Beranda Tiket Wisata

TAMAN CEMPAKA Wisata Hemat Di Rimbunnya Pepohonan Desember 2021

Taman CempakaHarga Tiket: GratisJam Buka: 05.30 - 19.00No Telp: -Alamat: Jl. Setu Cipayung Jl. Rawa Lindung No.146, RW.4, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, 13870

Taman Cempaka merupakan salah satu taman yang dapat menjadi destinasi wisata gratis bagi masyarakat Jakarta Timur. Tamannya teduh karena rimbunnya pepohonan yang menyejukkan suasana. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga cukup memadai.

Taman ini berdiri di atas lahan seluas 64 hektar. Letak taman ini berada dekat pemukiman warga, sehingga mudah dijangkau bagi warga yang ingin mengunjunginya. Selanjutnya, di taman ini juga terdapat danau buatan yang sangat luas sebagai arena pemancingan. Taman ini juga menjadi lokasi favorit untuk berolahraga dan bermain bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Taman Cempaka

Untuk dapat masuk ke dalam Taman Cempaka tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Karena taman ini di bawah pengelolaan Pemerintah DKI Jakarta sebagai fasilitas kota. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya untuk membayar parkir dan membeli jajanan di sekitar taman.

Harga Tiket Masuk
Anak-anak dan DewasaGratis
Fasilitas Parkir
MotorRp 2.000
MobilRp 2.000

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Taman Kota Di Jakarta

Jam Buka Taman

Taman Cempaka buka mulai pukul 05.30 WIB sampai pukul 19.00 WIB. Pengunjung yang ingin berolahraga pagi bisa datang pagi hari pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Saat udara belum terlalu panas dan sejuknya udara pagi masih terasa di sekitar taman.

Jam Operasional
Setiap hari05.30 – 19.00 WIB

Aktivitas Seru di Taman Cempaka

Berolahraga di Taman Cempaka
Pengunjung dapat berolahraga di pagi hari. Foto: Google Map/Muhamda Tohir

Banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Taman Cempaka. Aktivitas tersebut antara lain memancing, berolahraga, piknik, berfoto, atau bermain di area permainan anak. Selain itu, di taman ini sering juga berlangsung kegiatan gathering atau arisan di sini. Hanya dengan bermodal tikar dan bekal makanan dari rumah sudah bersilaturahmi bersama keluarga dan sahabat.

Bagi yang ingin berolahraga, pengelola taman menyediakan trek lari yang nyaman. Olahraga yang dapat dilakukan selain lari yaitu senam bersama. Areanya yang luas sangat memungkinkan untuk menampung peserta senam dalam jumlah banyak.

Selanjutnya, peserta juga dapat melakukan olahraga lain seperti zumba atau peregangan. Pilihlah wilayah di bawah pohon agar tidak langsung terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk membawa air minum agar tidak dehidrasi setelah olahraga.

Memancing di Danau Taman Cempaka

Memancing di danau Taman Cempaka
Pengunjung boleh melakukan kegiatan memancing di danau yang ada di tengah taman. Foto: Google Map/Indah Novianti

Fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik yaitu danau pemancingan. Bagi hobi memancing boleh melakukannya di sini. Memancing sambil duduk di bawah pohon yang rindang dan berteman dengan secangkir kopi memang sangat menyenangkan. Jangan lupa membawa bekal makanan agar tidak perlu khawatir harus meninggalkan pancingan.

Jenis ikan yang ada di danau ini yaitu ikan nila dan bawal. Benih ikan tersebut dimasukkan ke dalam danau pada tahun 2017 sebanyak 1.000 buah. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu berebutan hasil tangkapan ikan.

Piknik

Berkunjung ke Taman Cempaka tak lengkap rasanya jika tidak berpiknik. Banyak area yang dapat digunakan untuk menggelar tikar. Jangan lupa bawa makanan dari rumah agar suasana piknik semakin terasa.

Selain piknik di sini sering juda berlangsung acara arisan. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk cukup memudahkan bagi yang ingin melakukan acara kumpul-kumpul. Pilihlah tempat yang teduh dan asri agar acara dapat berjalan dengan kondusif.

Berfoto

Di taman cempaka terdapat beberapa area foto yang menarik. Salah satunya yaitu di tengah rimbunnya pepohonan. Berposelah seperti sedang berada di dalam hutan. Kemudian, tepi danau juga sering menjadi pilihan area berfoto yang cukup bagus.

Selanjutnya, pengunjung dapat menunjukkan keceriannya dengan berfoto di area permainan anak. Bergayalah seperti sedang bermain sungguhan sehingga foto akan terlihat alami.

Berkeliling Taman dan Area Permainan Anak

Arena bermain anak di Taman Cempaka Jakarta Timur
ANak-anak dapat bermain di area permainan anak. Foto: Google Map/Ella Hannan

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan yaitu berkeliling taman. Menikmati panorama pepohonan, danau, dan langit yang cerah bersama teman atau keluarga. Kemudian, jika sudah bosan berkeliling, lanjutkan dengan menikmati fasilitas permainan anak di sini. Meski namanya area permainan anak, orang dewasa juga dapat menggunakan beberapa wahana di sini. Perhatikan berat dan bentuk tubuh agar tidak membahayakan saat bermain.

Fasilitas Taman Cempaka

Dalam hal fasilitas, pengelola taman sudah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain danau buatan trek lari, arena permainan anak, toilet, musala, tempat sampah, gazebo, bangku taman, dan lahan parkir.

Pengelola berharap pengunjung dapat menjaga fasilitas yang ada. Selain itu, terdapat himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu perlu mendapat perhatian agar fasilitas di sini dapat terus terjaga untuk kenyamanan bersama.

Lokasi Taman Cempaka

Taman Cempaka berlokasi di Jakarta Timur, khususnya di daerah Cipayung. Lokasinya mudah untuk dijangkau oleh siapa saja.Jika menggunakan angkutan umum, bisa memilih bus Transjakarta jurusan Pinang Ranti. Selanjutnya, turun di Halte Garuda Taman Mini. Lalu, lanjutkan naik angkot T01 dari seberang halte. Terakhir, turunlah di Kantor Kelurahan Cipayung Baru dan berjalan kaki sejauh 1 kilometer untuk sampai ke taman ini.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 16

Kasi Bintang