Beranda Tiket Wisata

NANGKULA PARK Tiket & Ragam Wahana Oktober 2021

Nangkula ParkHarga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000Jam Buka: 06.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Rongganan, Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66235

Nangkula Park adalah taman rekreasi dan sarana olahraga yang terletak di Tulungagung. Objek wisata ini berada di area persawahan Desa Kendalbulur. Meski bersisian langsung dengan sawah, taman ini jauh dari kesan ‘ndeso’. Wisatawan dapat menikmati serunya wisata selfie, kuliner, rekreasi keluarga, hingga olahraga ceria dalam satu tempat.

Harga Tiket Masuk Nangkula Park

Berwisata ke Nangkula Park terbilang sangat murah. Tarif tiket masuknya dibanderol hanya 2 ribu rupiah per orang. Sementara biaya parkir yaitu 3 ribu hingga 5 ribu. Biaya tambahan untuk wahana permainan pun dipatok masih sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket MasukRp2.000/orang
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Tulungagung

Jam Buka

Nangkula Park terbuka untuk umum setiap hari. Wisatawan bisa datang mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Tempat rekreasi ini tak pernah sepi pengunjung terutama pada akhir pekan dan hari libur. Di hari libur nasional seperti Idul Fitri, taman rekreasi ini jadi destinasi wisata favorit masyarakat Tulungagung.

Jam Operasional
Setiap Hari06.00 – 17.00 WIB

Wahana Menarik di Nangkula Park

Nangkula Park Tulungagung
Nangkula Park adalah sarana olahraga yang juga berfungsi sebagai tujuan wisata dan rekreasi di Tulungagung – Foto: Google Maps/Nangkula Park

Berwisata tidak melulu harus di kota-kota besar atau tersohor. Saat ini, daerah-daerah kecil pun mulai mengembangkan potensi wisata dari kekayaan alamnya sendiri. Banyak bermunculan objek wisata yang menawarkan gabungan antara pesona alam dengan rekreasi modern. Seperti yang bisa ditemui di Nangkula Park yang berdiri di Tulungagung, Jawa Timur.

Taman rekreasi ini merupakan hasil inisiatif pengembangan potensi alam desa sebagai destinasi wisata. Sejak resmi berdiri pada tahun 2020, tempat rekreasi ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan taman rekreasi ini sudah jadi primadona wisata lokal. Nama Nangkula sendiri memiliki latar belakang yang unik.

Nangkula adalah gabungan dari ‘Anang’, ‘kuliner’, dan ‘lapangan’. Nama ini menggambarkan fasilitas utama yang terdapat di sini yaitu lapangan olahraga. Tempat ini juga menjadi wadah untuk kuliner lokal. Sedangkan ‘Anang’ adalah nama kepala desa yang mengusulkan proyek destinasi wisata ini.

Taman Bunga Celosia

Taman bunga celosia
Taman bunga celosia aneka warna dan monumen keris raksasa yang menyambut pengunjung Nangkula Park – Foto: Google Maps/Arif Usman

Begitu menginjakkan kaki di dalam kawasan taman, wisatawan akan langsung mendapat sambutan hamparan Bunga Celosia. Bunga ‘Jengger Ayam’ berwarna merah dan kuning dipilih untuk menghiasi taman di pintu masuk ini. Tanaman hias ini memang banyak dijumpai di tanah Jawa. Bunga Celosia jadi salah satu unsur dan daya tarik utama di taman wisata ini.

Di sisi luar taman, terdapat jajaran lampion berbentuk bunga tulip aneka warna. Lampion lain yang menyambut di pintu masuk berbentuk burung garuda. Lengkap dengan simbol-simbol Pancasila di bagian dadanya. Di malam hari, nyala lampion ini akan menambah keindahan suasana taman.

Taman Bunga Celosia di sini terapit deretan gazebo kayu di kanan dan kirinya. Terdapat bentangan jalan setapak yang membelah area taman menjadi dua. Jalan setapak ini akan membawa wisatawan ke sebuah monumen.

Monumen berbentuk keris raksasa ini bernama Keris Jangkung Mangkurat. Monumen tersebut merupakan ikon utama Nangkula Park. Terdapat filosofi di balik keris tersebut yaitu keberadaan Nangkula Park sebagai pengayom masyarakat.

Rekreasi & Olahraga

Nangkula Park Sudah dilengkapi wahana permainan
Nangkula Park kini sudah dilengkapi oleh sejumlah wahana permainan yang seru dan bisa dinikmati pengunjung dari berbagai kalangan usia – Foto: Google Maps/Mujib Bud Da’wah

Fasilitas utama di taman rekreasi ini sebenarnya adalah lapangan olahraga yang berada di tengah area. Lapangan ini terbuka untuk digunakan oleh wisatawan. Pengunjung juga bisa menikmati jogging di jogging tracknya. Suasana olahraga yang tersaji agak berbeda dengan adanya taman dan spot-spot selfie di sekelilingnya.

Sebagai pelengkap, hadir pula sejumlah wahana permainan. Saat ini sudah tersedia wahana seperti istana balon, bianglala, kereta, hingga sepeda air. Dengan adanya pilihan wahana, wisatawan dapat merasakan suasana rekreasi layaknya pasar malam. Terlebih taman ini semakin meriah di malam hari berkat adanya lampion-lampion cantik.

Spot Foto

Berfoto bersama pasangan di spot foto ayunan di Nangkula Park
Salah satu spot foto romantis yang berlatarkan hamparan sawah hijau – Foto: Google Maps/Kris Diantoro

Selain deretan lampion dan hamparan celosia, taman ini juga menghadirkan sejumlah spot foto. Spot berfoto ini berupa instalasi kreatif. Lokasinya tersebar mulai dari pintu masuk dan sekitar lapangan.

Spot lampion adalah primadona lokasi berfoto di malam hari. Sedangkan di siang hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan pemandangan sekitar Nangkula Park. Seperti diketahui, taman ini berada di tanah lapang yang seklilingnya merupakan area sawah dan ladang.

Di pinggir lapangan, terdapat kursi dan ayunan dalam berbagai bentuk. Pengunjung bisa bersantai menikmati semilir angin sambil berfoto sepuasnya. Spot lainnya adalah instalasi berbentuk perahu dan balon udara bernama Balon Larasati.

Kuliner Lokal

Suasana malam hari yang indah
Indahnya panorama langit dan sekitar Nangkula Park di malam hari – Foto: Google Maps/Kris Diantoro

Kegiatan wisata dan rekreasi tentu belumlah lengkap tanpa adanya kuliner. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan dan minuman di taman ini. Pengunjung bahkan sudah disambut oleh deretan kios makanan dan minuman ringan sejak di pintu masuk.

Selain kios-kios, berbagai kuliner juga tersedia di foodcourt yang ada. Sudut ini juga jadi lahan untuk memperkenalkan produk UKM Desa Kendalbulur. Wisatawan dapat mencicipi berbagai cita rasa khas Kendalbulur dengan harga yang terjangkau.

Untuk menikmati waktu bersantap, pengunjung bisa memanfaatkan gazebo yang tersedia. Bangku-bangku dengan payung juga tersebar di berbagai penjuru. Spot favoritnya yaitu area duduk yang berada di sekitar ruang VIP. Area ini berada tepat di tengah sawah dan memiliki suasana adem yang menyejukkan.

Fasilitas Nangkula Park

Fasilitas pendukung di Nangkula Park tersedia dengan sangat lengkap dan memadai. Ada area parkir yang cukup luas, toilet, dan musala. Taman ini menyajikan foodcourt, spot foto, lapangan olahraga, ruangan VIP yang bisa disewa, dan beberapa wahana permainan.

Lokasi Nangkula Park

Nangkula Park terletak di Dusun Rongganan, Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Hanya sekitar 15 menit berkendara ke arah selatan dari Aloon-Aloon Tulungagung. Bisa melalui Jalan Raya Waung atau Jalan Ki Mangun Sarkoro melewati Jembatan Boyolangu. Sangat mudah menemukan lokasinya karena berada tepat di pinggir jalan raya.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini