Beranda Tiket Wisata

Museum Barli Bandung Tiket Masuk & Ragam Koleksi Seni - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Museum Barli : Rp20.000Jam Buka: 10.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: 0222011898Alamat: Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Sukasari, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40152

Selain wisata alam yang indah, Bandung juga memiliki banyak alternatif wisata lainnya. Bagi pecinta seni ada terdapat beberapa lokasi yang dapat dijadikan pilihan di Bandung. Salah satunya adalah Museum Barli yang terletak di daerah Sukasari. Menawarkan wisata seni yang memiliki beragam koleksi karya lukisan yang indah.

Kumpulan lukisan yang dipamerkan di Museum ini adalah karya para seniman daerah Bandung dan sekitarnya. Tak hanya karya lukis, ada pula koleksi mainan kuno yang menjadi daya tarik. Hal tersebut tentu menjadi satu hal yang membuat museum ini berbeda. Semakin kesini wisata museum ini pun semakin berkembang. Areanya sudah dilengkapi café estetik yang terlihat instagramable. Tempatnya  sangat strategis karena terletak di pusat kota Bandung.

Harga Tiket Masuk Museum Barli

Bagi yang tertarik untuk berwisata ke museum seni ini untuk tarif masuknya cukup terjangkau. Begitu pula dengan harga makanan dan minuman yang ada di cafenya. Setelah memegang tiket wisatawan sudah bisa melihat aneka karya seni bernilai tinggi.

Harga Tiket Museum Barli
Tiket MasukRp20.000
Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: SELASAR SUNARYO Tiket & Koleksi Seni

Jam Buka Museum Barli

Museum ini hanya buka enam hari dalam seminggu. Untuk ruang museum sendiri buka dari pagi sampai sore. Sementara untuk cafenya beroperasi hingga malam hari.

Jam Buka Museum Barli
AreaHariJam Buka
MuseumSenin-Sabtu10.00 WIB – 17.00 WIB
CafeSenin-Minggu10.00 WIB – 22.00 WIB

Museum Lukisan dan Mainan Zaman Dulu

koleksi lukisan dan karya seni indah lainnya di Museum Barli
Tamppilannya yang estetik dan instagramable sangat menarik untuk para anak muda. Foto: Gmaps/Lea Aulia Rahmat

Museum Barli memiliki konsep yang berbeda dibandingkan museum seni lainnya. Salah satunya karena mengombinasikan koleksi lukisan dan mainan zaman dulu (jadul). Jadi selain menikmati keindahan lukisan wisatawan sekaligus bernostalgia dengan mainan era-era tahun 80-90an. Museum ini sendiri sebenarnya sudah lama berdiri. Namun baru beberapa tahun belakangan namanya semakin banyak terdengar.

Awalnya tempat ini adalah tempat pameran pribadi dan tidak dibuka untuk umum. Namun kini tempat ini sudah jadi museum wisata untuk umum.  Selain museum ada juga café estetik yang cocok untuk nongkrong dan bersantai. Café tersebut dilengkapi dengan area hangout yang membuat tidak terasa membosankan.

Baca: NuArt Sculpture Park Tiket & Atraksi

Sejarah Museum Barli

Museum Barli berdiri sejak tahun 1992 oleh seorang seniman bernama Barli Sasmitawinata. Pembangunan tempat ini bermaksud sebagai media pameran seni lukisan. Karya seni yang tampil pun mayoritas dari para seniman Jawa Barat khusunya Bandung. Dengan luas sekitar 1.200 meter persegi awalnya museum ini tidak terbuka untuk umum.

Kehadiran museum Barli bisa jadi sarana edukasi tentang dunia seni rupa di Bandung.  Bangunan ini dapat menjadi media pembelajaran mengenai perkembangan dunia seni rupa di kota kembang. Barli Sasmitawinata meninggal pada tahun 2007. Namun museum ini terus beroperasi dan semakin populer.

Baca: Taman Batu Purwakarta Tiket & Aktivitas

Terdiri Dari Banyak Ruang

Tampilan di dalam Museum Barli
Wisatawan dapat melihat beragam koleksi lukisan dari para seniman lokal. Foto: Gmaps/Richard Saptabharata

Bangunan museum ini cukup luas dan memiliki tiga lantai utama serta basement. Setiap lantainya memiliki nama dan fungsi masing-masing. Lantai pertama bernama Lantai Nakisbandiah. Ruangan ini dipakai untuk tempat pendidikan, diskusi seni dan juga belajar melukis

Masih di lantai pertama bagian sayap ada ruang bernama Chandra’s Gallery. dipakai sebagai ruang pameran Lukisan karya seniman-seniman Kota Kembang. Lukisan yang ada menampilkan perkembangan gaya seni lukis dari waktu ke waktu. Wisatawan jelas akan belajar banyak tentang lukisan dan sejarahnya.

Kemudian di lantai kedua ada ruang bernama Ruang Atikah. Ruang ini lebih menarik lagi karena memamerkan karya-karya pilihan Bardi. Ditampilkan pula koleksi-koleksi khusus bernilai tinggi. Sementara untuk lantai ketiga adalah ruang pribadi yang tidak dibuka untuk umum

Di bawah lantai pertama ternyata ada ruangan lagi. Di bagian basement ini diberi nama ruang Agung. tempat ini cukup luas dan sering dipakai untuk event pameran seni rupa.

Baca: KEBUN BINATANG Bandung Harga Tiket & Atraksi Satwa

Koleksi Mainan Jadul Yang Unik

Ruang yang menampilkan koleksi mainan jadul di Museum Barli
Selain karya lukis wisatawan juga dapat bernostalgia dengan mainan-mainan jadul yang dipamerkan di museum ini. Foto: Gmaps/Reni Purnama Sari

Selain lukisan Museum Barli juga punya sisi unik. Adalah ruang yang memamerkan banyak sekali koleksi mainan jadul. Di area tersebut wisatawan bisa melihat mainan yang pernah jadi trend di masa lalu. Ada gameboard dengan berbagai macam bentuk, robot-robotan jadul, dan mobil-mobilan. Bagi penggemar mainan, ruang ini bisa jadi tempat bernostalgia.

Selain mainan jadul ada pula koleksi majalah hingga komik. Banyak sekali koleksi komik dengan beragam tema. Namun kebanyakan adalah super hero dan anime.

Baca: MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Tiket Masuk & Atraksi

Café Estetik Cocok Untuk Nongkrong

Keindahan salah satu sudut cafe Museum Barli
Tempat ini juga cocok untuk nongkrong karena adanya cafe dengan tampilan yang kekinian. Foto: Gmaps/Ika Jati

Setelah puas berkeliling wisatawan bisa beristirahat dan nongkrong di Café Barli. Area café ini menjadi tambahan baru di wisata museum. Dibangun saat renovasi agar lebih menarik wisatawan khusunya anak muda. Area Café ini sangat cocok untuk tempat santai dan berkumpul, khususnya para anak muda. Bangunan yang bernilai seni tinggi dengan spot foto menarik di setiap sudutnya.

Sedikit berbeda dengan area museum, jam operasional cafe lebih panjang. Tersedia beberapa permainan yang bisa dicoba, salah satunya adalag meja Billyard.

Tapi yang paling penting adalah menu yang ada di dalam café. Tersedia beragam menu mulai dari minuman, makanan hingga snack.

Fasilitas Museum Barli

Wisata museum di tengah kota ini menyediakan fasilitas yang sangat memadai. Tersedia area parkir yang luas, toilet, ruang event, mushola hingga ruang untuk belajar melukis. Dengan fasilitas yang beragam membuat pengunjung akan merasa nyaman dan betah.

Lokasi Museum Barli

Wisata museum ini beralamat di Jl. Prof. Dr. Sutami No.91, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Hanya berjarak sekitar 6km dari alun-alun Bandung. Lokasinya dekat juga dengan wisata belanja terkenal di Bandung yaitu Braga City Walk.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini