Sanggar Luru Ilmu Sanggaluri Park merupakan wahana taman hiburan di Purbalingga. Sesuai penamaannya, Sanggaluri Park merupakan wisata edukasi flora dan fauna. Dibangun di areal seluas 3,5 hektar.

Taman rekreasi yang menawarkan wahana yang mengusung konsep edukasi sekaligus rekreasi alam. Sebelumnya, Wisata Sanggaluri Park lebih dikenal dengan sebutan Taman Reptil Purbalingga. Taman wisata yang tergabung dalam grup owabong yang juga memiiliki Owabong Waterpark.

Harga Tiket Masuk Sanggaluri Park Purbalingga

Untuk berekreasi di taman reptil ini dikenakan harga tiket yang cukup terjangkau. Pengunjung cukup membayar mulai dari Rp20.000 sudah bisa berkeliling dan menikmati taman ini.

Harga Tiket Masuk Sanggaluri Park
Senin – JumatRp20.000
Sabtu, Minggu, Hari LiburRp35.000

Baca: OWABONG Water Park Tiket & 7 Wahana Seru

Jam Buka Sanggaluri Park

Taman rekreasi ini buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Sanggaluri Park
Senin – Minggu08.00 – 18.00
TUTUP SEMENTARA AWAL PUASA-29 Mei 2019.

Ragam Wahana Sanggaluri Park Purbalingga

Wisatawan yang berkunjung ke taman rekreasi ini akan disuguhkan dengan berbagai aktivitas menarik. Seperti melihat keragaman reptil, museum uang, museum wayang dll. Berikut beberapa wahana dan aktivitas yang bisa dilakukan

1. Taman Reptil dan Isek Purbalingga

Buaya di taman sanggaluri purbalingga
Salah satu hewan reptil Buaya di taman reptil Sanggaluri Purbalingga. Foto: Google Maps/Mohamad Fauzi

Tempat ini menampilkan aneka reptil hidup, dari Indonesia maupun luar negeri. Tentu saja reptil ini aman dan jinak serta didampingi oleh pawang yang bertugas. Tak hanya melihat dari kandang, pengunjung juga diperbolehkan langsung berinteraksi dan berfoto dengan reptil tersebut.

Terdapat juga kupu-kupu beraneka warna dan kumbang yang diawetkan dalam lemari kaca. Ada juga yang dipajang menghiasi peta Indonesia. Ini bertujuan untuk menunjukkan daerah asal kupu-kupu tersebut ditemukan.

Sedangkan kelompok kumbang ditata dalam beragam bentuk yang menarik. Pemasangan spesimen-spesimen diletakkan tegak di dinding dan lemari. Ini membuat pengunjung mudah mengamati dan berfoto bersama spesimen-spesimen tersebut.

Baca: TWP Purbasari Pancuran Mas Purbalingga Tiket & 8 Wahana Top

2. Museum Wayang dan Artefak

Selain belajar, Sanggaluri Park ingin menjaga dan melestarikan kearifan lokal. Di sini wisatawan disuguhi bentuk bangunan yang megah dan mengagumkan. Di dalamnya dijumpai beragam pakaian tradisional Purbalingga, koleksi wayang, dan seperangkat alat pengiring pertunjukan.

3. Wahana Kereta Mini

wahana kereta mini sanggaluri park purbalingga
Kereta mini yang juga digemari pengunjung Sanggaluri Park Purbalingga. Foto: Google Maps/Wahana Kereta Mini – Dedi Eko Yunanto Priyadi

Kereta Api mini memiliki satu gerbong dan empat lokomotif. Rangkaian ini membawa empat orang anak-anak setiap gerbongnya, dan dua orang di lokomotif. Semenjak diluncurkan, wahana ini menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

4. Museum Uang

Museum ini enampilkan aneka mata uang dari berbagai negara. Terdapat uang Won Korea, Euro, dsb yang dipajang pada lemari kaca. Tak hanya uang kertas, uang logam pun ada. Wisatawan dapat melihat koleksi uang yang berlaku di Indonesia sejak jaman kerajaan, masa penjajahan Belanda hingga Jepang.

5. Taman Burung

Taman Burung menampilkan berbagai jenis burung yang ada di Indonesia di area terbuka. Wisatawan dapat berjalan santai taman dengan pemandangan aneka koleksi burung.

6. Rumah Gempa

Wahana Rumah Gempa merupakan edukasi bagi wisatawan khususnya anak-anak. Wahana ini memberikan peragaan demonstrasi gempa bumi. Wisatawan dibuat merasakan kondisi dan getaran yang terjadi gempa bumi di dalam rumah.

7. Taman Jepang dan Nitevaganza

Taman Jepang bunga sakura
Taman bertemakan Jepang lengkap dengan bunga sakura. Foto: Google Maps/ Yohana Permata Sari

Nitevaganza ini melengkapi wisata malam di Purbalingga. Wahana ini untuk menikmati suasana malam Sanggaluri Park. Untuk mendukungnya, tempat-tempat seperti Taman Jepang  dilengkapi dengan pencahayaan malam hari. Sajiannya kopi khas Purbalingga dan studi musik serta rekaman.

8. Labirin Kaca

Di sini wisatawan diajak bermain telusur jejak. Mencari jalan keluar yang berbentuk labirin berbahan kaca cermin. Di sini wisatawan dibuat bingung dengan pantulan bayangannya sendiri di setiap cermin di hadapan, belakang, dan samping kiri kanan.

9. Taman Tetean

Wisatawan harus menemukan jalan keluar dari labirin yang terbuat dari tanaman hijau teh-tehan ini.  Tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Anak-anak sangat suka bermain di area ini.

10. Taman Batu

Berbagai jenis batuan besar ditampilkan menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi wisatawan. Taman Batu ini dilengkapi pula dengan berbagai kata-kata yang memberi motivasi.

11. Wahana Permainan Anak

Wahana anak mobil mini
Wahana permainan anak-anak mobil mini yang dimainkan di lintasan khusus. Foto: Google Maps/edwin sebastian

Tersedia begitu banyak fasilitas permainan di taman ini. Contohnya interaksi seperti foto dengan ular dan belajar menjinakkan ular. Wisatawan juga dapat menikmati terapi dengan gigitan lembut ikan pada kaki.

Selain itu juga terdapat Taman Lalu Lintas, Istana Balon, Kuda Tunggang, Arena Trampolin, Flying Fox, Corousel, Gasebo Semar, Herbal Garden, Rumah Dongeng, Wahana Profesi, Rumah Kaca, Kids Playground, Camping Ground, Taman Buah, Lawn Games, Pet Barn, Jet Coaster, Puri Misteri, dan Rumah Boneka.

Sanggaluri Park juga menyediakan Paket edukasi Outdoor Activity. Paket tersebut seperti pengawetan serangga, anatomi/pembedahan, dan paket klasifikasi antropodha serta reptilia.

Fasilitas Sanggaluri Park Purbalingga

Fasilitas untuk wisatawan telah lengkap serta dilengkapi juga dengan beberapa gazebo yang diperuntukkan bagi para pengunjung untuk bersantai dan beristirahat. Jika cuaca sedang cerah maka dari gazebo inilah bisa melihat Gunung Slamet dari kejauhan.

Lokasi Sanggaluri Park Purbanlingga

Taman rekreasi keluarga ini beralamat di Jl. Raya Taman Reptile, Dusun II, Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah 53361. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi No Telp. 0281 6599238, Hotline Service : +62 85227 5555 28. email : sanggaluri@owabong.co.id.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 2 pembaca