TAMAN WILADATIKA Tiket Masuk, Aktivitas dan Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Wiladatika: Rp10.000 - Rp100.000
  • Jam Buka: 08.00-16.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0218731859 / 081297270437
  • Alamat: Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 13720

Taman Wiladatika sudah menjadi salah satu referensi wisata warga Depok dan sekitarnya segera setelah diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 29 Juni 1980. Nama taman ini merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Memang pada awalnya taman ini sebagai sarana dan sumber pendanaan aktivitas Pramuka.

Meski begitu, tempatnya yang asri dan fasilitasnya yang lengkap membuat taman ini ramai oleh wisatawan umum sebagai tujuan rekreasi. Baik Sekedar bersantai atau mengajak anak bermain di taman ini juga cukup menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Taman Wiladatika berbeda untuk wisatawan umum dan anggota Pramuka. Namun tidak perlu khawatir biaya nya mahal. Karena harga tiket masuknya sendiri cukup murah mulai dari Rp10.000 – Rp100.000. Ada juga biaya tambahan untuk menaiki wahana, berenang, dan tiket masuk khusus untuk kebutuhan foto atau syuting. Berikut lebih lengkap harga tiket masuk Taman Wiladatika dan wahana:

  • Tiket Masuk Taman Rekreasi: Rp10.000
  • Tiket Masuk Kolam Renang: Rp20.000
  • Tiket Masuk Langganan 4x Datang: Rp100.000
  • Tiket Parkir Motor: Rp5.000, Mobil: Rp10.000 dan Bus: Rp20.000

Sebagai catatan anak berumur di bawah 3 tahun bebas biaya tiket masuk.

Baca: TAMAN HERBAL INSANI Depok Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka

Taman rekreasi ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga pukul 4 sore. Di hari libur, tempat wisata ini biasanya ramai pengunjung. Sementara di hari biasa, sering diadakan acara atau gathering institusi.

Wisata Populer Depok

Daya Tarik

air mancur di taman wiladatika
Air mancur di taman wiladatika merupakan salah satu spot favorit pengunjung. Foto: Google Maps/Euis Era

Taman Wiladatika berdiri di lahan luas dan memiliki beragam fasilitas. Fasilitas tersebut di antaranya bermacam-macam taman, gedung serbaguna, gazebo, hingga kolam renang dan wahana permainan. Tempatnya memang terawat, nyaman, dan asri. Sehingga membuat wisatawan betah dan menjadikan Taman Wiladatika sebagai tujuan berlibur, salah satunya liburan keluarga.

Beragam Taman Bunga

taman bunga
Selain area taman yang hijau asri, dipercantik pula dengan taman-taman bunga penuh warna. Foto: Google Maps/Siti Syahidati Fauzana

Salah satu ciri khas yang dimiliki Taman Wiladatika yaitu tamannya yang asri. Terdapat dua lokasi yang sering menjadi tujuan utama wisatawan, yaitu taman bunga dan taman jamur. Taman bunga dihiasi hamparan berbagai varian bunga, labirin hijau rendah, hingga air mancur yang besar. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan bunga serta kesejukan udara sambil berjalan-jalan atau berfoto di sekitarnya.

Sedangkan untuk Taman jamur memiliki tempat tersendiri di hati wisatawan dewasa. Karena taman ini tersohor sebagai lokasi syuting sinetron tahun 90’an dan awal 2000-an, salah satunya Tuyul dan Mbak Yul. Sekeliling taman terdapat pepohonan tinggi dan rindang seperti hutan. Terdapat juga bangku-bangku, gua serta rumah-rumahan kecil berbentuk jamur yang unik dan pasti digemari pengunjung berbagai usia.

Selain kedua taman tersebut, terdapat taman Jepang yang merupakan bagian dari Ruang Jepang. Yaitu sebuah ruang pertemuan dengan arsitektur gaya Jepang. Di taman ini terutama berhiaskan tumbuhan bambu dan jembatan di atas sungai dengan batu-batu besar. Berada di sini serasa sedang menikmati suasana Jepang yang tenang dan asri.

Selanjutnya lahan-lahan hijau terbuka yang ada pun bisa bermanfaat bagi pengunjung yang ingin berpiknik. Cukup membawa tikar dan makanan sendiri, pengunjung bisa langsung menikmati taman sambil menyantap makanan. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

Baca: DKandang Depok Tiket Masuk & Aktivitas

Hiburan Anak-Anak

wahana permainan anak
Bagi pengunjung yang membawa anak-anak tersedia berbagai wahana permainan seperti kereta kuda, helikopter, dll. Foto: Google Maps/Iis Mambo

Taman Wiladatika cocok sebagai destinasi liburan keluarga karena fasilitasnya bisa dinikmati berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Hal ini karena di sekitar taman tersedia berbagai wahana permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Sementara anak-anak bermain, orang tua bisa beristirahat di bangku-bangku yang disediakan.

Jika ingin wahana yang lebih variatif, taman ini menawarkan area bermain lainnya. Wahananya terdiri dari bom bom cargokartmini jet, dan lain-lain. Anak-anak juga bisa memberi makan dan bermain bersama kelinci di taman kelinci. Sementara pengunjung dewasa bisa melepas lelah dengan menjajal kolam terapi ikan.

Selain itu tersedia kereta mini serta penyewaan sepeda dan becak mini yang bisa berguna untuk mengelilingi taman. Bagi yang tertarik dengan permainan air, juga tersedia sepeda air dan permainan bola air yang dapat dinikmati bersama keluarga. Lalu ada juga kolam renang untuk dewasa atau anak-anak bagi pengunjung yang ingin berenang.

Baca: Godong Ijo Sawangan Tiket Masuk & Aktivitas

Olahraga dan Outbond

wahana paint ball
Bagi penyuka outbond atau aktivitas penuh tantangan bisa mencoba bermain wahana paint ball di taman rekreasi ini. Foto: Google Maps/Afif Quinsha

Taman ini juga merupakan lokasi yang tepat untuk berolahraga seperti joging atau lari. Banyak juga pengunjung yang sengaja membawa sepedanya kemari. Jadi sambil berolahraga, pengunjung dapat menikmati keindahan beragam tanaman dan bunga yang ditanam di sekeliling taman.

Penyuka tantangan juga bisa mengikuti outbond dan paint ball dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Kegiatan ini cocok untuk melengkapi acara gathering keluarga, kantor, atau sekolah. Sementara itu penginapan dengan beragam pilihan dan harga juga tersedia. Jadi wisatawan tidak perlu repot-repot mencari hotel di luar kawasan taman.

Baca: DEPOK FANTASI Waterpark Tiket Masuk & Wahana

Fasilitas

Taman Wiladatika sudah melengkapi dengan fasilitas standar seperti lahan parkir, toilet, mushola, beragam taman, hingga bangku-bangku untuk istirahat. Sedangkan untuk wahana permainan yang tersedia terdiri dari kolam renang, permainan air, dan taman bermain anak.

Tersedia juga beragam gedung pertemuan untuk acara seperti pernikahan atau seminar, serta gazebo variatif untuk gathering. Wisatawan yang ingin bermalam juga bisa menyewa penginapan dengan beragam pilihan.

Lokasi

Taman Wiladatika terletak di Jalan Jambore 1 Cibubur/Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi (021) 8731859 atau e-mail di wiladatika_cibubur@yahoo.com.

Taman ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Misalnya untuk pengguna transportasi umum bisa menumpangi Transjakarta rute ke Cibubur dan berhenti di Cibubur Junction. Lokasi taman tepat berada di depan Taman Wiladatika.

Ulasan Pembaca

4.6 - 98 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

45 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Menurut informasi yang kami dapat, Kolam Renang Taman Wiladatika dibuka untuk pengunjung. Terima Kasih

  2. Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut mengenai Taman Rekreasi Wiladatika dapat menghubungi pihak pengelola melalui telepon ke nomor (021) 8731859. Terima Kasih

  3. Dari informasi yang kami dapat, Taman Rekreasi Wiladatika buka hari ini dan anak usia 2 tahun diperbolehkan masuk. Terima Kasih

  4. Taman Rekreasi Wiladatika sudah buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00-16.00. Terima Kasih