Beranda Tiket Wisata

PANTAI SEPANJANG Tiket & Daya Tarik - Juni 2021

Pantai Sepanjang Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Siapa sangka, ternyata Yogyakarta pun punya “Kuta”-nya sendiri Ialah Pantai Sepanjang, salah satu pantai di Kabuaten Gunungkidul. Daerah yang satu ini memang memiliki koleksi pantai cantik yang tak terhitung jumlahnya. Bahkan pantai ini digadang-gadang sebagai ‘Kuta Tempo Doeloe‘. Memang, pesona seperti apa yang ditawarkan pantai ini?

Tiket Masuk Pantai Sepanjang

Untuk memasuki area pantai, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Begitu pula dengan tarif parkirnya yang terjangkau semua kalangan. Pantai Sepanjang bisa jadi alternatif destinasi wisata pantai komplet yang murah-meriah.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Parkir Roda 2Rp3.000
Parkir Roda 4Rp5.000

Baca: 30 Objek Wisata Terbaik di Gunungkidul Yogya

Pesona Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang
Pantai Wisata Sepanjang terletak di Kemudang, Tanjungsari, Gunungkidul – Foto: Google Maps/Yunik Lailatul Muslikhah

Selaras dengan namanya, Sepanjang memang memiliki garis pantai yang panjang. Pantai ini bahkan salah satu pantai dengan garis terpanjang di Kabupaten Gunungkidul. Lokasi tepatnya berada di Jalan Sepanjang, Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Luasnya pantai mungkin juga jadi alasan kemiripannya dengan Pantai Kuta.

Berbeda dengan pantai di Bali tersebut, Pantai Sepanjang menawarkan daya tarik penuh kearifan lokal. Di sekitar pantai berpasir putih itu, bangunan akomodasi modern sangatlah minim. Kondisi alamnya masih sangat terjaga, dengan barisan pohon palem dan rimbunan pohon pandan.

Di sepanjang pantai, berjajar kios dan warung makan berbentuk sederhana. Kebanyakan masih beratapkan daun palem kering. Semua kesederhanaan ini tampak berbaur dengan suasana pantai yang tenang. Berlibur ke Sepanjang akan memberikan warna berbeda bagi wisatawan.

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Suasana Laut

Panorama pantai
Jajaran kios dan keramaian wisatawan yang sedang bermain di tepi pantai – Foto: Google Maps/Dhimas Shores

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, laut di Sepanjang cukup diramaikan oleh gulungan ombak. Pantainya landai dan nyaman sebagai area bermain maupun jalan-jalan santai. Lautnya tampak biru dari kejauhan, menandakan kondisinya yang belum banyak tercemar.

Ketika sedang agak surut, Pantai Sepanjang menyajikan pemandangan istimewa. Hamparan batu karang menghiasi pertemuan antara pasir dan laut. Air laut yang jernih akan menampilkan warna hijau kehitaman dari batu karang. Pemandangan ini tentu saja menambah kecantikan area sekitar pantai.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Gunungkidul Surga di Tepi Laut Selatan

Berburu Kerang

Hamparan pasir putih
Berburu kerang adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini – Foto: Google Maps/Nicholas PW

Lantai batu karang yang terhampar di sepanjang garis pantai dapat menjadi wahana berburu kerang. Celah-celah karang dapat terlihat oleh mata telanjang karena lautnya yang bersih. Di sanalah berbagai makhluk laut kecil biasanya berdiam.

Bebatuan karang ini seringkali dijadikan lahan berburu kerang yang mengasyikkan bagi wisatawan. Selain kerang-kerang cantik, ada juga ikan-ikan kecil hingga rumput laut. Namun, wisatawan juga perlu waspada terhadap kehadiran ubur-ubur di kawasan ini. Jika tidak hati-hati, ubur-ubur bisa memberi sengatan yang cukup berbahaya.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Spot Foto Cantik

Spot foto menarik
Salah satu spot foto yang ada di tepi pantai – Foto: Google Maps/Yunik Lailatul Muslikhah

Hal lain yang menjadi daya tarik Pantai Sepanjang adalah kehadiran spot-spot fotonya. Di sepanjang pantai, tersebar beberapa spot berfoto yang cantik. Rupanya bermacam-macam, mulai dari bangku kayu yang didekorasi, hingga lengkung bunga.

Dengan adanya spot foto ini, pengunjung mendapatkan variasi yang menarik. Pengunjung dapat berfoto berlatarkan laut dengan tambahan dekorasi cantik. Asyiknya, titik-titik swafoto ini tidak dipungut biaya sama sekali, lho.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Aktivitas Seru

Apa lagi yang bisa dilakukan di pantai kalau bukan aktivitas olahraga. Luasnya Sepanjang membuat wisatawan dapat bergerak dengan leluasa. Ada banyak ruang untuk bermain ombak hingga bermain layangan.

Olahraga di pantai, kenapa tidak? Wisatawan dapat bermain bola atau voli pantai di sini. Konturnya landai dan pasirnya lembut, membuat kaki nyaman untuk bergerak kesana-kemari.

Kuliner dan Suvenir Pesisir

Menu seafood yang bisa dinikmati
Wisata kuliner di Pantai Sepanjang dengan beragam pilihan restoran dan warung makan – Foto: Google Maps/Guntur Sarwohadi

Di sepanjang pantai, terdapat banyak kios dan kedai yang bisa dikunjungi. Restoran dan warung makan hasil laut dengan mudah ditemui di sini. Wisatawan bisa menikmati seafood dengan suasana yang berbeda-beda. Bisa dengan lesehan di gazebo atau duduk beratapkan langit.

Sebelum pulang dari Sepanjang, ada beberapa suvernir yang bisa ditengok. Penduduk sekitar berkreasi dengan kerang-kerang yang bisa ditemukan di kawasan pantai. Bahan ini dijadikan berbagai kerajinan tangan yang menarik. Aksesoris hingga hiasan rumah bisa didapatkan dengan harga yang bervariasi.

Baca: Pantai Ngrumput Area Berkemah Paling Asik

Pilihan Akomodasi

Suasana matahari terbenam
Pemandangan matahari terbenam – Foto: Google Maps/Bagus L Pradipta

Ingin menikmati sunset tanpa takut pulang kemalaman? Tersedia berbagai pilihan akomodasi yang beragam di sini. Wisatawan tinggal memilih sesuai selera, apakah ingin homestay, penginapan, atau berkemah. Hampir semua akomodasi berada di kawasan pantai serta mudah dijangkau.

Fasilitas

Berwisata ke pantai ini, wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan perihal fasilitas. Pantai ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang. Fasilitas untuk kebutuhan dasar seperti area parkir, toilet umum, dan mushola sudah pasti tersedia. Warung makan, kios suvenir, penginapan, dan homestay pun tidak sedikit jumlahnya.

Lokasi Pantai Sepanjang

Objek wisata pantai ini membentang di tepi Jalan Sepanjang, Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Waktu tempuh dari pusat Kota Yogyakarta ke pantai ini kurang lebih 2 jam dengan kendaraan pribadi. Wisatawan dapat melalui rute ke Wonosari atau Panggang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

  1. memang gak ada bosennya kalo membahas tentang wisata pantai ya… makasih travelspromo.com sudah mengulas salah satu wisata pantai di Jogja ini…

Comments are closed.