Taman Kupu-Kupu Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Cihanjuang,Parongpong,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,40559.

Jika ingin mengenal dan mempelajari hewan, tidak selalu harus datang ke kebun binatang. Ada tempat wisata bernama Taman Kupu-kupu, yang memungkinkan pengunjung mengenal dan mempelajari serangga. Namun tentu saja, sesuai namanya tempat ini hanya memiliki Kupu-kupu.

Meski begitu, taman yang ada di Bandung ini memiliki banyak spesies berbeda. Pengunjung dapat puas menyaksikan keindahan berbagai spesies Kupu-kupu ini. Selain taman Kupu-kupu, di sini juga dilengkapi dengan wahana wisata seperti playground.

Harga Tiket Masuk Taman Kupu-kupu Bandung

Untuk masuk objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Tiket ini dapat ditukar dengan pin Kupu-kupu untuk dapat dibawa pulang sebagai souvenir. Selain itu, pengunjung akan dipinjami topi warna – warni untuk dikenakan di dalam taman.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Taman Kupu-kupuRp20.000
Tiket masuk arena outboundRp20.000

Baca: PETA PARK Bandung Tiket & Raga Aktivitas Wisata

Jam Buka

Waktu yang tepat untuk mengunjungi taman rekreasi ini adalah di pagi hari. Karena saat itu, Kupu-kupu banyak berterbangan di luar ruangan. Sementara di siang hari, Kupu-kupu banyak bersembunyi.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 17.00 WIB

Menikmati Keindahan Warna – Warni Kupu-kupu

Gapura Taman Kupu-kupu. Foto: Gmap/Harto Mulyono

Taman Kupu-kupu Bandung tertata sangat rapi dan indah. Tidak hanya Kupu-kupu, di sini juga dibuat taman dengan bunga warna – warni. Rumput menghampar luas membuatnya terlihat indah berpadu dengan warna – warni bunga.

Kupu-kupu dibiarkan di alam bebas, namun tetap diberi batasan berupa jaring transparan. Hal ini dimaksudkan supaya Kupu-kupu tidak terbang keluar dari taman. Meski begitu, area yang dibuat untuk Kupu-kupu pun luas dan penuh dengan bunga.

Baca: D’Dieuland Bandung Tiket & Aktivitas Wisata Menarik

Serangga nan indah ini sangat menyukai bunga warna – warni. Oleh karena itu, di sekitar bunga banyak sekali dihinggapi Kupu-kupu. Dan topi warna – warni yang dikenakan pengunjung berguna untuk menarik minat serangga ini.

Ratusan Kupu-kupu Memenuhi Taman

area hijau taman kupu-kupu
Taman rekreasi yang cukup asri diitata rapi. Foto: Gmap/KIKI ariani

Di taman yang indah ini, pengunjung akan disambut oleh gapura dengan gaya Bali. Kawasan taman ini begitu luas, yaitu sekitar 5.000 meter persegi. Pengunjung dapat menikmati taman dengan berjalan searah jarum jam.

Di sini, terdapat kurang lebih 300 Kupu-kupu dari 35 jenis spesies yang berbeda. Ada yang berwarna cerah, ada juga yang berwarna seperti warna tumbuhan. Kupu-kupu ini akan ramai berkeliaran di pagi hari.

Ada juga jenis Kupu-kupu raksasa yang bernama rama – rama. Rama – rama aktif di malam hari, namun kadangkala serangga besar ini muncul di siang hari. Sayapnya begitu penuh corak, apalagi warnanya yang cokelat menambah keindahan rama – rama.

Menyaksikan Siklus Hidup Kupu-kupu

Kupu-kupu memiliki siklus hidup mulai dari telur, ulat, kepompong, hingga menjadi Kupu-kupu. Di sini, terdapat rumah kepompong, tempat kepompong ditangkarkan. Dimana terdapat puluhan calon Kupu-kupu yang tersusun rapi siap untuk keluar.

Jika beruntung pengunjung dapat menyaksikan Kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong. Kepompong bergoyang – goyang yang menandakan Kupu-kupu akan menyambut dunia luar. Setelah itu, Kupu-kupu membutuhkan waktu 3 – 4 jam untuk mempersiapkan dirinya terbang.

Baca: Taman Hutan Raya Djuanda Tiket & Berbagai Aktivitas di Rimbunnya Hutan Kota 

Pengunjung diperbolehkan untuk menyaksikan lebih dekat atau menyentuh Kupu-kupu yang baru keluar ini. Tentunya dengan sangat hati – hati karena Kupu-kupu masih sangat rapuh. Dan tentunya jangan lupa untuk mengabadikan momen yang langka ini.

Bermain Seru di Playground Taman Kupu-kupu

Anak – anak bermain di Playground. Foto: Gmap/Mieke Irawati

Selain wisata edukasi mengenai Kupu-kupu, di sini anak – anak juga dapat bermain. Tersedia area playground dengan berbagai macam permainan seru. Seperti seluncuran dan lorong kecil yang menantang.

Tidak hanya itu, ada juga arena rumah pohon yang sangat seru. Anak – anak dapat naik ke rumah pohon tersebut. Ada juga jembatan kayu dengan pegangan tali, yang mana spotnya sangat indah untuk berfoto.

Fasilitas Taman

Di sini terdapat toko souvenir yang menyediakan souvenir berbau Kupu-kupu. Pengunjung yang ingin mencari Kupu-kupu yang diawetkan pun ada di sini. Selain itu, ada juga kafe outdoor bernama Kafe Starduck.

Lokasi Taman Kupu-kupu

Berlokasi di Jalan Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat. Berjarak 13 kilometer dari pusat kota Bandung. Bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here