PUNCAK JOWIN Tiket Masuk & Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Puncak Jowin: Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Nglegok, Winong, Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur , Indonesia, 66281

Puncak Jowin tujuan wisata di ketinggian lebih dari 300 MDPL yang tergolong baru di Tulungagung. Karena obyek wisata ini baru saja resmi berdiri di akhir tahun 2022. Sekadar informasi, bahwa kata “Jowin” merupakan kependekan dari Joho Winong Kalidawir. Itu merupakan nama dua Dusun yang letaknya berdekatan dengan obyek wisata ini.

Destinasi ini letaknya di atas bukit yang tinggi serta memiliki daya tarik menakjubkan. Kemudian terdapat sebuah gapura ikonik favorit wisatawan. Karena gapura tersebut mirip seperti bangunan khas pulau Bali. Salah satu obyek wisata yang patut dikunjungi bila ingin hunting foto Instagramable.

Harga Tiket Masuk Puncak Jowin

Tidak perlu membayar mahal supaya bisa menikmati indahnya alam di obyek wisata ini. Sebab tiket masuknya relatif terjangkau. Sangat hemat di dompet semua kalangan wisatawan.

Harga Tiket Masuk Puncak Jowin
Tiket MasukRp10.000

Baca: PANTAI PACAR Tulungagung Tiket Murah Ada Air Terjun Tepi Pantai

Jam Buka & Tutup Puncak Jowin

Waktu operasional yang berlaku di lokasi wisata Puncak Jowin yakni sepanjang hari. Artinya tempat wisata ini tidak pernah tutup dan buka selama 24 jam penuh dan buka setiap hari.

Bila ingin melihat sunrise wisatawan bisa datang sebelum jam 05.30 WIB. Jika tidak suka panas-panasan sebaiknya wisatawan datang sore di atas jam 15.00 WIB.

Jam Buka
Setiap hari24 jam

Daya Tarik Wisata Puncak Jowin Kalidawir

Pemburu foto lanskap sepertinya wajib datang ke tempat ini. Banyak yang mengatakan bahwa panorama dari Puncak Jowin mirip seperti pemandangan di Kota Batu.

Hanya saja di Puncak Jowin itu udaranya tak sedingin udara di Kota Batu. Selain pemandangannya, tempat ini memiliki hal menarik menjadikannya cocok untuk destinasi liburan.

Gapura Ikonik

Gapura Ikonik di Puncak Jowin Mirip Candi Bentar di Bali
Gapura Ikonik mirip candi bentar di Bali. Foto: Google Maps/ Ali Hermawan

Keunikan dari tempat wisata ini adalah adanya sebuah gapura megah. Gaya arsitektur dari gapura tersebut mirip seperti gapura tradisional yang ada di Bali.

Orang Bali menyebut gapura seperti itu dengan sebutan Candi Bentar. Jika di Bali, umumnya gapura seperti itu dibangun sebagai pintu masuk dari suatu Pura.

Keberadaan gapura tersebut memberi atmosfer seperti sedang liburan di Pulau Dewata. Banyak yang menjadikan gapura itu sebagai spot foto. Karena gapura dianggap sangat menarik. Pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan jasa fotografer untuk pemotretan berlatar belakang gapura.

Baca: Ranu Gumbolo Tulungagung Tiket & Ragam Pesona

Pemandangan Lembah Eksotik

Pemandangan di Puncak Jowin
Pemandangan dari atas sangat mengagumkan. Foto: google maps/Arif Usman

Puncak Jowin akan memberikan pemandangan bentang alam yang memukau bagi pengunjungnya. Panorama alam Tulungagung dan Trenggalek terlihat dari atas ketinggian bukit. Bisa terlihat pemukiman di bawahnya serta perbukitan yang memesona.

Pemandangannya bagus karena mengarah langsung ke pegunungan. Selain itu pengunjung juga bisa melihat panorama laut dari kejauhan. Pemandangannya cantik bagai lukisan alam.

Baca: Pantai Gemah Tulungagung Tiket, Wahana & Aktivitas

Spot Menikmati Sunrise dan Sunset

lokasi sempurna menonton sunset
Areanya menjadi lokasi sempurna menikmati sunset atau sunrise. Foto: google maps/Arif Usman

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berburu sunset atau sunrise. Bila ingin melihat matahari terbit (sunrise), wajib datang sebelum jam 05.30 WIB. Karena sunrise di Tulungagung biasanya berlangsung pada jam 05.30 WIB.

Namun jika ingin melihat matahari terbenam (sunset), maka wajib datang sebelum jam 17.00 WIB. Setelah sunset, menjelang malam maka suhu udara di lokasi tersebut akan semakin dingin.

Sebaiknya pengunjung telah siap mempergunakan jaket atau baju hangat masing-masing. Sunrise dan sunset dari Puncak Jowin terlihat sangat memukau.

Jalan Menuju Puncak Jowin

Jalur menuju ke Puncak Jowin sudah pasti berupa tanjakan karena berada di atas bukit. Jika ingin menguji stamina, para pecinta olahraga sepeda dapat mempertimbangkan jelur ini.

Pengunjung harus memastikan tubuhnya fit jika ingin naik sepeda jika berencana bersepeda ke sini. Namun ketika sampai di puncak, semua lelah akan terbayar dengan pemandangan indah.

Sejak tahun 2020, jalan menuju ke Puncak Jowin sudah diperbaiki. Maka sekarang jalannya sudah mulus dan aman dilewati. Meskipun tanjakannya cukup ekstrim, tetapi cocok untuk jalur bersepeda.

Baca: Pantai Sine Tulungagung Tiket & Ragam Aktivitas

Banyak Pedagang Makanan

Terdapat penjual makanan instan dan minuman di sekitar tempat wisata. Jadi pengunjung bisa menikmati kopi hangat atau mi instan di lokasi sambil menikmati pemandangan. Di area luar juga terdapat deretan warung makan. Harga makanan juga standar dan terjangkau bagi para wisatawan.

Berkemah

Puncak Jowin menjadi lokasi berkemah dan bersepeda
Puncak Jowin menjadi lokasi yang menyenangkan untuk berkemah dan bersepeda. Foto: google maps/Arif Usman

Jika pengunjung tertarik untuk bermalam, ada area kosong untuk tempat berkemah. Jika ingin kemah, wisatawan wajib meminta izin kepada penjaga loket.

Pengujung bisa menyewa tenda di rental terdekat, tepatnya di Ngampel, Desa Pagersari, Kec. Kalidawir. Jaraknya hanya 4,2 km atau sekitar 12 menit dari tempat wisata Puncak Jowin.

Ditetapkan Sebagai Warisan Bumi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI telah menetapkan Puncak Jowin sebagai warisan Bumi. Hal ini berkaitan dengan pengembangan geopark yang dimulai oleh Pemkab Tulungagung.

Pemerintah terus mengupayakan kelestarian dan keasrian alam hutan tempat wisata ini. Tempat wisata ini juga berpotensi untuk berkembang dan membantu perekonomian masyarakat.

Fasilitas

Tempat wisata ini menyediakan fasilitas yakni parkiran mobil dan motor yang lumayan luas. Ada mushola, toilet, dan pendopo yang tersedia khusus bagi pengunjung. Terdapat juga sebuah speaker yang berfungsi sebagai pusat informasi, himbauan, pengumuman, atau peringatan.

Lokasi Puncak Jowin Kalidawir

Destinasi wisata ini berada di Nglegok, Winong, Kec. Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66281. Dari Kota Tulungagung ke Puncak Jowin memiliki jarak 14,7 Kilometer. Bila menempuhnya menggunakan kendaraan akan menghabiskan waktu sekitar 28 menit.

Berikan Rating

4.5 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *