pantai Klatak juga dikenal sebagai produsen hasil laut yang segar. Pengunjung bisa membeli ikan segar dari sini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Fasilitas

Usianya sebagai pantai wisata memang baru seumur jagung. Namun sudah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Area parkir yang cukup luas tersedia bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Mushola, toilet umum, kios , serta warung makan juga ada di sini.

Sayangnya, di sekitar pantai ini belum tersedia akomodasi penginapan. Akan sulit bagi wisatawan jika ingin bermalam di sini. Karena itulah pantai ini biasanya sekadar jadi tempat piknik sejenak bagi pengunjung.

Lokasi & Akses Pantai Klatak

Objek wisata pantai ini terletak di Dukuh Klatak, Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini bertetangga dengan Pantai Gemah. Jaraknya sekitar 39 kilometer dari Kota Tulungagung. Jika menggunakan motor, kurang-lebih dibutuhkan waktu satu jam.

Dengan patokan dari Kota Tulungagung, arahkan kendaraan menuju Boyolangu. Dari Boyolangu, belok ke kiri menuju Jalan Raya Popoh. Kemudian, arahkan kendaraan ke Jalur Lintas Selatan. Ikuti jalan hingga menemukan papan petunjuk menuju Pantai Klatak.

Kondisi jalan dari Tulungagung hingga Jalur Lintas Selatan sangat baik. Jalannya sudah beraspal meskipun rutenya cukup melelahkan. Jalannya berkelok-kelok dan dihiasi sejumlah tanjakan dan turunan yang tajam. Jalan desa menuju pantai perlu diantisipasi karena kondisinya masih kasar dan berbatu.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini