Beranda Tiket Wisata

PANTAI SERUNI Gunungkidul Tiket & Daya Tarik - Juni 2021

Pantai Seruni Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Pantai, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Banyak pantai-pantai kecil yang bisa dijajal bagi para pelancong yang menyukai suasana tenang. Pantai Seruni di Desa Tepus Gunung Kidul adalah salah satunya. Lokasi pantai ini dikelilingi perbukitan kapur. Seruni menyajikan pemandangan alam yang cantik, pantai yang bersih, serta ketenangan.

Tiket Masuk Pantai Seruni

Harga tiket masuk ke pantai-pantai di Gunungkidul relatif murah dan terjangkau. Begitu juga tiket masuk ke Pantai Seruni yang dibanderol dengan harga tak jauh berbeda. Tiket ini juga berlaku untuk memasuki pantai lainnya di kawasan selatan Gunungkidul.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000 per orang
Parkir Roda 2Rp3.000
Parkir Roda 4Rp5.000
BerkemahRp5.000 per tenda
Kamar mandiRp5.000 per orang

Baca: 30 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Yogya

 

Jam Buka

Salah satu keuntungan berwisata ke objek wisata alam adalah jam operasionalnya yang cenderung bebas. Pantai Seruni pun tidak memiliki jam operasional tertentu. Namun, jika tidak ingin bermalam maka disarankan datang ketika hari masih cerah. Ini karena akses jalannya masih minim dengan fasilitas penerangan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Bersantai di Pantai Seruni

Papan penanda pantai
Pantai Seruni berada di balik kawasan perbukitan kapur – Foto: Google Maps/Sulis Chah Talun

Pantai Seruni adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang masih jarang terjamah. Pantai ini masih termasuk dalam kawasan Desa Tepus, Kecamatan Tepus. Lokasinya bersebelahan langsung dengan Pantai Watunene. Akses jalannya masih satu jalur dengan akses ke Pantai Pok Tunggal.

Biasanya, wisatawan lebih memilih untuk ke Pantai Pok Tunggal atau Pantai Indrayanti. Selain karena lebih populer dan ramai, akses jalannya pun sudah cukup baik. Di samping itu, fasilitas yang tersedia pun sudah sangat lengkap.

Namun, sepinya kawasan pantai justru jadi daya tarik bagi kalangan wisatawan tertentu. Lokasinya yang agak menyepi seringkali dicari pelancong yang membutuhkan ketenangan. Kondisi pantainya pun masih asri dan sangat terjaga. Selain itu, masih banyak lagi keistimewaan yang tak kalah menarik.

Baca: PANTAI SEPANJANG Gunung Kidul Tiket & Daya Tarik

Dipeluk Perbukitan

Jajaran kios dengan latar bukit
Pemandangan bukit kapur yang membelakangi jajaran kios di Pantai Seruni – Foto: Google Maps/Titi Ferri

Seperti kebanyakan pantai Gunungkidul lainnya, Seruni tersembunyi di balik perbukitan kapur. Akses jalannya masih berupa jalan tanah yang mengingatkan pada situasi off road. Jika tidak berhati-hati, kendaraan apapun bisa tergelincir ketika melintasinya.

Lintasan yang menantang ini berlika-liku melewati kawasan perbukitan. Di ujung jalan, panorama laut sudah menunggu wisatawan. Pantai Seruni adalah pantai sempit yang menjorok ke dalam menyerupai teluk kecil. Di kanan-kirinya, bukit dan tebing karang melindungi dari terpaan angin laut.

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Menyepi di Seruni

area tepi pantai seruni yang bersih dan sepi
Jarang terjamah dan agak terpencil, pantai ini menawarkan ketenangan bagi pengunjungnya -Foto: Google Maps/soni seprinaldi

Sepi pengunjung bukan berarti tidak menarik. Justru karena tidak banyak terjamah, pantai ini masih dalam kondisi terbaiknya. Pasirnya halus berwarna putih kecokelatan ditimpa sinar matahari. Lautnya bergradasi hijau kebiruan karena hamparan karang di bawahnya.

Di sisi barat, terdapat bukit karang yang ditumbuhi tanaman pandan. Di bawahnya, gua-gua karang alami menunggu untuk dikunjungi. Sementara sisi timur dibentengi oleh barisan tebing. Di atas tebing ini terdapat bukit yang juga menarik untuk dijelajahi.

Bagi penyuka kegiatan di alam terbuka, berkemah di Seruni bisa jadi pilihan. Dengan biaya yang murah, pengunjung sudah bisa berkemah di sini. Ada banyak area yang aman untuk mendirikan tenda. Fasilitas kamar mandi pun sudah tersedia di sini.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Gunungkidul Tiket & Wahana Unik

Biota Laut

bersantai di atas batu karang
Pantai Seruni dihiasi oleh sebaran batu karang berbagai bentuk – Foto: Google Maps/ayahe rafif

Pantai-pantai di Gunungkidul memiliki ciri khas menarik. Selain pasirnya yang putih, terhampar formasi batu karang di garis pantainya. Area ini biasanya menjadi habitat bagi beragam makhluk laut.

Di sini, wisatawan dapat melihat ke celah karang dengan mata telanjang. Air lautnya bersih dan jernih, sehingga biota laut pun meramaikan kawasan pantai ini. Tidak hanya ikan, spesies ramput laut hingga bulu babi pun bisa ditemui.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Bukit Pantai Seruni

Melihat pemandangan dari bukit pantai seruni
Wisatawan menikmati panorama alam dari atas Bukit – Foto: Google Maps/Predi Anggoro

Di samping pantainya, Seruni juga memiliki daya tarik lain. Ialah Bukit Pantai Seruni yang berada di atas tebing sisi timur. Bukit ini jadi lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Dari sini, panorama pantai dan laut bisa terlihat sejauh mata memandang. Lahannya ditutupi hamparan rumput hijau yang nyaman. Banyak juga wisatawan yang menjadikan bukit ini sebagai lokasi berkemah. Spot ini juga merupakan spot terbaik untuk berburu foto.

Fasilitas

Meski merupakan pantai kecil yang sepi, namun Seruni sudah dilengkapi fasilitas penunjang. Pantai ini memiliki area parkir, toilet dan kamar mandi umum, warung, serta mushola. Di beberapa titik pun sudah tersebar bangku untuk bersantai yang dilindungi atap. Sayangnya, akses jalan ke pantai ini masih berupa tanah.

Lokasi Pantai Seruni

Kawasan wisata pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai di sebelah timur dan tak jauh dari Pantai Pok Tunggal. Pantai ini juga berdampingan dengan Pantai Watunene.

Seruni dapat ditempuh dari Wonosari dalam waktu kurang lebih 50 menit. Wisatawan bisa melalui rute menuju Pantai Barun melewati Imogiri – Panggang – Saptosari – Tepus. Dari Tepus, ikuti Jalan Pantai Selatan Jawa hingga pertigaan sebelum Pantai Pok Tunggal. Arahkan kendaraan ke Jalan Pantai Seruni dan ikuti terus hingga lokasi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini