Beranda Tiket Wisata

Ranu Gumbolo Tulungagung Tiket & Ragam Pesona Januari 2022

Ranu GumboloHarga Tiket: Rp6.000 - Rp8.000Jam Buka: 06.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66291

Ranu Gumbolo adalah wisata danau alami yang berada di Desa Mulyosari Tulungagung. Sekilas namanya mirip dengan danau di jalur pendakian Gunung Semeru yaitu Ranu Kumbolo. Hal itu karena Ranu Gumbolo disebut-sebut memiliki pemandangan yang mirip dengan danau yang terkenal karena film “5cm” tersebut. Pesona air berwarna hijau dengan hamparan hutan Pinus sajian utama kawasan wisata ini. Areanya yang berada di kawasan hutan menambah kesan asri.

Berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tulungagung, objek wisata ini menawarkan pesona danau alami yang begitu cantik. Ditambah dengan berbagai wahana yang tersedia semakin menambah keseruan. Selain itu hamparan hutan Pinus yang memagari area danau menambah keeksotisan area sekitar. Udara sejuk dan angin yang bertiup pelan membuat tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas harian.

Harga Tiket Masuk Ranu Gumbolo

Untuk berwisata ke Ranu Gumbolo, wisatawan perlu membayar biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan atau hari libur nasional. Dengan biaya masuk yang sangat murah meriah, wisatawan sudah bisa melihat keindahan alam yang luar biasa.

Tiket Masuk Ranu Gumbolo
Hari biasaRp6.000
Akhir pekan/hari libur nasionalRp8.000
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: Jambooland Waterpark Tulungagung Tiket & Wahana

Jam Buka Ranu Gumbolo

Jam buka kawasan wisata ini dari pagi hingga sore hari. Untuk berkunjung disarankan ketika hari sedang cerah. Sebab ketika hujan area wisata ini akan licin karena jalanannya masih tanah berundak-undak.

Jam Buka
Setiap hari06.00 WIB -17.00 WIB

Pesona Ranu Gumbolo dengan Hamparan Hutan Pinus

Danau indah dengan air berwarna hijau
Area danau dengan pemandangan hutan pinus. Foto: Gmaps/Husain Qolbi

Ketika datang ke tempat ini wisatawan akan langsung disambut pemandangan danau dengan airnya yang berwarna hijau. Barisan perbukitan yang nampak mengelilingi area danau menjadikannya nampak semakin eksotis. Kahadiran hutan Pinus yang memagari area danau memberikan kesan asri yang menenangkan.

Jika berkujung ke Tulungagung sangat sayang jika tempat wisata ini sampai terlewat. Pasalnya lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota. Danau ini hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota dan hanya memakan waktu kurang lebih satu jam. Berbagai aktivitas seru tersedia di sini mulai dari naik perahu dan sepeda air, melihat pemandangan dari gardu pandang, camping, menancing dan masih banyak lagi.

Baca: Pantai Gemah Tiket, Wahana & Aktivitas

Beragam Wahana Air

Wisatawan bisa menyusuri area perairan dengan wahana yang tersedia. Di sekitar danau terdapat penyewaan sepeda air. Wisatawan bisa menaiki sepeda air dan menikmati keindahan kawasan hutan dari area perairannya.

Selain sepeda air, ada juga perahu bambu yang siap mengantarkan wisatawan hingga ke area tengah danau. Gemericik air dan suasana sejuk di sekitar danau akan menemani perjalanan wisatawan selama berkeliling menggunakan perahu.

Baca: Pantai Sanggar Tiket & Bentang Alam Memukau

Bersantai di Area Hutan Pinus

Bersantai menggunakan hammock di Ranu Gumbolo
Wisatawan bisa menyewa hammock untuk bersantai di Ranu Gumbolo. Foto: Gmaps/Javenese Outdoor.

Salah satu spot favorit wisatawan yaitu area hutan pinusnya. Di sini wisatawan bisa menggelar tikar dan bersantai. Dari sini akan terlihat panorama bentang alam danau yang cantik.

Atau bisa juga bersantai dan berayun di atas hammock. Untuk menyewa hammock syaratnya hanya perlu menyerahkan KTP dan membayar dengan harga yang terjangkau. Tidak ada batasan waktu untuk penyewaan hammock ini.

Jika datang di hari-hari biasa disarankan untuk membawa makanan sendiri dari luar. Karena penjual makanan biasanya hanya buka pada akhir pekan saja.

Baca: GUNUNG BUDHEG Tiket & Daya Tarik

Wahana Flying Fox

Jika ingin aktivitas yang seru dan menantang, maka wisatawan bisa mencoba wahana flying fox. Flying fox di tempat wisata ini cukup memacu adrenalin karena melintas di atas danau. Selama bermain bisa  sambil menikmati sensasi seperti terbang dengan pemandangan air berwarna hijau di bawahnya.

Gardu Pandang

Danau dengan wahana gardu pandang
Wisatawan bisa naik ke gardu pandang untuk melihat pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Foto: Gmaps/Mr.Kecik

Untuk bisa melihat pemandangan area danau secara lebih luas lagi, wisatawan bisa naik ke atas gardu pandang. Tempat tersebut terdapat di area hutan Pinus. Dari atas gardu pandang pesona luar biasa danau beserta area hutan di sekitarnya terlihat jelas. Hutan yang mengelilingi kawasan danau sangatlah hijau dan indah karena merupakan hutan lindung dan gencar dilakukan reboisasi.

Di atas gardu pandang, wisatawan juga bisa mengambil foto dengan latar belakang yang indah. Danau yang airnya berwarna hijau berpadu dengan barisan perbukitan di sekelilingnya merupakan objek foto yang sangat memikat.

Memancing

Bagi para mancing mania, danau ini bisa menjadi spot memancing yang menyenangkan. Di perairan danau ini memiliki berbagai spesies ikan berukuran kecil hingga sedang. Memancing ditemani pemandangan yang indah dan udara yang sejuk pastinya menjadi kesenangan tersendiri.

Berkemah

danau untuk camping
Ranu Gumbolo sangat menarik untuk dijadikan tempat camping karena kawasannya yang masih sangat asri dan alami. Foto:Gmaps/Dinar Rizky Yuangga

Area wisata Danau Ranu Gumbolo juga sangat menarik sebagai area berkemah. Kawasannya yang masih asri menjadi nilai lebih kenapa tempat ini sangat cocok untuk aktivitas berkemah. Suasana tenang ketika malam hari dan pemandangan indah di pagi hari merupakan sajian utama. Ketika pagi, wisatawan bisa melihat momen sunrise. Selain itu pemandangan yang masih berselimut kabut tipis juga menjadi tambahan pesona yang dramatis.

Fasilitas Ranu Gumbolo

Fasilitas yang tersedia di obyek wisata sudah cukup lengkap dan memadai. Di sini sudah ada area parkir, toilet, gazebo, warung kuliner dan juga mushola. 

Lokasi Ranu Gumbolo

Obyek wisata Ranu Gumbolo berlokasi di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Letaknya berada di Tulungagung sebelah barat dan berjarak sekitar 25km dari pusat kota. Di dekat danau ini juga terdapat obyek wisata menarik lainnya yaitu Waduk Wonorejo.

Tanggapan:

3.7 / 5. dari 3

Berikan Rating