Beranda Tiket Wisata

PULAU SEBIRA Sangat Asri Di Utara Kepulauan Seribu - Agustus 2022

0
Harga Tiket Masuk Pulau Sebira : GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, 14530

Di ujung utara Kepulauan Seribu, terdapat sebuah pulau yang cantik dan masih asri yaitu Pulau Sebira. Ada juga yang menyebutnya dengan Sabira, dan Sang Penjaga Utara. Penyebutan ini tak lepas dari lokasinya yang berada di paling ujung utara Kepulauan Seribu. Untuk mencapainya dengan kapal biasa memakan waktu 7 hingga 8 jam.

Meski terletak paling jauh, pulau ini menjadi salah satu pulau yang padat penduduknya. Kebanyakan wisatawan yang datang adalah mereka yang sudah pernah mengunjungi pulau lain di Kepulauan Seribu. Tak hanya itu, meskipun tidak menjadi tujuan utama wisata, namun tempat ini begitu ramah wisatawan. Banyak daya tarik yang dapat dinikmati di pulau ini.

Harga Tiket Masuk Pulau Sebira

Pulau Sebira tidak menetapkan tarif masuk, karena fokus utama pulau ini bukanlah pariwisata. Wisatawan hanya perlu membayar tarif perahu yang membawa ke pulau ini. Kemudian jika menginap, dikenakan tarif sesuai penginapan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 14 Aktivitas Seru di Pulau Seribu Jakarta

Jam Buka Pulau Sebira

Jam operasional di pulau ini pun tidak ditetapkan. Wisatawan dapat datang kapan saja ke pulau ini. Berbagai aktivitas pun dapat dilakukan mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Berkeliling di Pulau dengan Rumah Unik Suku Bugis

Pemandangan Indah di Pulau Sebira
Pemandangan Indah di Pulau Sebira. Foto: Gmap/Adhiari Subekti

Pulau Sebira memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di alam seluas 8,8 hektar ini, wisatawan dapat menyaksikan keindahan pantai memukau. Air laut yang jernih, dengan ombak yang tenang, serta pasir putih yang halus di tepiannya. Membuat siapa pun tak akan ingin segera beranjak dari tempat tersebut.

Tampak di dermaga, perahu-perahu nelayan dan perahu wisatawan terparkir. Bergoyang perlahan karena aliran air, dan sesekali terantuk satu sama lainnya. Keunikan lain yang dapat dinikmati tidak hanya bentang alamnya, namun juga penduduknya. Sebagian besar penduduk di pulau ini adalah suku Bugis.

Sehingga banyak terlihat rumah-rumah khas rumah Bugis. Dengan ciri rumah panggung kayu dengan lorong di bawahnya. Namun kini, banyak juga yang membangun rumah tembok pada umumnya, karena bahan baku kayu sulit didapat. Masyarakat lain yang mendiami pulau ini berasal dari Jakarta, Sunda, Riau, dan Lampung.

Baca: PULAU TIDUNG Tiket Masuk & Atraksi

Mengunjungi Mercusuar Sang Jaga Utara “Noord Wachter”

Mercusuar Noord Wachter
Mercusuar Noord Wachter. Foto: Gmap/Ibnu Hafizh Syam

Di Pulau Sebira, terdapat sebuah mercusuar yang sudah berdiri sejak 1896 silam. Mercusuar ini dibangun oleh Belanda, yang sebagai penanda adanya daratan. Konstruksi bangunan mercusuar menggunakan baja tertutup dan terbuka, yang tingginya mencapai 48 meter. Di mana memiliki 11 lantai yang memungkinkan melihat seluruh wilayah pulau jika berada di atasnya.

Pada saat ini, mercusuar sudah tidak beroperasi seperti dahulu. Namun, wisatawan masih bisa menaiki bagian atas mercusuar. Dari puncaknya wisatawan dapat menyaksikan pemandangan indah Pulau Sebira dari ketinggian. Lebih indah lagi jika menikmati pemandangan saat senja, sembari menunggu matahari terbenam.

Meski terdengar menyenangkan, menaiki mercusuar ini bukanlah perkara yang mudah. Wisatawan harus menaiki setidaknya 210 anak tangga, yang kondisinya pun tidak sekuat dulu. Pegangan tangga terbuat dari baja yang kini sudah berkarat dan keropos. Bahkan, pijakan anak tangga ada yang hilang dan rusak, beberapa diganti papan yang diikat seadanya.

Baca: PULAU PARI Tiket Masuk & Aktivitas

Tempat Penangkaran Penyu Sisik

Pulau Sebira merupakan habitat dari penyu sisik, salah satu penyu yang dilindungi. Dulu, masyarakat pulau ini gemar mengonsumsi telur penyu. Setelah mengetahui penyu ini langka, sejak 2015 lalu penduduk mulai membangun penangkaran penyu sisik. Yang mana hal ini merupakan inisiatif dari warga sekitar supaya penyu tidak punah.

Wisatawan dapat mengunjungi tempat penangkaran penyu ini. Bahkan jika tepat waktunya, wisatawan juga dapat ikut melepas anak-anak penyu.

Baca: PULAU PERAK Jakarta Wisata Pasir Putih & Birunya Laut

Keindahan Alam bawah Laut Pulau Sebira

Berenang dan Snorkeling
Berenang dan Snorkeling. Foto: Gmap/Randi Apriansyah

Alam indah, penduduk ramah, dan bawah laut yang memukau, menambah lengkap surga pulau ini. Wisatawan dapat berenang dan snorkeling di kawasan perairan Pulau Sebira. Air yang tenang dan jernih sangat memudahkan menyaksikan keindahan bawah lautnya. Snorkeling dapat menjadi aktivitas wajib ketika mengunjungi pulau ini.

Pulau ini memiliki tutupan karang yang masih sangat tinggi. Dengan dominasi jenis Acropora sp., bentuk Encrusting, Submassive, Brancing, dan Folliose. Selain itu ikan warna-warni berbagai ukuran pun turut berenang mengikuti wisatawan. Sesekali, ada juga penyu yang terbang melayang dengan santainya.

Baca: PULAU UNTUNG JAWA Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Menikmati Senja di Pohon Galau

Pohon Galau
Pohon Galau. Foto: Gmap/Agung’s Project

Pulau Sebira dapat menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Senja di sini sangat menawan, wisatawan dapat menyaksikannya di tepi pantai. Kemudian yang tak kalah unik adalah sebuah pohon galau yang sedikit terendam air di perairan dangkal pantai. Pohon ini dinamakan pohon galau karena hanya satu berdiri, tanpa koloni.

Pohon ini seolah tak peduli dengan sekitarnya yang sudah merupakan perairan yang menenggelamkan bagian bawah dari pohon ini. Menyaksikan senja sembari berfoto dengan latar belakang pohon ini memberi kesan tersendiri.

Baca: PULAU PRAMUKA Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Menarik

Menanti Matahari Terbit di Dermaga

Selain matahari terbenam, pulau ini juga tepat dijadikan lokasi menyaksikan matahari terbit. Wisatawan dapat mengambil spot di dermaga, tempat perahu bersandar. Duduk di tepi dermaga, menggantungkan kaki, sambil menatap ke ufuk timur. Menanti matahari yang sedari malam sembunyi, untuk muncul ke langit.

Membeli Ikan Selar Asin Produk Lokal

Produk unggulan warga Pulau Sebira adalah ikan selar asin. Di mana banyak masyarakat yang mengolah ikan selar ini untuk dijadikan ikan asin. Wisatawan dapat membeli ikan asin ini untuk dijadikan buah tangan. Rasanya pun lezat, karena diolah menggunakan cara tradisional.

Lokasi Pulau Sebira Kepulauan Seribu

Destinasi wisata ini Berlokasi di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini