Beranda Tiket Wisata

Curug Ceheng Banyumas Tiket & Daya Tarik - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Ceheng : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Desa Gandatapa I, Gandatapa, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53183

Curug Ceheng adalah destinasi wisata alam yang ada di Banyumas. Lokasinya masih berada di area wisata Baturaden. Meski secara administratif terletak di Kabupaten Banyumas, namun areanya lebih dekat dari Kota Purwokerto. Hal ini karena lokasinya yang berada di perbatasan antara kedua daerah. Keunikan dari tempat wisata ini adalah air terjunnya yang berada di tengah hutan. Suasana asri dan alami sangat terasa di sekitar kawasan wisata ini.

Berada di lereng gunung Slamet sebelah tenggara menjadikan hawa di sekitar kawasannya sangat sejuk. Airnya yang jernih dan dingin juga menjadi keunggulan dari air terjun ini. Meski tidak terlalu besar, namun pesonanya dijamin tidak akan membuat kecewa. Memiliki tinggi kurang lebih 13 meter, wisatawan bisa melihat indahnya pesona air terjun yang berkeliling area hutan. Bagi pecinta wisata alam yang masih alami, maka destinasi yang satu ini sangat wajib menjadi destinasi.

Harga Tiket Masuk Curug Ceheng

Untuk menikmati keindahan air terjun, wisatawan akan perlu membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Kemudian bagi yang membawa kendaraan perlu membayar tarif parkir di lahan yang sudah tersedia.

Harga Tiket Masuk Curug Ceheng
Tiket MasukRp5.000
Biaya Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: LOKAWISATA Baturraden Tiket & Wahana

Jam Buka Curug Ceheng

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke air terjun ini. Karena tempat wisata ini selalu buka selama 24 jam. Namun jika ingin melihat panorama terbaik, datang ketika pagi hari dan kondisi cuaca sedang cerah. Di waktu tersebut pesona air terjun akan tampak sempurna dengan airnya yang jernih.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Air Terjun Yang Masih Terjaga Kealamiannya

Air Terjun di tengah hutan
Keindahan air terjun dengan hamparan hijau di sekelilingnya. Foto: Gmaps/Kuswandi

Curug Ceheng adalah satu dari sekian banyak air terjun yang berada di lereng Gunung Slamet. Setiap air terjun memiliki karakteristik tersendiri, begitu halnya dengan air terjun yang satu ini. Masih merupakan salah satu bagian dari aliran kali Pelus, air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 13 meter. Letaknya yang berada di hutan area perbukitan membuat kealamian tempat ini sangat terjaga. Hamparan hijau pepohonan dengan hawa yang sejuk menjadi kombinasi yang sempurna.

Meski ukurannya tergolong kecil, namun itu tidak mengurangi keindahannya. Wisatawan bisa merasakan langsung kesegaran airnya dengan mandi di bawah air terjun. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat secara langsung hewan khas dari tempat tersebut yaitu Kalong. Karena kealamiannya, Curug ini sering menjadi salah satu tujuan berkemah favorit yang ada di Banyumas.

Baca: THE VILLAGE Baturraden Tiket & Wahana

Treking Menuju Air Terjun

Akses yang cukup menantang di Curug Ceheng
Untuk menuju ke air terjun, wisatawan harus melewati area tangga yang cukup curam. Foto: Gmaps/Tendian Febriagazi

Dari area parkir kendaraan wisatawan harus berjalan kurang lebih 150 meter untuk sampai ke air terjun. Kemudian menuruni tebing dengan ketinggian sekitar 70 meter. Dengan jalur yang sudah tersedia anak tangga untuk akses menuruni tebing. Meski begitu pastikan kondisi fisik memungkinkan, karena tangganya memiliki kemiringan yang cukup curam. Pastikan juga untuk berhati-hati dan memastikan setiap langkahnya.

Dari tebing pada saat trekking area air terjun sudah terlihat dari kejauhan. Panorama air terjun dengan hamparan hijau di sekelilingnya membuat siapa saja ingin cepat-cepat turun dan mendekatinya.

Baca: Kebun Raya Baturraden Tiket & Aktivitas

Bermain Air di Curug Ceheng

Air terjun dengan air yang jernih
Airnya yang jernih membuat tempat ini sangat cocok dipakai untuk bermain air. Foto: Gmaps/Eka Saputra

Setelah lelah menuruni tebing, akan sangat menyenangkan jika langsung menceburkan diri ke dalam aliran air air terjun. Air dari Sungai Pelus yang jernih dan dingin sangat menyegarkan apabila dipakai untuk mandi dan membasuh diri.

Sekedar mencelupkan kaki sembari menikmati keindahan air terjun dari dekat pun bisa menjadi pilihan. Selain di bawah air terjun, wisatawan juga bisa bermain air di aliran sungainya. Airnya lebih dangkal sehingga bisa juga untuk mandi anak-anak.

Baca: CURUG BAYAN Banyumas Tiket & Aktivitas

Bersantai Menikmati Keindahan Alam

Area sekitar Curug Ceheng yang masih asri
Area hutan dengan pepohonan rindang di sekitar air terjun bisa menjadi spot untuk bersantai. Foto: Gmaps/Panca Purwoko

Wisatawan juga bisa sekedar duduk bersantai dengan orang-orang tersayang menikmati suasana sejuk di tempat ini. Di sekitar area air terjun tersedia banyak daratan luas dengan rerumputan yang cocok untuk bersantai. Pepohonan yang banyak tumbuh akan membuat suasana menjadi rindang dan tidak panas meski di siang hari sekalipun. Agar lebih nyaman, wisatawan bisa membawa tikar dan menggelarnya.

Tersedia pula warung-warung kuliner yang menjajakan aneka hidangan untuk menemani bersantai. Olahan mie instan, bakso hingga gorengan menjadi beberapa sajian yang ada di di tempat wisata ini.

Baca: CURUG SONG Banyumas: Tiket & Ragam Aktivitas

Bisa Melihat Kalong Jika Beruntung

Salah satu keunikan air terjun ini yaitu masih banyak hewan Kalong. Area hutan di sekitar air terjun ini memang menjadi habitat asli dari hewan tersebut. Bagi yang belum tau, Kalong adalah sejenis kelelawar tapi mempunyai ukuran yang lebih besar. Biasanya Kalong akan beterbangan di sekitar area air terjun ketika sore atau menjelang malam.

Berkemah

Karena keindahannya serta lokasinya yang asli dan terjaga kealamiannya membuat area sekitar air terjun menjadi spot favorit untuk berkemah. Wisatawan bisa merasakan suasana heningnya malam jika berkemah di tempat ini. Suara serangga malam, daun yang tertiup angin dan aliran air yang turun ke bawah menjadi perpaduan sempurna yang menentramkan.

Ketika fajar tiba, pesona luar biasa air terjun tersaji di depan mata. hawa yang sejuk dengan kabut yang masih menyelimuti membuat suasana terasa damai.

Fasilitas di Curug Ceheng

Meski merupakan wisata yang terjaga kealamiannya, namun fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah cukup memadai. di sini sudah tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, gazebo, warung kuliner hingga mushola.

Lokasi Curug Ceheng

Destinasi wisata ini terletak di Desa Gandatapa I, Gandatapa, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dari pusat kota Banyumas tempat ini berjarak sekitar 35 Km dan bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Akses menuju lokasi sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 20

Berikan Rating