Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas Purbalingga menawarkan rekreasi sekaligus edukasi. Slogannya ‘Ayo berwisata sambil bermain’. Tempat ini menjadi salah satu pemenang Indonesia Sustainable Touism Award (ISTA) 2018 dari Kementrian Pariwisata.

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas diresmikan tahun 2001. Awalnya, wisata ini terkenal karena ikan raksaksa Arapaima Gigas dari sungai Amazon. Sampai saat ini “si besar yang lembut” ini masih menjadi ikon Taman Rekreasi ini.

Harga Tiket Masuk TWP Purbasari Pancuran Mas

Konsep “satu tiket untuk semua” dimaksudkan agar pengunjung leluasa mengakses seluruh wahana yang tersedia. Harga tiket Rp. 20.000; berlaku semua umur, mulai usia 3 (tiga) tahun.

Harga Tiket Masuk TWP Purbasari Pancuran Mas
Tiket RegulerRp22.000
Tiket Rombongan
Tiket Paket ARp20.000
Tiket Paket BRp19.550
Tiket Paket CRp24.000
Tiket Paket DRp26.400

Baca: OWABONG Water Park Purbalingga Tiket & 7 Wahana Seru

Harga tiket paket A sudah termasuk semua wahana kecuali wisata air dan 3D Movie. Paket B sudah termasuk wahana naik perahu. Paket C sudah termasuk 3D Movie, dan Paket D sudah termasuk wisata air dan 3D Movie.

Jam Buka TWP Purabasari Pancuran Mas

Taman wisata ini dibuka setiap hari. Wisatawan bisa berkunjung mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Senin – Minggu08.00 – 17.00 WIB

Wahana Wisata TWP Purbasari Pancuran Mas

Wisatawan yang berekreasi ke sini akan disuguhkan beragam aktivitas di berbagai wahana. Tidak saja wahana permainan air tetapi juga non-air serta aquarium. Berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

1. River World

river world taman wisata pendidikan purbasari pancuran mas
sekitar 200 jenis ikan air tawar ada di River World Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas. Foto : Instagram/aqualvan

Bagian ini menghadirkan berbagai jenis ikan air tawar dari berbagai belahan dunia. Koleksinya sekitar 200 jenis ikan. Bagian ini banyak digunakan sebagai sarana belajar dan potensi riset bagi pelajar maupun Mahasiswa. Beberapa jenis ikan di dalamnya yaitu Arapaima Gigas, Piranha, dan Aba-Aba Amazone.

2. Wisata Air Telaga Fulus

Wisatawan dapat menikmati Telaga  Fulus dengan sepeda air, perahu dayung, kano dan speed boat. Wahana-wahana ini telah diuji keamanannya serta dijaga oleh petugas keamanan yang terlatih.

3. Konservasi Rusa Purbasari Pancuran Mas

Wisatawan dapat menikmati indahnya pesona hewan Rusa di Konservasi Rusa Purbasari Pancuran Mas. Konservasi ini juga terus dikembangkan oleh pengelola.

4. Water Boom & Kolam Renang

kolam renang dan waterboom
tersedia berbagai macam kolam renang yang aman bagi semua usia di Waterboom dan Kolam Renang. Foto :Instagram/javanesetrip

Wahana ini memiliki banyak peminat. Tempatnya menyediakan berbagai macam kolam renang yang aman bagi semua usia. Terdapat kolam anak-anak, kolam dewasa serta Water Boom dengan panjang lintasan 70 m. Di area ini juga telah disediakan gazebo-gazebo yang asri untuk beristirahat dan bersantai pengunjung.

5. Diorama Satwa Purbasari Pancuran Mas

Diorama satwa berisikan satwa-satwa yang telah diawetkan. Satwa awetan berasal dari koleksi taman yang telah mati karena sebab-sebab alamiah. Ada pula yang merupakan hibah masyarakat.

Ragam satwa awetan yang dimiliki yaitu Arapaima Gigas, Penyu berukuran besar, ikan buntal, Berang-berang , Musang, Tupai pohon, biawak dll. Di sini pelajar dapat mengamati satwa-satwa tersebut dari jarak dekat sehingga pengamatan lebih detail.

Hal tersebut memberi keuntungan dibandingkan pengamatan ketika satwa-satwa tersebut masih hidup. Karena saat hidup, biasanya satwa berada dalam kandang atau shelter tertutup. Kondisi tersebut tidak memungkinkan karena agresivitas dan kemungkinan akan menyebabkan satwa ketakutan.

6. Planet Aquarium Toyoshuka

lorong koleksi ikan di wahana planet aquarium toyoshuka
Wisatawan berjalan dengan dikelilingi koleksi ikan di wahana Planet Aquarium Toyoshuka. Foto : Instagram/mochsabar

Aquarium ini merupakan wahana baru Purbasari Pancuran Mas. Aquarium Toyoshuka menyuguhkan pesona akuarium 25 meter x 15 meter dengan ketinggian 8 meter. Bangunan terkenal dunia juga bisa dinikmati dalam bentuk mini di Aquarium Toyoshuka.

7. Taman Bermain

Disini tersedia berbagai macam arena bermain untuk anak-anak beserta keluarga wisatawan semua. Antara lain Sepeda Wisata, perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan,

8. Istana Burung

burung merak di taman wisata pendidikan purbasari pancuran mas
Taman istana burung di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas. Foto: Google Maps/Muhammad Abdurrozak

Istana Burung menyuguhkan daya tarik unggas/burung lokal maupun mancanegara. Lebih dari 75 jenis burung eksotis dan langka dari sejumlah negara hadir disini. Mulai dari Merak, Elang laut, Sedirit Sanghie sampai Lady Peasant.

Fasilitas TWP Purbasari Pancuran Mas

Berbagai fasilitas tersedia di taman wisata pendidikan ini. Tujuannya agar wisatawan semakin nyaman menghabiskan waktu rekreasi dan liburan. Fasilitas umum seperti musala, toilet dan gerai cenderamata, selain itu berikut beberapa fasilitas lainnya:

Homestay

Dengan tarif Rp 325.000, Homestay Kraca Bungur dilengkapi AC, LD TV, kamar mandi dalam, springbed queen size. Disediakan makan satu kali untuk dua orang, dan meeting hall. Menariknya, tamu homestay mendapatkan gratis wisata di Purbasari.

Camping Ground

Fasilitas penginapan ini disediakan bagi yang menyukai sensasi petualangan. Dilengkapi tenda besar lengkap dengan tempat tidur, welcome drink, makan satu kali, serta gratis tiket wisata. Kapasitasnya yang cukup untuk 20 orang per tenda, sangat cocok untuk keluarga. Dengan pemesanan minimal 20 orang, tarif pe orang Rp 20.000.

Night New Purbasari

Ini merupakan daya tarik wisata malam yang memberikan sensasi tersediri. Wisatawan dapat menikmati beraneka wahana dengan sorotan lampu warna-warni. Pada paket wisata ini, juga akan disuguhkan seni Lengger khas Banyumasan serta menikmati makan malam.

Lokasi TWP Purbasari Pancuran Mas

Taman Wisata Pendidikan ini berada di Purbayasa, Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53372. Informasi lebih lanjut silakan meghubungi Telp. 0281 6598555 /  Fax. (0281) 6598666 (pada jam kerja (08.30 – 16.30) atau Hotline Humas 0821 3324 5665 / 0857 2713 9688. Email: marketing.purbasaripancuranmas@yahoo.com dan media sosial Instagram @purbasari_pancuran_mas_new.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.