Taman Pelangi Jurug Solo merupakan wahana wisata andalan di area Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo. Taman ini merupakan wisata malam yang menawarkan keindahan gemerlap cahaya berbagai replika di dalamnya.

Pada siang hari wisatawan bisa mengeksplorasi konservasi aneka satwa koleksi TSTJ (Solo Zoo). Diresmikan tahun 2017, malam harinya giliran lampu warna-warni yang jadi hiburan. Ribuan lampu beragam warna menghiasi gerbang masuk, sepanjang jalan, taman hingga wahana permainan.

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi Jurug Solo

Pengunjung yang datang ke taman rekreasi ini akan dikenakan biaya tiket. Namun, tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk masih cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi Jurug
Senin – JumatRp20.000
Hari Libur dan Akhir PekanRp25.000

Baca: THE HERITAGE PALACE Solo Tiket & Atraksi

Jam Buka Taman Pelangi Jurug

Taman Pelangi Jurug merupakan taman lampu yang meriah di malam hari. Wisatawan dapat berkunjung setiap hari mulai jelang malam untuk berwisata di tempat ini.

Jam Operasional
Senin – Minggu17.00 – 23.00 WIB
Dancing Fountain19.00, 20.00 dan 21.00

Aktivitas Wisata dan Wahana

Gerbang Masuk Taman Pelangi Jurug Solo
Gerbang Masuk Taman Pelangi Jurug Solo. Foto : Instagram/advendy saputra

Taman Pelangi ini didukung infrastruktur dan taman yang menambah keindahan dan kenyamanan pengunjung. Banyak spot menarik yang dibuat oleh pengelola bisa digunakan sebagai tempat untuk berswafoto. Beberapa ornamen pun ditambah sehingga memberikan nilai tersendiri bagi wisatawan yang gemar berfoto.

Secara keseluruhan, Taman rekreasi ini membutuhkan daya listrik sebesar 180 ribu watt. 80 ribu watt di antaranya khusus digunakan untuk wahana dancing fountain. Sisanya digunakan untuk spot taman lampion dan wahana permainan anak.

Sebelum memasuki area taman, terdapat gerbang besar khas Tiongkok untuk menyambut wisatawan yang datang. Lampu-lampu dirangkai dan dibentuk menjadi beragam kreasi yang unik dan menarik. Mulai dari aneka bentuk bunga, hewan-hewan, terowongan, istana, pohon, dan lain sebagainya.

Baca: PANDAWA WATER WORLD Solo Tiket & 4 Wahana

1. Dancing Fountain

Taman Pelangi Jurug terletak di area Kebun Binatang Solo
Area lokasi air mancur menari. Foto : Instgaram/ragamsolo

Dalam menambah kemeriahan, Taman Pelangi Jurug menghadirkan dancing fountain satu-satunya di Solo Raya. Dari deretan wahana yang ada, air mancur menari ini tak boleh dilewatkan. Air mancur selebar 18 meter ini menampilkan keindahan air mancur dengan lampu indah.

Terletak di ujung Taman Pelangi, air mancur meliuk-liuk sesuai irama lagu yang diputar. Lengkap dengan sorot laser aneka warna, sesekali muncul efek laser dan kobaran api. Tontonan semakin seru ketika tersembur air setinggi 30 meter selama beberapa detik.

Geraknya terpadu menyesuaikan musik yang digambarkan sorot laser water screen yang memutarkan video. Misalnya, laser saling sorot membentuk kapal saat soundtrack Titanic, My Hear Will Go On dimainkan.

Dancing Fountain meliuk indah di Taman Pelangi Jurug Solo
Dancing Fountain meliuk indah di Taman Pelangi Jurug Solo. Foto : Instagram/hilarius5150

Dalam sehari, dancing fountain beroperasi tiga kali, yakni pukul 19.00, 20.00 dan 21.00. Sekali tampil, atraksi air mancur berdurasi 2 – 4 lagu atau 10 – 20 menit. Setiap kali atraksi dimulai, wisatawan akan berkumpul di wahana ini.

Baca: ATLANTIC Dreamland Salatiga Tiket & 5 Wahana Anak

2. Taman Lampion

Replika bentuk Istana Tamn Pelangi Solo Jawa Tengah
Replika bentuk Istana Taman Pelangi Solo. Foto : Instagram/noviazaenal

Karena merupakan wisata malam, maka lampion merupakan ornamen pertunjukan utama penghias taman. Untuk menghasilkan taman yang indah, puluhan ribu watt digunakan hanya bagi lampionnya saja. Lampion-lampion ini pun menghidupkan suasana dengan kemeriahan dan gemerlapnya.

Terdapat ribuan lampion berbentuk bunga-bunga kecil menghiasi hampir seluruh bagian taman. Lampu warna-warni dibentuk menjadi aneka replika tumbuhan, seperti bunga tulip dan pepohonan cemara. Hal ini membuat taman rekreasi ini menjadi taman cahaya dengan aneka ragam warna.

Selain itu terdapat pula sekitar 600 lampion berukuran lebih besar. Bentuk lampion tersebut antara lain seperti pohon dan istana. Ada pula lampion naga raksasa, beruang, banteng dan hiu yang indah dibingkai kamera.

Lampion berbentuk Naga
Lampion berbentuk Naga di Taman Lampion Solo Solo. Foto : Instagram/veronicamontessori

3. Terowongan Lampu

Taman Pelangi Jurug dihiasi terowongan rantai lampu yang melayang bersama lampion berbentuk hati. Tempat ini juga menjadi favorit wisatawan untuk berswafoto. Spot ini memberikan kesan ‘dreamy’ pada hasil foto wisatawan.

Baca: ROYAL WATER ADVENTURE Solo Tiket & Wahana

4. Wahana Permainan Anak

Taman rekreasi ini juga merupakan area wisata keluarga. Wisatawan yang datang bersama anak-anak dapat menikmati taman sambil menghibur anak dengan pemainan. Selain aneka spot menarik, terdapat pula beberapa wahana permainan yang disediakan untuk anak-anak.

arena bermain anak dengan kerlip lampu malam hari
arena bermain anak Taman Pelangi Solo. Foto : Googlemap/Cerita Neo

Anak-anak dapat bermain dengan berbagai wahana yang ada di Taman Pelangi Jurug. Di antaranya Komidi Putar, Bombom Car dan Kereta Mini, Trampolin, dan Becak Lampu. Wisatawan juga dapat berfoto dengan properti robot-robot besar, seperti robot Transformers.

5. Food Court

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman kala malam sambil bersantap tak perlu khawatir. Taman Pelangi Jurug menyediakan food court atau pusat jajanan serba ada di areanya. Tempat ini menyediakan aneka sajian kuliner dan minuman yang bisa dinikmati pengunjung.

Lokasi Taman Pelangi Jurug Solo

Taman rekreasi ini berlokasi tepatnya berada di Jl. Ir Sutami No. 109, Jebres, Kota Surakarta,, Jawa Tengah 57126. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi (0271) 636279.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 2 pembaca