Beranda Tiket Wisata

PANTAI PULANG SAWAL Gunungkidul Tiket & Aktvitas - Oktober 2020

Pantai Pulang Sawal
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl Pantai Selatan Jawa,Tepus,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55883.

Pantai Pulang Sawal yang ada di Kecamatan Tepus bisa dicoba. Wisatawan lebih akrab dengan nama Indrayanti untuk merujuk pantai ini. Tidak hanya pengunjung lokal, wisatawan mancanegara pun terpikat dengan pesonanya. 

Tiket Masuk Pantai Pulang Sawal

Untuk menikmati keindahan Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti, pengunjung tidak perlu membayar mahal. Harga tiketnya dijamin ramah di kantong semua kalangan. Harga tiket yang sama berlaku untuk beberapa pantai lain di sekitarnya. 

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000 per orang
Parkir Roda 2Rp3.000
Parkir Roda 4 Rp5.000
Parkir BusRp20.000

Baca: 30+ Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul

Jam Buka

Objek wisata ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Di musim liburan, pantai ini dijamin padat pengunjung. Wisatawan dapat bermalam dengan beragam pilihan fasilitas akomodasi.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Liburan di Pantai Pulang Sawal

Pantai Pulang sawal dari atas bukit
Panorama pantai dan laut yang tampak dari atas Bukit Watu Gilap – Foto: Google Maps/wahyu wijayanto

Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sudah lama jadi destinasi wisata bagi pelancong Gunungkidul. Pemandangan laut serta pasir putih yang disajikan jadi daya tarik utama. 

Orang-orang lebih mengenal pantai ini dengan nama Indrayanti. Nama resmi dari pemerintah setempat sebenarnya adalah Pulang Sawal. Namun, nama Indrayanti sudah terlanjur melekat bagi wisatawan. Terlepas dari perdebatan namanya, kecantikan pantai ini memang pantas untuk dijajal.

Baca: PANTAI TIMANG Tiket Wahana & Aktivitas

Pasir Putih di Pantai Pulang Sawal

kursi-kursi dan payung pantai tempat bersantai
Bersantai di sepanjang Pantai dengan pemandangan laut yang tenang – Foto: Google Maps/Mamim Zum

Panorama Pantai Pulang Sawal yang cantik jadi alasan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Pengunjung yang datang kemari akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan pasir putih berpadu dengan laut yang biru. Bukit karang yang mengapit kedua sisi melengkapi keindahannya.

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, lautnya memang tidak terlalu tenang. Pantai ini termasuk sering diterpa angin kencang. Garis pantainya termasuk yang paling lebar di kawasan Gunungkidul. Tak jauh dari bibir pantai, jajaran kios dinaungi barisan pohon kelapa dan pohon palem.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Wisata Favorit Keluarga

area pantai pulang sawal yang luas dan nyaman
Pantai yang luas dan nyaman ramah untuk wisata keluarga – Foto: Google Maps/iben darmawan

Pantai Pulang Sawal memiliki kontur lahan yang cukup landai. Meski tidak terlalu luas, namun garis pantainya cukup lebar. Tidak seperti kebanyakan pantai di Gunungkidul lainnya, Pulang Sawal minim hamparan karang.

Karenanya, pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Arus lautnya memang cukup kencang, namun ombaknya tetap aman untuk dinikmati. Pengunjung cukup berhati-hati agar tidak bermain terlalu ke tengah laut. 

Pasir pantainya bersih dan lembut. Siapapun akan suka berjalan-jalan di sepanjang pantai ini. Anak-anak bisa bermain pasir atau mencari kerang. Jika lelah, istirahatkan tubuh di salah satu payung pantai yang tersedia di sini.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Santai di Indrayanti

Suasana kafe dan resto Indrayanti
Pengunjung bersantai di tempat duduk outdoor Restoran Indrayanti sambil menikmati suasana pantai – Foto: Google Maps/Exell Chan

Nama Indrayanti berasal dari nama sebuah restoran di kawasan pantai ini. Restoran ini sudah berdiri lama dan menjadi semacam ikon wisata. Selain restoran, Indrayanti juga merupakan kafe dengan konsep outdoor.

Lokasinya bisa dicapai dari bibir pantai. Pengunjung bisa langsung bersantai di salah satu gazebonya dan memesan makanan. Bagi para pasangan, makan malam romantis di sini bisa dijadikan bucket list. Nikmati sensasi makan di luar ruangan dengan ditemani debur ombak dan temaram lilin yang cantik.

Aktivitas Bahari

bermain jetski di pantai pulang sawal
Pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai pertama di Gunungkidul yang memiliki jasa penyewaan jetski – Foto: Google Maps/Galih Puspowardoyo

Pantai Pulang Sawal memang tidak terlalu aman untuk berenang. Ombaknya cukup besar dan arus lautnya deras. Namun, ada aktivitas seru lainnya yang bisa dijajal. 

Wisatawan dapat mencoba menyewa jetski di sini. Jangan khawatir karena wisatawan akan ditemani oleh pemandu. Fasilitas jaket pelampung pun akan diberikan. Kapan lagi bisa menikmati angin laut di atas jetski yang melaju kencang?

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Bukit Watu Gilap

Bukit Watu Gilap
Salah satu spot foto favorit, Bukit Watu Gilap yang berada di sisi barat – Foto: Google Maps/Juwardi Juwardi

Jangan sampai pulang tanpa membawa kenang-kenangan, terutama foto hasil jepretan. Jika ingin mengabadikan keindahan Pulang Sawal, Bukit Watu Gilap adalah salah satu spot terbaik. Wisatawan dapat melihat panorama seluruh pantai dari puncak bukit ini. Tidak perlu susah-susah, jalannya sudah dibuat nyaman dengan tangga yang aman, kok.

Fasilitas

Pantai Pulang Sawal alias Indrayanti merupakan objek wisata yang sudah populer dan rutin dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu, pengelolaannya pun tergolong sudah sangat baik. Area parkir, toilet, kamar mandi, ruang ganti, penginapan, serta beragam kios makanan bisa ditemukan di sepanjang pantai ini.

Dari segi keamanan, pantai ini juga menyediakan pelayanan terbaik. Seluruh kawasan dijaga oleh lifeguard atau penjaga pantai. Kebersihan pantai pun dijaga sangat ketat. Pengunjung yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan langsung kena denda berupa uang.

Lokasi Pantai Pulang Sawal

Kawasan wisata pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Lokasinya sudah sangat mudah dicapai karena akses jalan yang bagus dan memadai. Ada beberapa rute yang bisa lalui untuk menuju pantai ini.

Rute pertama yaitu Yogyakarta – Panggang – Bintaos. Rute lainnya adalah Yogyakarta melalui Wonosari ke Bintaos. Rutenya searah dengan jalan menuju Pantai Pok Tunggal.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini