Beranda Tiket Wisata

PULAU PRAMUKA Tiket & Ragam Aktivitas Menarik September 2021

Pulau PramukaHarga Tiket: Rp54.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: -, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia, -

Keindahan Kepulauan Seribu bak Bali di Jakarta, apalagi Pulau Pramuka. Seperti namanya, pulau ini dulunya digunakan sebagai tempat berlatih kepramukaan. Tepatnya pada tahun 1950-an hingga 1970-an. Sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur, pulau inilah yang menjadi saksi kepramukaan Indonesia.

Selain itu pulau ini sendiri memiliki keindahan pantai dan alam yang memukau. Alamnya yang masih asri membuat siapapun betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Ditambah dengan fasilitas yang ada di pulau ini terbilang lengkap. Hal ini karena pulau ini merupakan pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu.

Harga Tiket & Tarif Kapal Pulau Pramuka

Untuk menikmati objek wisata ini, tidak dikenakan biaya. Namun, wisatawan harus naik kapal atau ikut paket wisata untuk sampai ke sini. Dengan harga yang tentu bervariasi. Wahana yang ada di sini pun menetapkan tarif tersendiri yang dapat dibayarkan ketika wisatawan menikmatinya.

Harga Tiket & Tarif Kapal Pulau Pramuka
Tiket masukGratis
Kali Adem-Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau KelapaRp 54.000

Baca Juga: 7 Pulau Terbaik Wisata Pulau Seribu

Jam Operasional Pulau Pramuka

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional. Wisatawan dapat menikmati tempat ini kapan saja. Bahkan wisatawan juga dapat menginap di penginapan yang ada di sini.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Wisata Pulau Pramuka

Keindahan Pulau Pramuka
Keindahan Pulau Pramuka. Foto: Gmap/eki maesta

Dari pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Kelapa lah tempat yang memiliki fasilitas lengkap. Jika terlihat dari atas, sebagian besar pulau ini memang tampak atap-atap rumah yang rapi. Memang pulau ini merupakan pulau berpenghuni sekaligus pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu. Berlibur di sini, tentu wisatawan akan dimanjakan dengan fasilitas lengkap yang tersedia.

Meski demikian, tempat ini tetap terlihat asri dengan alamnya yang masih alami. Perairan lautnya sendiri begitu jernih, dan tampak sekali bergradasi. Mulai dari biru tua di tengah lautan, dan semakin tampak hijau toska di dekat pantai. Area pasir pantainya memang tak terlalu luas, sebagai gantinya banyak jembatan di tepian pantai.

Banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai, membuat kawasan begitu teduh. Ditambah dengan berbagai penangkaran dan area budidaya hewan dan tumbuhan laut. Wisatawan juga dapat menikmati wahana air seperti banana boat. Atau berkeliling di perkampungan penduduk sambil mengenal budaya lokal masyarakat.

Baca Juga: PULAU PARI Tiket & Ragam Aktivitas

Menjadi Tempat 6 dari 7 Spesies Penyu di Dunia

Penyu di Pulau Pramuka
Penyu di Pulau Pramuka. Foto: Gmap/Zulfa Fitriana

Hebatnya lagi, Pulau Pramuka adalah tempat hidup bagi 6 dari 7 spesies penyu di dunia. Diantaranya adalah penyu belimbing, penyu pipih, penyu lekang, penyu tempayan, dan penyu hijau. Hanya penyu kempi yang tidak ada di pulau ini. Oleh karenanya, di pulau ini terdapat penangkaran penyu di Pusat Sanctuary Penyu.

Pulau yang memiliki luas 16,73 hektar ini menjadi rumah bagi penyu-penyu tersebut. Bahkan jika datang di saat yang tepat, wisatawan bisa ikut serta dalam kegiatan melepas anak penyu. Pelepasan anak penyu berlangsung ketika usia penyu sudah cukup untuk hidup di alam bebas. Uniknya, penyu ini tidak berhadapan langsung ke laut, melainkan ke pantai.

Hal ini bertujuan supaya penyu-penyu yang dilepas tidak lupa akan habitatnya. Penyu yang sudah berukuran sedang, terkadang dapat ditemui wisatawan ketika menyelam.

Baca Juga: PULAU TIDUNG Tiket & Ragam Atraksi

Menyelam Seru di Pulau Pramuka

Ikan-ikan yang dijumpai ketika Menyelam
Ikan-ikan yang dijumpai ketika Menyelam. Foto: Gmap/Ignatius D. Bryan Sukmajaya

Memiliki keindahan bawah laut yang memukau, membuat pulau ini menjadi tujuan selam favorit. Wisatawan yang datang seringkali menyempatkan diri untuk menyelam di sini. Terumbu karang di sini begitu sehat dan terawat. Menjadi keseimbangan tersendiri bagi ekosistem lautan.

Ikan-ikan kecil turut berenang kesana kemari dengan riangnya. Bersembunyi dan menyembul dari anemon laut yang menari-nari. Seolah mengikuti arah aliran air yang membuatnya tampak menari. Dan jika beruntung, wisatawan dapat menjumpai penyu dan berenang bersama.

Baca Juga: PULAU DOLPHIN Pesona Pulau Tak Berpenghuni

Menanam di Kebun Terumbu Karang

Kebun terumbu karang adalah area budidaya terumbu karang di pulau ini. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan terumbu karang yang ditanam. Serta sehatnya yang tumbuh subur di lautan.

Bahkan, wisatawan juga bisa ikut menanam terumbu karang. Namun, biaya menanam terumbu karang terbilang cukup mahal. Yaitu Rp850.000 untuk setiap orang. Meski begitu, pengalaman dan dampaknya sangat baik luar biasa.

Baca Juga: PULAU PERAK Jakarta Wisata Pasir Putih & Birunya Laut

Mencoba Serunya Banana Boat

Tak hanya dapat menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat bermain seru di wahana. Di sini terdapat juga terdapat wahana banana boat. Harga untuk satu kali berkeliling adalah Rp 300.000. Yang biasanya berisi oleh 4 orang.

Wisatawan akan dibawa naik perahu ke tengah laut. Lalu berputar-putar dengan kencang hingga terbalik. Keseruan muncul dari teriakan penumpang yang terbalik dari banana boat. Tak cukup sekali, biasanya permainan ini akan berlangsung beberapa kali hingga kembali ke tepian.

Baca Juga: Wisata PULAU KELAPA Tiket Murah Keindahan Terjaga

Berkeliling di Hutan Bakau

Objek wisata ini juga menjadi tempat budidaya bakau. Dimana, hutan bakau sendiri menjadi habitat hidup ikan, udang, hingga kepiting. Beberapa burung pun tampak beterbangan di area hutan bakau. Dan membuat sarang di ranting-ranting pohonnya.

Wisatawan dapat mencoba berlayar dengan perahu kecil. Menyusuri hutan bakau yang rimbun dan teduh. Membawa suasana sunyi dan hening yang menenangkan. Hanya ada suara serangga dan cipratan air yang menemani.

Selesai berlayar, jangan langsung beranjak dari hutan bakau. Sempatkan waktu untuk berjalan-jalan di atas jembatan kayunya. Yang mengelilingi hutan di atas daratan, dan menjadikan tempat ini sebagai spot foto favorit. Berbagai foto instagramable bisa didapatkan wisatawan di sini.

Menikmati Pemandangan Senja Pulau Pramuka

Menikmati Senja di Pulau Pramuka
Menikmati Senja di Pulau Pramuka. Foto: Gmap/The SCAM

Pulau Pramuka memiliki pemandangan senja yang memikat hati. Dengan pemandangan matahari terbenamnya yang menawan. Wisatawan dapat mengunjungi dermaga untuk menyaksikan indahnya mentari terbenam. Sambil mengambil foto dan menikmati matahari yang perlahan meninggalkan langit.

Lokasi Pulau Pramuka

Berlokasi di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk sampai ke pulau ini bisa menggunakan kapal cepat dari Kali Adem. Dengan Rute Kali Adem-Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Kelapa.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini