Pantai AncolHarga Tiket: Rp25.000Jam Buka: 06.00-18.00 WIBNo Telp: 02129222222Alamat: Jalan Pantai Nusadua No.13, RT.5/RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14430

Pantai Ancol merupakan kawasan wisata yang merupakan destinasi wisata pantai dalam kota Jakarta. Wisatawan dapat menikmati suasana segar Pantai Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool dan Carnaval, serta Danau Impian. Berlibur di alam terbuka dipercaya memiliki efek menenangkan dan menyenangkan.

Panjang garis pantainya yang kurang lebih 6,5 km menjadi tempat berbagai aktivitas wisata. Wisata pantai ini merupakan BUMD penghasil Pendapatan Asli Daerah kedua terbesar bagi provinsi DKI Jakarta.

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol

Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung perlu membayar biaya tiket pintu gerbang ancol. Harga tiket berlaku sama setiap hari.

Harga Tiket Masuk Pantai Ancol
Tiket Reguler Senin – MingguRp25.000
Annual Pass AncolRp1.000.000
Tiket Kendaraan MotorRp15.000
Tiket Kendaraan MobilRp25.000

Informasi penting sebelum berkunjung ke Ancol: 

  1.  Pembelian tiket melalui website resmi www.ancol.com.
  2.  Hanya pengunjung yang sudah melakukan vaksin minimal dosis pertama yang dapat masuk ke area wisata.
  3. Menunjukan status vaksin dengan scan QR code yang sudah disediakan, dan melakukan check-in dan check-out melalui aplikasi Peduli lindungi.
  4.  Selama masa PPKM, anak-anak usia dibawah 12 tahun, ibu hamil dan lansia tidak boleh berkunjung.
  5.  Mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.

Baca: Atlantis Ancol Tiket & Ragam Wahana Air Seru

Jam Buka Pantai Ancol

Pantai ini buka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Bahkan beberapa pengunjung lebih memilih datang saat malam untuk menikmati suasana malam di tepi pantai.

Waktu Operasional
Jam Operasional06.00-18.00 WIB
Sesi Berkunjung di Kawasan Symphony of The Sea
Sesi 106.00-11.00 WIB
Sesi 211.00-16.00 WIB
Sesi 316.00-21.00 WIB

Ragam Aktivitas Wisata

Kawasan wisata Pantai Ancol Jakarta Utara
Kawasan wisata Pantai Ancol Jakarta Utara. Foto : Google Maps/Asmar SIAGIAN

Terutama saat musim liburan, antusiasme wisatawan terus meningkat untuk menikmati suasana kawasan wisata pantai inil. Mulai dari Pantai Karnaval, Festival, dan Pantai Lagoon ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan setiap akhir pekan, jumlah wisatawan datang ke sini bisa mencapai 50-60 ribu orang.

Dengan banyaknya pilihan tempat rekreasi, pantai ini memang layak menjadi tempat wisata paling favorit di Jakarta. Sejumlah aktivitas wisata seru pun tersedia di kawasan wisata pantai ini.

Naik Kereta Wisata Sato-Sato

Kehadiran Kereta Wisata Sato-sato membuat rekreasi di Pantai Ancol semakin menyenangkan. Fungsinya mengantarkan ke berbagai destinasi seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, dan Allianz Ecopark. Transportasi massal ini sekaligus menjadi wahana rekreasi sambil menikmati pemandangan sepanjang pantai.

Sedang jalur keretanya membentang sepanjang 3,6 kilometer, dari Gerbang Timur hingga Pantai Bende hingga Ocean Dream Samudra lalu ke Dunia Fantasi. Beroperasi mulai pukul 08.00-18.00 WIB, tersedia tiga rangkaian kereta dengan kapasitas  400 penumpang.

Salah satu gerbongnya khusus bagi difabel atau wisatawan berkebutuhan khusus. Semua wisatawan tetap bisa menikmati wahana ini tanpa biaya tambahan.

Berenang Di Tepi Pantai Ancol

Wisatawan dengan keluarga dan anak-anak senang bisa berenang di perairan Pantai Ancol Jakarta Utara
Wisatawan dengan keluarga dan anak-anak senang bisa berenang di perairan tepi pantai ini . Foto : Google Maps/Mustafa Imus

Berenang menjadi aktivitas favorit wisatawan di Pantai Ancol. Baik anak-anak maupun wisatawan dewasa sebagai pendamping, memenuhi perairan dangkalnya. Wisatawan biasanya berenang menggunakan aneka bentuk pelampung.

Meskipun wilayah pesisir Jakarta pantai ini termasuk kawasan aman, wisatawan tetap harus waspada. Pada masa gelombang pasang, wisatawan agar memperhatikan batas aman berenang.

Sebagai wisata tepi laut, keamanan dan kenyamanan wisatawan dalam berekreasi merupakan prioritas. Pengelola wisata kawasan wisata ini telah memiliki prosedur standar operasional terkait keadaan darurat salah satunya apabila terjadi bencana alam. Petugas keamanan dan lifeguard siap mengarahkan wisatawan ke titik berkumpul dan lokasi aman.

Bermain Pasir

area bermain pasir di tepi pantai
Area berpasirnya yang bersih cukup layak untuk anak-anak bermain sepuasnya di pantai. Foto : Instagram/lovelygendis.val14

Pantai Ancol memiliki pasir putih yang cukup panjang dan lebar, cocok untuk berlibur bersama keluarga. Sepanjang kawasan pantai wisata ini memungkinkan wisatawan terutama anak-anak untuk bermain bola pasir. Areanya yang bersih masih layak untuk anak-anak bermain sepuasnya di pantai.

Berjalan Santai di Promenade Pantai Ancol

Area promenade atau jalan setapak di sepanjang garis Pantai
Area promenade atau jalan setapak di sepanjang garis Pantai Ancol dan sekitarnya menjadi tempat berjalan santai bagi wisatawan. Foto : Google Maps/mahendra channel

Pantai Ancol memiliki garis pantai sepanjang 6,5 km. Area bibir pantainya memiliki promenade yang mengitari bibir pantai sebagai penunjang rekreasi. Kawasan pedestrian selebar 8 meter ini merupakan area berjalan santai menikmati suasana pantai.

Ditambah lagi semilir angin laut yang bertiup, area promenade menjadi tempat favorit untuk mendapatkan efek relaksasi. Batas wilayah darat dan laut ini juga menjadi spot foto berlatar laut, terutama saat momen sunset. Pada beberapa titik juga terdapat taman fitness untuk berolahraga.

Piknik Santai

Pantai ini banyak menjadi pilihan wisata karena lokasinya praktis dan murah meriah. Dengan hanya membayar tiket masuk di gerbang utama kawasan wisata terintegrasi Ancol Taman Impian, wisatawan dapat bermain sepuasnya di pantai. Wilayah bibir pantai yang berpasir biasa menjadi tempat wisatawan menggelar alas duduk untuk bersantai.

Pada akhir pekan dan musim berlibur, area pantai memang ramai dan padat. Tak jarang wisatawan kesulitan untuk mencari tempat lesehan. Namun wisatawan pun memaklumi kondisi tersebut dan tetap menjadikan area ini tempat favorit.

Baca: SEAWORLD Ancol Tiket & Atraksi Wisata Hewan Laut

Wisatawan dengan keluarga dan anak-anak senang bisa berenang di laut. Tak sedikit wisatawan yang datang sengaja membawa makanan sendiri dari rumah. Mulai dari nasi lengkap dengan lauknya hingga kue-kue, puding, dan makanan ringan lainnya.

Berfoto

spot foto sunset di pantai ancol
Salah satu spot foto favorit dengan latar momen sunset dengan semburat jingga laut Ancol. Foto : Instagram/feenkrieger_

Kawasan Ancol Taman Impian memiliki spot foto dan ornamen dekorasi yang bertebaran di areanya. Spot-spot tersebut biasa menjadi latar foto bagi wisatawan yang datang.

Salah satunya dengan menjelajahi area sekitar Danau Monumen, Le Bridge dan Pantai Lagoon. Di kawasan tersebut wisatawan bisa mendapatkan spot foto menarik. Terutama dengan latar momen sunset dengan semburat jingga laut di kala senja.

Selayaknya setiap wisata pantai, momen sunset menjadi saat yang terbaik. Baik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahannya maupun menjadikannya sebagai latar mengabadikan momen.

Menikmati Kuliner di Tepi Pantai Ancol

Aneka pilihan kuliner untuk menikmati hidangan lezat di tepi pantai  tersedia di sekitar pantai. Wisatawan dapat menikmati suasana tepi laut sambil menyantap makan siang maupun makan malam.

Beberapa tempat tersedia seperti Bandar Djakarta, Rumah Kayu, Gubug Mang Engking dan banyak lainnya. Di tempat-tempat tersebut, menikmati sajian aneka menu terasa lebih nikmat dengan semilir angin pantai yang menemani.

Event Liburan

Pengelola Pantai Ancol selalu memiliki kebiasan untuk menggelar acara pada momen-momen khusus liburan. Seperti pergantian tahun, lebaran, akhir tahun ajaran sekolah, peringatan HUT RI, dan lainnya.

Pada momen pergantian tahun, area Pantai Ancol menggelar berbagai acara. Mulai dari pesta kembang api hingga belasan panggung musik hiburan oleh artis-artis populer ibu kota. Pagelaran orkestra di sepanjang pantai timur Ancol terpusat di Panggung Apung (floating stage) pantai Lagoon.

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, beragam aktivitas spesial kemerdekaan berlangsung di sini. Khusus di kawasan pantai, wisatawan dapat mengikuti lomba panjat pinang kolosal yang mengambil lokasi di Pantai Carnaval. Lebih dari 100 batang pohon pinang tersebar dengan hadiah jutaan rupiah pada setiap batangnya.

Integrasi Obyek Wisata

Dengan cakupan area yang luasnya mencapai 552 hektare, Pantai Ancol memiliki sistem integrasi obyek wisata. Dengan integrasi tersebut, wisatawan tak perlu repot-repot keluar-masuk area untuk mengunjungi objek wisata lainnya.

Beberapa obyek wisata di kawasan Pantai Ancol mencakup wisata pantai maupun taman. Di sepanjang garis pantainya terbentang pantai Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool dan Carnaval, serta Danau Impian.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati wahana bermain Dunia Fantasi (Dufan) dan wisata air Atlantis. Atau mengunjungi underwater aquarium Sea World, Ocean Dream Samudra, Putri, dan Duyung Cottages. Wisatawan juga dapat menjelajahi area Marina, Pasar Seni, Gondola, dan lain sebagainya.

Fasilitas

Area Pantai Ancol telah memiliki fasilitas penunjang wisata yang lengkap dan memadai. Berbagai sarana telah tersedia untuk mendukung keamanan dan kenyamanan wisatawan yang datang.

Lokasi Pantai Ancol

Wisata pantai ini berada di Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. Untuk mencapainya bisa menggunakan transportasi umum seperti Bus Trans Jakarta dengan Rute 05 : Kampung Melayu – Ancol, 5D : PGC 1 – Ancol, 5E : Kampung Rambutan – Ancol, 5H : Harmoni – Ancol.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,44 | 9 Pembaca

97 KOMENTAR

    • Wisata pantai terbuka untuk wisatawan dari semua daerah dengan pembatasan kuota 30%. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat. Pantai Ancol tutup sementara dari tanggal 15-17 Mei 2021 untuk pemberlakuan penguatan protokol kesehatan. Ancol akan kembali beroperasi tanggal 18 Mei 2021. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat. Saat ini Pantai Ancol menerima pengunjung yang memiliki KTP DKI Jakarta. Terima Kasih

  1. boleh tidak ke pantai ancol bawa puppies peliharaan kalau boleh kena charge tidak? kalau tidak boleh kenapa alasannya? thanks🥰

    • Menurut informasi yang kami dapat. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke area Pantai Ancol. Untuk alasan tidak diperbolehkan membawa peliharaan dapat menghubungi pihak Ancol melalui telepon ke nomor yang tertera di halaman artikel. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat. Selama masa pandemi Covid-19, ibu hamil belum diperbolehkan berkunjung ke Pantai Ancol. Akan di-update jika ada informasi terbaru. Terima Kasih

    • Anak usia di bawah 9 tahun dapat berkunjung dengan pendamping. Untuk ketentuan berkunjung dapat membacanya di halaman artikel. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat. Untuk kawasan pantai Ancol dibuka dari pukul 06.00-21.00 WIB, sementara untuk pintu gerbang Ancol buka pukul 06.00-20.00 WIB. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini