Selasar Sunaryo Harga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000 Jam Buka: 10.00 - 20.00 No. Telepon: 0222507939 Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial,Cimenyan,Bandung,Jawa Barat,Indonesia ,40198.

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) adalah galeri seni yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Galeri ini diresmikan sejak 1998 untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia. Selasar menggambarkan area terbuka untuk mempertemukan karya seni pada audiensinya.

Galeri seni nirlaba ini dibangun oleh Sunaryo, seniman kontemporer mantan dosen seni rupa ITB. Selain menampilkan karya-karya Sunaryo, galeri ini juga memfasilitasi karya seniman lain, terutama kontemporer.

Harga Tiket Masuk Selasar Sunaryo

Pengunjung yang datang dan ingin melihat berbagai koleksi seni di galeri ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuknya masih terjangkau, hanya dibedakan berdasarkan tiket biasa dan tiket akses ke semua.

Harga Tiket Masuk Selasar Sunaryo Bandung
Tiket Masuk BiasaRp15.000
Tiket Masuk All AccessRp25.000

Baca: NuArt Sculpture Park Tiket & Atraksi

Jam Buka Selasar Sunaryo

Pengunjung bisa datang ke galeri ini mulai selasa hingga minggu. Buka dari pagi sampai sore hari. Sedangkan untuk hari Senin dan tanggal merah galeri ini tutup.

Jam Buka Selasar Sunaryo Art Space
Selasa – MingguPk. 10.00. – 17.00
Senin dan Libur NasonalTutup

Seni dan Daya Tarik Wisata

Mogus-mogus monokrom nuansa putih dalam karya Satu di Selasar Sunaryo Bandung
Mogus-mogus monokrom nuansa putih dalam karya “Satu” merupakan metafora untuk mengingat Tuhan & bagaimana kita menggantungkan harapan dalam susunan memori dalam benak di Selasar Sunaryo Bandung.
Foto : Instagram/selasarsunaryo

Wisatawan yang datang ke Selasar Sunaryo wajib mematuhi peraturan yang berlaku untuk area SSAS. Wisatawan perlu menjaga jarak aman dari karya seni dan tidak diperkenankan menyentuhnya. Hal ini karena sifat karya seni yang sensitif dan rapuh.

Selasar Sunaryo adalah area bebas rokok. Penggunaan fotografi untuk kepentingan pribadi juga tidak diizinkan. Setiap foto dan video yang dibuat harus mendapat izin terlebih dahulu dari SSAS.

Koleksi Selasar Sunaryo

salah satu karya Multiple Hands by Mulyana dkk di Selasar Sunaryo Bandung
salah satu karya Multiple Hands by Mulyana dkk di Selasar Sunaryo Bandung. Foto : Instagram/selasarsunaryo

Ini adalah kumpulan karya pencerminan periode pekerjaan dan karier Sunaryo pada berbagai medium. Koleksinya meliputi patung, lukisan, dan instalasi. Karya-karya seni dalam koleksi ini telah disumbangkan oleh Sunaryo ke Selasar Sunaryo Foundation. Contohnya antar lain lukisan berjudul Between Heaven and Earth (Yin dan Yang), Karamba & Aqua, dan Baliku II.

Karya seni ini adalah koleksi pribadi Sunaryo dan tidak dipajang di galeri. Beberapa contohnya lukisan Adzan Lime Stone, Emas di Ladang Kelam II, dan Bunga Merah.

Beberapa koleksi di galeri ini merupakan karya seni donasi dari berbagai seniman. Sunaryo memulai koleksi ini sejak tahun 1974. Salah satu contohnya adalah karya ‘Pakuon’. Yaitu lukisan media kaca 79×59 cm berjudul Nuansa Perjalanan karya seniman Haryadi Suadi tahun 1986.

Baca: Museum Sri Baduga Bandung Tiket & Koleksi

Amfiteater Mini

Amfiteater Mini
Amfiteater Mini di Selasa Sunaryo Bandung.
Foto : Google Maps/Arne Trautmann

Keseluruhan area SSAS dirancang serba artistik. Mulai dari ruang pamer seni, bangunan-bangunan di dalamnya, hingga mushola. Yang mengesankan wisatawan adalah amfiteater mininya.

Tempat ini menarik perhatin setiap wisatawan karena berada di tengah-tengah SSAS. Amfiteater ini dibangun simteris sempurna dengan pertimbangan keakustikan. Hal ini mengikuti teknologi kuno yang digunakan Colloseum di Italia.

Baca: Museum Geologi Bandung Tiket & Atraksi

Pameran Seni

Lorong instalasi spesial karya Sunaryo
Jarum waktu terus berdetak dan ruang Selasar terus berevolusi. Lorong bambu membentang menembus tembok-tembok Selasar. Lorong ini merupakan bagian dari instalasi spesial karya Sunaryo untuk ulang tahun Selasar ke-20 di Selasar Sunaryo Bandung. Foto : Instagram/selasarsunaryo

Selasar Sunaryo secara berkala menggelar pameran karya seni. Seperti Lawangkala yang diselenggarakan bertepatan perayaan 20 tahun SSAS. Lawangkala menampilkan karya-karya instalasi dan multidisiplin berbasis serat sebagai realisasi gagasan kesementaraan.

Lawang berarti ‘gerbang’ dan kala adalah ‘waktu’. Mengenang 1998 hingga 2018, Sunaryo menyadari yang ia lakukan tak bisa diulang. Sobekan dan jahitan merupakan ekspresivitasnya yang tidak bisa digantikan dengan sapuan kuas.

Pameran lainnya yang pernah digelar yaitu Bale Project. Pameran itu merupakan kolaborasi 20 orang seniman yang telah digelar tahun 2018.  Beberapa dari seniman yang terlibat adalah Joko Avianto, Arin Dwihartanto Sunaryo, dan M. Reggie Aquara.

Baca: Museum Asia Afrika Tiket & Atraksi

Kopi Selasar

Area Kopi Selasar
Area Kopi Selasar di Selasar Sunaryo Bandung. Foto : Instagram/selasarsunaryo

Kopi Selasar menawarkan santapan dan kopi nusantara dengan sajian kesejukan alam. Area ini menyediakan bangku dan meja kayu yang ditata apik di bawah kerindangan pohon. Lebih dari 11 lampu cantik menggantung di tiap atap.

Menu andalannya adalah Kopi Selasar berbahan biji kopi, jahe, dan susu. Harga makanan dan minuman berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 78.000. Tersedia hotspot wifi, dan payung besar untuk kenyamanan pengunjung.

Ada bangku khusus yang ditata menghadap Amfiteater. Dari posisi tersebut, pengunjung dapat menikmati perpaduan seni dan alam. Kopi Selasar dibuka setiap Senin – Kamis Pukul 11.00 – 17.00 dan Jumat, Sabtu Pukul 11.00 – 22.00.

Baca: Trans Sudio Bandung Tiket & Wahana

Cinderamata Selasar

Area ini berupa toko galeri, saham berbagai eksklusif reproduksi seni, poster pameran, kartu, poster, dan kerajinan. Terdapat pula buku-buku seni rupa, desain, arsitektur, sastra kontemporer dan budaya, fotografi, serta katalog pameran.

Pustaka Selasar

Merupakan fasilitas yang terbuka untuk sejak September 2008 dan dapat diakses masyarakat umum. Pustaka Selasar dibuka Selasa – Minggu Pk. 10.00–17.00 sedangkan Senin dan Libur Nasional ditutup.

Pustaka ini diperuntukan sebagai pusat adat, penelitian, dan dokumentasi yang berisi 1500 benda seni. Meliputi seni rupa, fotografi, pameran katalog, teater dan sastra, film, makalah, dan transkip.

Fasilitas

Di dalam area seluas 2.000 meter2 terdapat Wot Batu. Sebuah instalasi taman batu, karya Sunaryo yang diartikan sebagai ‘Jembatan Batu’. Mushola yang disediakan cukup untuk lima orang juga dengan desain seni memberi suasan teduh.

Lokasi Selasar Sunaryo Bandung

Galeri seni ini berada di Jl. Bukit Pakar Timur No.100 Bandung – 40198. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Telp. (+62) 22 250 7939 Fax (+62) 22 251 6508.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here