Beranda Tiket Wisata

PANTAI NGETUN Tiket & Daya Tarik - November 2020

Pantai Ngetun
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sureng, Purwodadi,Tepus,Gunung Kidul,DI Yogyakarta,Indonesia,55881.

Sebut saja Pantai Ngetun, teluk sempit yang diisi oleh pantai memukau. Hamparan pasir putih dan ombaknya yang ramah siap menyambut wisatawan. Ngetun juga dikenal sebagai destinasi favorit untuk berkemah di pesisir pantai. Keelokan panorama dari puncak bukit karangnya pun terlalu sayang jika dilewatkan.

Tiket Masuk Pantai Ngetun

Untuk dapat menikmati keindahan alamnya, tidak ada biaya yang dikenakan bagi pengunjung. Selain tiket parkir kendaraan, siapa saja bebas menyambangi pantai ini. Asalkan tetap menjaga kebersihan dan tidak berperilaku serampangan hingga merusak alam.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
Parkir Roda 2Rp3.000
Parkir Roda 4Rp5.000

Baca: 25 Tempat Wisata Pilihan di Gunung Kidul

Jam Buka

Pantai Ngetun juga salah satu wisata alam yang tidak memberlakukan jam operasional. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja, 24 jam. Disarankan pergi di pagi atau siang hari karena akses jalan akan sulit dilewati ketika malam hari karena minimnya penerangan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Pantai Ngetun yang Eksklusif

Teluk kecil di balik bukit
Pantai Ngetun dilihati dari Puncak Watu Gentong tampak seperti teluk kecil – Foto: Google Maps/Nandar Kuo

Pantai Ngetun disebut juga Ngitun, yang berarti ‘mengintip’ dan ‘mengirim’. Nama ini mengibaratkan wisatawan yang mengintip pantai tersebut dari balik bukit. Kabar tentang keberadaaan pantai ini kemudian dikirimkan atau disebarluaskan ke masyarakat.

Hal tersebut tampaknya memang sejalan dengan kenyataan. Pantai Ngetun tersembunyi di balik perbukitan. Awalnya tidak banyak orang yang tahu tentang pantai indah ini. Seiring berjalannya waktu, dengan bantuan teknologi media sosial, pantai ini semakin populer.

Seperti pantai di selatan Gunungkidul lainnya, Pantai ini juga dihimpit bukit karang. Sehingga, bentuknya menyerupai replika sebuah teluk. Pantai sempit ini dihiasi hamparan pasir putih lembut serta batu karang. Keberadaan Ngetun bisa dikatakan seperti oase di balik perbukitan.

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Membelah Bukit

Untuk menuju ke Pantai Ngetun memang gampang-gampang susah. Lokasinya mungkin lebih mudah ditemukan jika menyusuri jalur pantai selatan. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Parangtritis dan sebelah barat Pantai Wediombo.

Jika berangkat dari Yogyakarta dan sekitarnya, rute perbukitan jadi pilihan. Setelah melewati kawasan pedesaan, wisatawan akan menjajaki daerah perkebunan. Jalan ini membelah perbukitan dengan pemandangan kebun dan sawah yang hijau. Hati-hati karena jalan akan semakin sempit dan sulit dilalui ketika mendekati lokasi pantai.

Baca: Bukit Paralayang Watugupit Tiket & Aktivitas Wisata

Teluk Kecil

Di ujung jalan inilah terdapat Pantai Ngetun. Sebenarnya, dari balik bukit pun lautan sudah tampak dengan jelas. Untuk menuju pantai, pengunjung harus berjalan sedikit menuruni bukit.

Pantai Ngetun merupakan tipikal pantai pasir putih Yogyakarta. Formasi batu karang membatasi area pasir dengan laut. Terdapat sebuah batu karang besar yang berdiri kokoh di tengah-tengah. Batu karang ini rupanya jadi semacam monumen atau ciri khas bagi Pantai Ngetun.

Jika melihat ke sekeliling, tebing karang yang kokoh melingkupi kawasan pantai kecil ini. Pepohonan hijau yang rimbun tumbuh di sekitar pantai, menyediakan banyak ruang untuk berteduh. Gulungan ombaknya tidak terlalu besar dan cocok untuk jadi teman bermain.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Tiket & Wahana Unik

Berkemah di Pesisir

Berkemah di pantai
Pengunjung mendirikan tenda tak jauh dari laut – Foto: Google Maps/Muchammad Dicky Ubaidilah

Suasana yang tenang merupakan salah satu daya tarik utama pantai ini. Semilir anginnya lembut dan menenangkan. Wisatawan dapat mendirikan tenda dan berkemah di sini.

Jarak dari area kering hingga ke laut cukup jauh. Meski tidak terlalu landai, namun pantai ini aman dijadikan tempat berkemah. Tidak ada biaya tambahan yang dibebankan, wisatawan hanya perlu menjaga kebersihan selama di sini.

Baca: Pantai KRAKAL Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Kegiatan Bahari

Hamparan batu karang
Batu karang yang bertebaran merupakan habitat makhluk laut seperti ikan hingga lobster – Foto: Google Maps/geane deanda

Formasi batu karang di pantai ini cukup luas. Di antara bebatuan ini, terdapat beberapa jenis ikan yang hidup. Pengunjung dapat menangkapnya dengan menggunakan alat pancing atau langsung dengan tangan.

Ketika masih sepi pengunjung, area pantai menjadi habitat bagi penyu dan lobster. Area batu karang jadi tempat tinggal lobster yang ideal. Sementara para penyu biasanya menyimpan telur di daerah berpasir. Saat ini keberadaan mereka sulit terlihat karena banyaknya kunjungan wisatawan.

Baca: Pantai Sedahan Pesona Pasir Putih & Ragam Aktivitas

Puncak Watu Gentong

Dari puncak bukit
Pemandangan tabing karang yang diterpa ombak terlihat dari Puncak Watu Gentong – Foto: Google Maps/Affin Hoshi Mustadzafin

Pengunjung juga bisa menaiki bukit karang di sekitar pantai. Lokasi yang cukup populer adalah Puncak Watu Gentong yang berada di bukit sebelah timur. Untuk menuju kemari, wisatawan hanya perlu berjalan kaki mengikuti jalan setapak menanjak.

Di puncak bukit ini, terdapat sebuah batu besar yang bentuknya menyerupai gentong. Batu ini tampak kokoh meski terletak di tepi jurang. Dari puncak bukit ini, pengunjung dapat melihat pemandangan sejauh 360 derajat. Bentuk tebing karang yang berlekuk indah akan terlihat dengan jelas dari sini.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Surga di Tepi Laut Selatan

Surga Sunset di Pantai Ngetun

Matahari terbenam di Ngetun
Cantiknya sunset di Pantai Ngetun – Foto: Google Maps/Alvi busmania

Pantai Ngetun adalah lokasi yang tepat untuk memburu matahari terbenam. Ketika senja tiba, matahari yang tenggelam terlihat dengan jelas dari pantai maupun bukit. Keindahan pemandangan ini membuat Pantai Ngetun seringkali menjadi lokasi foto pre-wedding karena suasana romantisnya.

Fasilitas

Tiket masuk cuma-cuma bukan berarti pantai ini tidak dilengkapi fasilitas yang menunjang. Tak jauh dari pantai, terdapat lahan parkir kendaraan, sejumlah warung, toilet dan kamar mandi umum, serta musholla. Semua fasilitas ini dikelola oleh penduduk sekitar.

Lokasi Pantai Ngetun

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Rute jalan dari Yogyakarta bisa melalui Wonosari kemudian ke Bintaos, atau dari Wonosari ke Semanu. Patokan jalan ke Pantai Ngetun adalah SD Negeri Tepus IV. Jalannya semakin sempit dan tidak beraspal saat mendekati lokasi pantai, tidak memungkinkan jika menggunakan bus kemari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini