Beranda Tiket Wisata

PANTAI POK TUNGGAL Tiket & Daya Tarik Oktober 2021

Pantai Pok TunggalHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Pok Tunggal, Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Kabupaten Gunungkidul yang terkenal sebagai ‘gudang’-nya pantai cantik misalnya, terdapat banyak pantai menarik. Salah satu yang sering disebut sebagai cikal bakal wisata pantai di sini adalah Pantai Pok Tunggal. Hamparan pasir pantai putih lembut serta laut yang jernih dipastikan menghipnotis siapa saja. Tentu saja, menghipnotis untuk betah berlama-lama liburan di sini!

Tiket Masuk

Biaya tiket masuk ke pantai cantik ini bisa dikatakan sangat terjangkau. Apalagi jika melihat kelengkapan fasilitas serta kondisi pantai yang bersih. Pantai Pok Tunggal sangat cocok dijadikan destinasi wisata murah-meriah untuk semua kalangan.

Harga Tiket Masuk 
Tiket Masuk Rp10.000

Baca: 25 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Yogya

Jam Buka

Wisata Gunung Kidul tutup sementara selama PPKM berlaku.

Pantai Pok Tunggal selalu terbuka untuk wisatawan setiap harinya selama 24 jam. Selain terdapat penginapan untuk bermalam, pengunjung juga boleh mendirikan tenda.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Wisata Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Pok Tunggal adalah salah satu pantai wisata populer di Gunungkidul – Foto: Google Maps/Syahrul Whydn51

Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai populer di Gunungkidul. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Posisinya sejajar dan tak jauh dari Pantai Indrayanti dan Pantai Watulawang yang tak kalah populer.

Nama Pok Tunggal berasal dari keberadaan pohon duras di kawasan pantai tersebut. Pohon jenis ini dikenal sangat sulit tumbuh di daerah pesisir. Karena hanya satu-satunya, pohon ini kemudian menjadi semacam maskot bagi pantai ini.

Yang menjadi ciri khas pantai ini adalah bentuknya yang sempit dan memanjang. Di samping itu, lokasinya yang dikelilingi bukit kapur dan karang menjadikan Pok Tunggal tampak lebih eksotis. Pantai ini cocok sebagai destinasi berbagai macam kegiatan rekreasi.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Berenang dan Bermain Ombak

Panorama dari bukit
Panorama pantai yang terlihat dari atas bukit – Foto: Google Maps/Rizki Lailatul Qoyumah

Perjalanan menuju Pantai Pok Tunggal tidak bisa dikatakan mudah. Mendekati lokasi pantai, jalan yang beraspal mulus akan berganti menjadi jalan kasar berkerikil. Jika tidak hati-hati, baik mobil maupun motor bisa tergelincir di sini.

Namun kesulitan tersebut akan terlupakan setelah tiba di pantai ini. Di balik bentangan bukit kapur, terhampar pasir putih serta lautan luas. Pasir lembut yang berkilau berbatasan dengan laut biru yang jernih. Angin laut yang lembut bertiup menghasilkan ombak yang bergulung-gulung.

Melihat pemandangan alam ini, hati siapapun pasti akan merasa tentram. Pantai yang terjaga kebersihannya ini memiliki pasir yang bersih serta laut yang jernih. Wisatawan bisa melepas penat dengan bermain ombak atau berenang di sini. Hati-hati jangan sampai terlalu jauh dari garis pantai, ya.

Baca: PANTAI GESING Tiket & Ragam Aktivitas

Payung Pelangi

Payung berwarna-warni
Payung-payung pantai beragam warna yang menghiasi pantai – Foto: Google Maps/deva wid

Pemandangan lainnya yang akan ditemui di Pok Tunggal adalah barisan payung pantai. Sejumlah payung lebar berwarna pelangi berjejer rapi di tengah hamparan pasir yang lembut. Masing-masing terbenam tegak dalam pasir seolah menantang angin laut.

Payung-payung ini merupakan fasilitas yang bisa disewa oleh wisatawan. Di bawah panas terik matahari, tentu menyenangkan berteduh di bawah naungan payung-payung ini. Apalagi jika ditemani air kelapa muda yang menyegarkan bersama keluarga atau kerabat.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Surga di Tepi Laut Selatan

Fotografi

Panorama sunset
Cantiknya sunset yang bisa disaksikan di Pok Tunggal – Foto: Google Maps/Budi Krismono

Cantiknya pemandangan di Pok Tunggal tidak hanya sebatas laut dan pantainya. Pantai ini dibentengi oleh dinding bukit kapur berukuran masif. Bukit ini seolah memisahkan pantai dengan keramaian di luar sana.

Wisatawan dapat menyusuri bukit dengan menaiki tangga yang ada. Bagi penyuka fotografi, panorama dari atas bukit mungkin terlalu sayang untuk dilewatkan. Pantai Pok Tunggal seolah dirangkul oleh barisan bukit ini agar keindahannya tetap terjaga.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Jelajah Karang

Gua karang
Dinding-dinding karang memiliki gua yang terbentuk secara alami – Foto: Google Maps/Luthfi Mulyadi

Banyaknya bukit karang di Pok Tunggal jadi arena bermain menarik tersendiri. Di sisi barat, terdapat gua-gua karang yang terbentuk secara alami. Akibat hempasan ombak, terbentuk cekungan dengan hamparan karang sebagai lantainya.

Tempat ini seru untuk dieksplorasi atau dijadikan tempat menyepi. Wisatawan bisa kemari dengan menjajaki tepian karang ketika laut surut. Perhatikan langkah kaki dan jangan sampai terhempas ombak, ya!

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Berkemah di Pantai Pok Tunggal

Camping dan berkemah di pantai pok tunggal
Area berkemah yang luas bagi wisatawan – Foto: Google Maps/Danang Dwi Prakoso

Bagi yang ingin bermalam di Pok Tunggal, beragam fasilitas penginapan tersedia di sini. Penginapan dibangun di kawasan pesisir sehingga langsung menyajikan panorama laut. Selain penginapan, ada juga homestay untuk pilihan lebih hemat.

Bagi yang ingin meyatu dengan alam, berkemah bisa jadi pilihan. Wisatawan cukup membawa perlengkapan camping dan menyewa lahan dengan harga sangat terjangkau. Pemandangan langit malam adalah hal yang wajib untuk dinikmati ketika berkemah di sini.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Fasilitas

Pok Tunggal adalah salah satu pantai komersil di Gunungkidul dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Mulai dari lahan parkir, toilet dan kamar mandi bilas umum, musholla, serta barisan warung dan kios yang dilengkapi gazebo nyaman. Di area pasir pantainya berjajar payung besar yang bisa disewa kapan saja. Bagi yang ingin bermalam, tersedia penginapan serta lahan untuk berkemah yang nyaman.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Waktu tempuh dari Wonosari sekitar 40 menit, sementar dari Yogyakarta kurang lebih 2 jam. Rute yang bisa dilalui adalah rute menuju Pantai Baron. Dari Yogyakarta, rute ini melalui Imogiri – Panggang – Saptosari – Tepus.

Di Tepus, ikuti petunjuk menuju Pantai Baron. Namun, di pertigaan sebelum Pantai Baron belokkan kendaraan ke kiri menuju Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti, ambil jalan beraspal di kiri. Pengunjung akan menemukan gerbang retribusi Pantai Pok Tunggal di jalan ini.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini