PINTU LANGIT SKYVIEW Tiket, Aktivitas & Lokasi - Juli 2024

Pintu langit Skyview

Jalan Dieng, Dusun Sidorejo, Desa Tieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah , Indonesia, 56354
  • Harga: Rp15.000
  • Jam Buka: 04.30 - 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: -

Pintu Langit Skyview merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan lanskap lembah Kabupaten Wonosobo. Tempat wisata di ketinggian 1.800 mdpl ini berselimut udara sejuk dan dingin khas dataran tinggi Dieng.

Untuk menikmati keindahan alam sekitar, terdapat spot-spot foto selfie di sini. Dengan harga tiket terjangkau, tempat wisata ini bisa jadi destinasi murah-meriah yang mengasyikkan di hari libur. 

Harga Tiket Masuk Pintu Langit Skyview

Masuk ke Pintu Langit Skyview tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena cukup dengan membayar tiket masuk seharga 15 ribu per orang, pengunjung bisa menikmati semua fasilitasnya. Harga ini belum termasuk tiket parkir kendaraan.

Jam Buka Pintu Langit Skyview

Menikmati keindahan alam di Pintu Langit Skyview bisa dimulai sejak subuh hingga malam. Tepatnya mulai pukul 04.30 pagi hingga 20.00 malam. Waktu terbaik untuk melihat golden sunrise adalah di bulan April. Sedangkan pengunjung yang ingin melihat lautan awan sebaiknya datang setelah hujan. 

Pintu Langit Skyview

Matahari terbit di Pintu Langit Skyview
Langit berwarna oranye dan siluet Sindoro kala matahari terbit – Foto: Gmaps/Caesar Augustino

Daerah Wonosobo selalu memikat dengan keindahan alamnya. Berada di kawasan dataran tinggi dengan pegunungan yang mengelilingi. Tidak heran jika daerah ini menyimpan banyak hidden gem wisata alias tempat rekreasi yang belum banyak tereksplorasi. Salah satunya mungkin adalah Pintu Langit Skyview yang berada satu kawasan dengan Gardu Pandang Tieng. 

Kawasannya berupa area puncak perbukitan yang berubah menjadi taman spot foto kekinian. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Gunung Sindoro dari kejauhan.

Aneka spot fotonya membuat wisatawan dapat mengabadikan keindahan gunung itu dengan berbagai cara kreatif. Setiap sudut berfoto memiliki latar Gunung Sindoro yang megah dengan jelas.

Gardu Pandang Tieng

Cara berkunjung ke Pintu Langit Skyview adalah dengan menuju objek wisata Gardu Pandang Tieng. Penyuka jalan-jalan di Wonosobo tentu sudah tidak asing dengan tempat ini. Ini adalah tempat wisata dengan menara gardu pandang dan restoran dengan suasana sejuk dan adem. 

Gardu Pandang Tieng adalah objek wisata gratis. Siapa saja boleh menaiki gardu untuk menikmati pemandangan sekitar. Di sisi utara area parkirnya, terdapat gerbang kecil menuju Pintu Langit Skyview. Dari sinilah wisatawan bisa memasuki kawasan wisata ini.

View dari Ketinggian

nightview, lightscape di Pintu Langit Skyview
Indahnya suasana malam hari – Foto: Gmaps/Pintu Langit Super view golden sunrise

Pintu Langit Skyview adalah taman yang menempati lahan terasering di perbukitan kawasan Kejajar, Wonosobo. Areanya berupa lahan berundak dengan banyak akses tangga.

Akses jalan ini tentunya kurang ramah untuk dilalui dengan kursi roda. Sehingga, pengunjung pengguna kursi roda atau disabilitas hanya bisa mengeksplorasi tempat ini dari sekitar gerbang masuk saja.

Daya tarik utama tempat wisata ini sudah jelas view langitnya. Dari spot wisata ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit, matahari terbenam, lautan awan, hingga fenomena golden sunrise.

Bagi pecinta suasana tenang dan syahdu di ketinggian, tempat ini adalah destinasi healing yang tepat. Pastikan membawa ponsel dengan kamera terbaik atau kamera kualitas tinggi untuk menangkap keindahan alam di sini sepuasnya.

Area Santai dan Lesehan

golden sunrise di Pintu Langit Skyview
Fenomena yang banyak ditunggu, golden sunrise dan lautan awan – Foto: Gmaps/OXC boy

Dari gerbang masuk dan loket tiket, pengunjung akan mengarah ke area bersantai berupa teras terbuka. Teras ini memiliki area duduk berupa bangku dan meja kayu melingkar. Di sisi lain, terdapat sudut untuk lesehan yang unik.

Sudut lesehan ini dibuat untuk penggunaan terbatas karena ukurannya tidak terlalu luas. Berlapis rumput golf lembut serta dilengkapi bean bag untuk berleha-leha. Tidak lupa atap untuk melindungi dari terik matahari di siang hari. Baik meja-kursi maupun tempat lesehan tersaji pemandangan Gunung Sindoro nan memukau.

Sedikit bergeser, terdapat balkon dengan tulisan ‘Pintu Langit Skyview’ berukuran besar. Landmark ini bisa jadi spot foto pertama sebagai pembuka wisata selfie di sini.

Spot Foto

spot foto pigura langit
Berfoto dengan latar gunung di spot foto Pigur Langit – Foto: Gmaps/sohib nurrohman

Eksplorasi spot foto di Pintu Langit Skyview bisa dimulai dari Jembatan Kaca. Spot ikonik ini akan menyambut pengunjung tak jauh dari area gerbang masuk. Jembatan beton ini memiliki anjungan yang cukup panjang. Cukup menantang bagi wisatawan yang mungkin takut ketinggian.

Pengunjung bisa turun ke area bawah taman untuk menyambangi spot lainnya. Ada titik singgah berupa bangku dan tempat duduk di setiap turunannya.

Spot selanjutnya adalah Pigura Langit, sebuah pigura berukuran raksasa dengan warna emas. Pigura ini menangkap pemandangan Gunung Sindoro di kejauhan dengan sempurna.

Sedikit ke bawah lagi, wisatawan bisa menyambangi spot Jembatan Merah. Spot ini juga menghadap langsung ke arah gunung. Di area yang sama, terdapat spot foto berbentuk Balon Udara. Instalasi ini selalu menjadi rebutan dan tak pernah sepi wisatawan.

Selain Gunung Sindoro, wisatawan juga bisa menangkap pemandangan lainnya bersama deretan instalasi foto tersebut. Pemandangan sunrise dan sunset adalah yang wajib dinikmati setidaknya sekali ketika di sini.

Jika ingin mendapatkan yang lebih istimewa, coba kunjungan pada bulan April untuk hunting fenomena golden sunrise yang menawan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap misalnya area parkir, toilet umum, musala, kafe, tempat duduk, dan aneka spot foto kekinian yang Instagrammable.

Lokasi Pintu Langit Skyview

Pintu Langit Skyview berada di Jalan Dieng, Dusun SIdorejo, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. Pintu masuknya berada di lahan parkir area wisata Gardu Pandang Tieng.

Lokasinya berada di utara Wonosobo dan berjarak sekitar 30 menit berkendara. Akses jalan sudah baik untuk jalur motor dan mobil meskipun agak sempit dan penuh tanjakan.

Ulasan Pembaca

4.5 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *