Gardu Pandang Tieng Harga Tiket: Rp2.000 - Rp16.000 Jam Buka: 05.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Dieng, Sidorejo, Tieng,Kejajar,Wonosobo,Jawa Tengah,Indonesia,56354.

Berlibur di Wonosobo adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Tujuan utamanya dimana lagi jika bukan di Dieng. Selain Telaga Warna yang dimiliki Dieng, ternyata ada tempat indah lainnya, yaitu Gardu Pandang Tieng.

Tieng adalah nama sebuah desa yang ada di Dieng. Lokasinya masih berada di kompleks wisata dataran tinggi Dieng. Desa ini terkenal karena keindahan alam yang disuguhkannya.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Tieng

Sebenarnya, untuk masuk ke kawasan wisata ini tidak dikenakan biaya. Namun, pengunjung harus membayar tiket karena memasuki kawasan wisata. Bahkan, jangan kaget karena akan ditagih beberapa kali untuk biaya masuk kawasan.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Tieng
Retribusi PengunjungRp2.000
Retribusi KendaraanRp1.000
Karcis Terusan Kawasan WisataRp16.000
ParkirRp3.000

Jam Buka Gardu Pandang Tieng

Waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi Desa Tieng adalah di pagi hari. Karena pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbit. Beruntungnya, tempat wisata ini sudah dibuka sejak pukul 5 pagi.

Jam Operasional
Setiap hari05.00 – 18.00

Baca: Wisata Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata

Menikmati Indahnya Pemandangan dari Desa Impian Tieng

Pemandangan Indah Pegunungan dan Perkebunan dari Gardu Pandang Tieng. Foto: Gmap/ricky herawan

Desa Tieng berada di ketinggian kurang lebih 1.800 mdpl. Hal tersebut membuat objek wisata nan indah ini sangat sejuk. Tak heran, sesekali juga diselimuti oleh kabut yang menandakan dinginnya udara sekitar.

Gardu Pandang Tieng adalah tempat yang tepat untuk dapat menikmati keindahan landscape pedesaan. Dari Gardu Pandang ini, pengunjung dapat melihat indahnya gunung dan pegunungan yang berjajar. Ditambah dengan landscape perkebunan sayur yang berundak-undak.

Baca: Kawah Sikidang Dieng Tiket & Pesona

Tak hanya pemandangan alam, pemukiman penduduk pun tak luput dari keindahan. Rumah – rumah berjajar dengan rapi, tersusun membentuk suatu jajaran nan indah. Pengunjung pun dapat melihat penduduk yang sedang beraktivitas di kebun dari kejauhan.

Matahari Terbit dari Gardu Pandang Tieng

matahari terbit sunrise dari gardu pandang tieng
Golden Sunrise dari Gardu Pandang Tieng. Foto: Gmap/Siswana Purwadi

Berada di ketinggian 1.800 mdpl membuat pengunjung semakin dekat dengan pemandangan langit. Tak heran, kawasan perbukitan ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Jika datang sangat awal, maka pengunjung dapat menyaksikan keindahan itu.

Golden Sunrise, begitulah orang – orang menyebut matahari terbit dari area wisata ini. Dari sini, pengunjung dapat menyaksikan silhouette keemasan yang memukau ketika matahari terbit. Begitu indahnya memecah kabut yang sedari malam menyelimuti.

Baca: Bukit Sikunir Dieng Tiket & Aktvitas

Mentari mulai menyingsing, sinarnya mulai memasuki setiap celah pepohonan. Pepohonan rimbun yang gelap seolah menutup diri, mulai membuka mata karena terpaan sinar mentari. Sungguh pemandangan yang begitu indah, dan tepat sekali jika pengunjung mengabadikannya dengan berfoto.

Negeri di atas Awan

Pemandangan bak negeri di atas awan
Kabut Tipis yang mulai menghilang seiring dengan datangnya mentari. Foto: Gmap/Faisal Kamal

Meski dibuka pukul 5 pagi, namun sudah ada wisatawan yang datang sejak subuh. Tentunya, mereka tidak hanya ingin menyaksikan Golden Sunrise saja, tapi juga kabutnya. Kabut – kabut yang menyelimuti alam sangatlah tebal.

Berada pada area Gardu Pandang membuat pengunjung merasa berada di negeri di atas awan. Oleh karena itu, penting memperhatikan cuaca sebelum berkunjung ke objek wisata ini. Jika ingin memperoleh pemandangan yang menakjubkan.

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

Saat cerah, pengunjung akan mendapatkan pemandangan negeri di atas awan dan Golden Sunrise. Berbeda jika sedang mendung, karena yang ada hanyalah kabut. Namun untuk menghibur diri, setidaknya pengunjung dapat menikmati segarnya udara di puncak Tieng.

Wisata Kuliner

Selain menyaksikan pemandangan indah, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner khas Dieng. Makanan dan minuman hangat banyak disajikan oleh penjaja makanan. Sambil menyaksikan matahari terbit, dapat sambil menikmati kuliner yang menghangatkan tubuh.

Satu minuman khas berupa kopi yang disajikan di sini adalah Purwaceng. Purwaceng merupakan tumbuhan khas Dieng yang dijadikan minuman dan biasanya diseduh. Purwaceng pun dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Fasilitas

Berada di alam tidak membuat objek wisata ini minim fasilitas. Selain penjaja makanan, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas toilet dan area parkir. Karena dingin, tak heran jika akan banyak pengunjung yang membutuhkan toilet.

Lokasi Gardu Pandang Tieng

Kawasan wisata ini berada di Jalan Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dari pusat Kota Wonosobo hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Dan tak lama, pengunjung akan sampai di bangunan yang berbentuk gazebo ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here