Wot Batu Harga Tiket: Rp30.000 - Rp50.000 Jam Buka: 10.00 - 18.00 No. Telepon: (022) 82524480 Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial,Cimenyan,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40198.

Suatu karya seni memang sudah seharusnya mendapatkan apresiasi. Apresiasi itu dapat berupa sebuah galeri yang memajang hasil karya tersebut, seperti Wot Batu yang ada di Bandung. Karya seni dari batu ini adalah buatan seorang seniman senior bernama Sunaryo.

Seniman kelahiran Banyumas ini, kini menetap di Bandung bersama karya seninya. Monumen batu karya Sunaryo ini lahir dari konfigurasi energi spiritual dari perjalanannya. Yang mana, di sini ditampilkan instalasi seni menggunakan batu, media seni ciri khas Sunaryo.

Harga Tiket Masuk Wot Batu

Karya seni merupakan hal yang sangat berharga, sudah selayaknya diapresiasi. Oleh karena itu, tak heran jika masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk. Selain itu, pengunjung juga harus menunjukkan kartu identitas untuk masuk ke dalam area monumen.

Harga Tiket Masuk Wot Batu
Tiket umumRp50.000
Grup lebih dari 15 orangRp30.000
PelajarRp30.000
SenimanRp30.000
Anak di bawah 5 tahunRp30.000
Lansia di atas 70 tahunGratis

Baca: SELASAR SUNARYO Tiket & Ragam Koleksi

Jam Buka Wot Batu

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung harus memperhatikan waktu kunjungan. Karena Wot Batu tidak dibuka setiap hari. Serta jam kunjungan hanya di siang hingga sore hari.

Jam Operasional
Selasa – Minggu10.00 – 18.00 WIB
Senin dan hari libur nasionalTutup

Mengagumi Karya Seni Batu yang Begitu Indah

kawasan taman wot batu bandung
Area taman wot batu yang hijau dan asri. Foto: Gmap/Bernardo Bertolucci

Menempati ruang terbuka seluas 2.000 meter persegi, menjadi rumah bagi hasil karya seni Sunaryo. Di sini, terdapat 11 instalasi bebatuan yang diletakkan secara harmoni dan menyatu dengan alam. Yang mana menimbulkan ketenangan bagi siapapun yang memandangnya.

Kurang lebih terdapat 135 bebatuan yang diambil dari batu vulkanik di Bandung dan Jawa Barat. Ada juga batu yang khusus diambil dari Gua Hira, namun ukurannya tidak besar. Batu – batu ini digunakan tanpa mengubah bentuk aslinya, supaya dapat menampakkan sifat asli batu tersebut.

Baca: Taman Batu Purwakarta Tiket & Berbgai Aktivitas Menarik

Pemandangan di dalam bangunan pun begitu asri, perpaduan batu alam dengan hijaunya pepohonan. Pengunjung pun diperbolehkan berfoto dengan instalasi batu di sini. Namun, hanya diperbolehkan menggunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar. Berikut beberapa karya seni batu yang terdapat di Wot Batu Bandung

Batu Gerbang yang menjadi Penyambut Pengunjung

Batu Gerbang menjadi penyambut pengunjung yang datang ke monumen. Batu – batu ini menjadi lorong transisi dengan pilar dan kanopi. Dimana pilar dan kanopi ini menjadi pemisah dimensi Wot Batu dengan dunia luar.

Batu Mushalla

Batu Mushalla ini cukup spesial, karena salah satu batunya diambil dari Gua Hira. Di sini, terpasang kaca yang dicetak dengan surat Al Fatihah di atasnya. Batu dari Gua Hira ini dimaksudkan sebagai penghubung Wot Batu dengan Makkah.

Batu Air

karya seni batu air
Batu Air. Foto: Gmap/Herry Mulya

Dari kejauhan, Batu Air tampak seperti Stonehenge yang berdiri di atas air. Bebatuan ini dikomposisikan di atas kolam air tanpa batas, sehingga melebur dengan alam secara sempurna. Pantulan dari batuan ini menjadi gambaran akan perspektif damai kematian.

Batu Abah Ambu

Abah Ambu di sini melambangkan maskulin dan feminin. Sepasang batu pertama yang merepresentasikan asal kehidupan. Dimana simbol ini juga merupakan dua elemen yang kontras dan harmoni.

Antara Bumi dan Langit

Ada karya seni yang diberi nama Antara Bumi dan Langit. Karya seni ini merepresentasikan dualisme di alam semesta. Dimana dua komposisi bebatuan bersatu sebagai lambang keseimbangan antara bumi dan langit.

Baca: SESAR LEMBANG Pesona Alam Yang Memukau

Batu Mandala

Batu Mandala cukup unik, berbentuk persegi tak beraturan dengan pahatan melingkar di tengahnya. Pahatan ini merupakan garis simetris mandala yang menggambarkan narasi akan hubungan manusia dengan manusia lainnya.

Batu Angin

Batu Angin masih berpasangan dengan Batu Mandala secara konseptual. Batu yang tinggi dan megah ini merepresentasikan hubungan manusia dengan Tuhan dan alam semesta.

Lawang Batu

karya batu lembang
Lawang Batu. Foto: Gmap/fify s

Melihat Lawang Batu, mengingatkan dengan film kartun berjudul The Flintstone. Terletak di tengah Wot Batu sebagai pintu yang membuka jalan dari kehidupan menuju kematian. Sunaryo juga memberi cap jarinya di atasnya sebagai catatan peradaban modern.

Baca: NuArt Sculpture Park Tiket & Berbagai Atraksi dan Koleksi

Wot Batu

Wot dalam bahasa Jawa berarti jembatan. Di sini, ada juga instalasi yang menggambarkan keselarasan. Yaitu keselaran otak manusia yang seimbang antara kanan dan kiri.

Lokasi dan Kontak Wot Batu

Monumen batu ini berlokasi di Jalan Bukit Pakar Timur No.98 #1 Bandung. Pengunjung dapat menghubungi nomor 022-825-244-80 untuk informasi lebih lanjut.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here