Telaga Menjer
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Maron,Garung,Wonosobo,Jawa Tengah,Indonesia,56353.

Wonosobo terkenal sebagai daerah di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan indah. Apalagi, kabupaten ini semakin tersohor karena adanya dataran tinggi Dieng yang penuh pesona. Selain Dieng, ternyata ada sebuah telaga yang luput dari wisatawan, yaitu Telaga Menjer.

Keberadaan tempat wisata yang terkesan tersembunyi membuat tak banyak wisatawan datang ke sini. Padahal, alam Telaga Menjer begitu indah memanjakan mata. Lingkungan yang masih sangat asri menjadi penyejuk siapapun yang datang ke sini.

Sejarah Telaga Menjer

Telaga Menjer terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja pada masa lalu. Sebelum terjadi letusan, dulunya danau ini hanyalah mata air kecil. Yang kemudian akan melebar ketika turun hujan.

Di tahun 1980, Telaga sempat dikuras karena ada kecenderungan kebocoran bagian bawah. Kemudian, didatangkan tenaga ahli dari Rusia untuk menanganinya. Selanjutnya, dibangun PLTA dengan bantuan tenaga ahli Jepang.

Sementara menurut masyarakat, dulunya danau ini ditemukan oleh orang dari Desa Menjer. Sehingga disebutlah Telaga Menjer, yang mana sebenarnya berlokasi di Desa Maron.

Harga Tiket Masuk Telaga Menjer

Untuk memasuki objek wisata nan indah ini, pengunjung dikenakan biaya masuk yang murah. Tidak ada harga pembeda untuk hari biasa maupun akhir pekan. Termasuk juga, tidak ada pembeda untuk harga dewasa maupun anak – anak.

Harga Tiket Masuk Telaga Menjer
Harga Tiket MasukRp5.000
Wahana Perahu untuk DewasaRp15.000
Wahana  Perahu untuk AnakRp10.000
Sewa Perahu Getek Kapasitas 10 – 12 OrangRp100.000

 

Baca: Telaga Warna Dieng Tiket & Pesona

Jam Operasional Telaga Menjer

Kawasan objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun, alangkah baiknya jika pengunjung datang di pagi hari. Karena di sore hari, biasanya kabut akan turun sehingga pemandangan tidak terlihat jelas.

Jam Buka
Setiap Hari24 jam

Pesona Alam Wisata Telaga Menjer

Keindahan Pesona Alam Telaga Menjer
Keindahan Pesona Alam Telaga Menjer. Foto: Google Maps/Doddy Hananto

Tempat wisata alam ini berada di ketinggian 1.300 mdpl. Tak heran, objek wisata dengan luas 70 hektar ini begitu sejuk udaranya. Sejuknya udara menjadi tempat yang pas untuk refreshing menyegarkan pikiran.

Telaganya sendiri masih sangat asri, dengan air yang begitu jernih. Telaga dengan kedalaman mencapai 45 meter itu memantulkan benda apapun yang ada di sekitarnya. Bak cermin raksasa alami yang menghampar di alam bebas.

Baca: Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata

Pengunjung juga dapat menyaksikan indahnya hamparan bukit hijau di sekitarnya. Seolah menjadi benteng bagi keindahan telaga ini. Ditambah lagi, pepohonan pinus yang tumbuh rimbun di sekeliling telaga.

Dimanjakan dengan Alam yang Memukau

keindahan perbukitan di sekitar telaga menjer
Panorama Keindahan Alam di sekitar danau. Foto: Gmap/Juli Anto

Di sepanjang perjalanan menuju objek wisata, pengunjung akan disuguhi pemandangan memukau. Pepohonan berjajar yang begitu indah, seperti menyapa kedatangan wisatawan. Ditambah lagi, pemandangan pedesaan yang dapat dilihat dari atas sini.

Sayangnya, tidak banyak wisatawan yang tahu mengenai objek wisata ini. Dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang datang. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu ramai.

Baca: Batu Pandang Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktvitas

Hal ini terjadi karena lokasi telaga yang cukup tersembunyi. Dikelilingi oleh perbukitan, yang justru membuatnya lebih misterius.

Berkeliling Telaga dengan Perahu

berkeliling danau menggunakan perahu
Mengelilingi danau dengan Naik Perahu. Foto: Gmap/Ghina Rosdiani

Di sini, terdapat jajaran perahu yang dapat disewa oleh pengunjung. Berkeliling menikmati indahnya alam dari permukaan air. Menikmati semilir angin sejuk yang menenangkan.

Selama kurang lebih 30 menit, pengunjung akan diajak untuk mengitari telaga. Menyaksikan hamparan air tenang yang siap dibelah oleh perahu. Melewati semak belukar dan pepohonan pinus yang begitu indah.

Baca: Kawah Sikidang Dieng Tiket & Pesona

Jika beruntung, pengunjung akan bertemu dengan kawanan monyet yang tengah bermain. Pengemudi perahu akan memperlambat laju perahu ketika mendekati kawanan monyet. Siapkan kamera untuk mengabadikan tingkah lucu dari monyet – monyet tersebut.

Memancing di Alam Bebas

Selain sebagai objek wisata dan PLTA, Telaga Menjer juga digunakan sebagai tambak ikan. Masyarakat memanfaatkan air telaga alami ini sebagai penangkaran ikan.

Tak hanya itu, Pengunjung juga dapat memancing di telaga ini. Bagi yang gemar memancing dapat membawa peralatan pancingnya untuk berburu ikan di sini.

Fasilitas

Sebagai objek wisata, Telaga Menjer belum menyediakan fasilitas yang memadai. Bahkan, masih terkesan apa adanya dan kurang dikelola dengan baik. Sehingga, pengunjung dapat mempersiapkan sendiri perbekalan ketika berkunjung ke sini.

Lokasi Telaga Menjer

Kawasan Objek Wisata alam ini terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Jaraknya kurang lebih 12 km dari Kota Wonosobo. Untuk menuju ke sini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Dieng.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,60 | 20 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini