Beranda Tiket Wisata

Taman Sakura Wisata Alam Ala Jepang - Desember 2019

Tgl. Update:Rabu, Desember 4, 2019
Taman Sakura Kebun Raya Cibodas Harga Tiket: Rp16.500 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: 0263-520448 / 511385 Alamat: Jalan Taman Cibodas, Sindangjaya,Cipanas,Bogor,Jawa Barat ,Indonesia,43253.

Hanami adalah budaya piknik masyarakat Jepang sambil mengapresiasi mekarnya bunga sakura. Di Negeri Matahari Terbit itu, pohon sakura hanya menunjukkan bunganya satu kali dalam setahun. Di Indonesia pun ternyata terdapat bunga sakura yang sengaja ditanam di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas.

Beruntungnya, di sini bunga berwarna merah muda itu bisa dinikmati dua kali dalam setahun! Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, kan?

Tiket Masuk

Taman Sakura berada dalam kawasan Kebun Raya Cibodas. Tiket masuk yang berlaku adalah tiket masuk Kebun Raya, sementara untuk mengunjungi tamannya tidak dikenakan biaya tambahan. Tiket masuk ini berlaku bagi wisatawan lokal maupun asing dan di hari biasa maupun akhir pekan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Kebun Raya CibodasRp16.500
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp16.000

Baca: Kebun Raya Cibodas Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Operasional

Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas dibuka setiap hari kerja maupun hari libur. Waktu mekarnya bunga sakura adalah bulan Januari – Februari dan Agustus – September.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 16.00 WIB

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Taman Sakura Cibodas
Taman Sakura dibangun pada tahun 2007 di Kebun Raya Cibodas – Foto: Google Maps/Dina Mufti

Taman Sakura Cibodas merupakan salah satu dari sekian banyak taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Bunga sakura yang memiliki nama latin Prunus cerasoides atau Cerasus cerasoides ini sudah ditanam sejak tahun 1963 di Kebun Raya Cibodas.

Namun, tamannya baru dibangun pada tahun 2007 di lembah Cibogo dengan lahan seluas 7.000 meter persegi. Kemiripan iklim, ketinggian, serta kondisi tanah membuat bunga berwarna merah jambu ini bisa mekar dengan sempurna di Indonesia.

Baca: Kebun Raya Bogor Tiket Rp15k & Aktivitas

Di Jepang, masyarakat asli mengadakan kegiatan hanami ketika bunga sakura bermekaran. Kegiatan ini berupa kumpul bersama atau piknik yang biasanya disertai acara makan- dan minum. Sementara di Indonesia, mekarnya bunga sakura di KR Cibodas bisa diapresiasi dengan berbagai aktivitas.

Piknik

Bunga Sakura di Cibodas
Bunga sakura di Taman Sakura Cibodas mekar dua kali dalam setahun – Foto: Google Maps/Ceu Ibel

Seperti halnya hanami di Jepang, pengunjung Kebun Raya Cibodas yang ingin menikmati keindahan bunga sakura yang mekar di Taman Sakura juga bisa menggelar piknik. Di sekitar tumbuhnya bunga sakura, terdapat lahan rumput terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk berpiknik.

Baca: MANDALAWANGI Cibodas Tiket & Aktivitas

Pengunjung bisa membawa makanan sendiri dan menikmatinya di bawah bunga sakura mekar, namun tetap jaga lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya. Bunga ini mekar di Indonesia pada bulan Januari – Februari dan Agustus – September. Waktu mekarnya hanya selama empat hari dan hanya membutuhkan waktu satu minggu hingga gugur. Catat waktu mekarnya, ya!

Bermain Air

aliran sungai di melintasi kebun raya cibodas
Sungai dengan curug kecil di Taman Sakura Cibodas – Foto: Google Maps/saint lucas

Tanaman sakura di KR Cibodas tumbuh di sepanjang aliran sungai kecil. Sungai dengan air yang jernih ini juga dihiasi bebatuan besar yang bertebaran di sekitarnya, membuat pemandangan Taman Sakura semakin apik dan menarik. Uniknya, air sungai yang berasal dari curug kecil ini mengaliri jalan yang menjadi jalur kendaraan. Jalan yang ‘dibanjiri’ air ini dikenal dengan nama “Jalan Air”.

Pengunjung bisa bebas bermain air di sungai maupun di jalan air. Aktivitas ini sangat digemari terutama oleh kalangan anak-anak. Bagi yang ingin bermain air atau berfoto di jalan air, tetap harus berhati-hati agar tidak menghalangi kendaraan yang lewat. Sambil menikmati segarnya air yang mengalir, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan bunga sakura yang mekar di ranting-ranting pohonnya.

Berburu Foto dan Selfie

Serumpun bunga sakura
Sakura mekar selama empat hingga tujuh hari saja – Foto: Google Maps/ Aganto Seno

Bunga sakura termasuk bunga yang jarang di Indonesia. Selain karena membutuhkan perawatan yang khusus, masa mekarnya bunga ini juga terhitung pendek, yaitu sekitar 4 – 7 hari saja. Ini pun tergantung cuaca, karena jika terjadi hujan, bunga-bunganya akan berguguran dengan mudah.

Baca: Taman Bunga Nusantara Tiket & 9 Taman Bunga Keren

Oleh karena itu, momen mekarnya bunga sakura di Indonesia sangat mengundang ketertarikan banyak wisatawan lokal maupun asing. Banyak pengunjung yang memanfaatkan momen ini dengan sengaja berfoto atau berburu selfie dengan latar bunga sakura yang mekar. Pemandangan ini menghadirkan sedikit ‘rasa Jepang’ dalam foto-foto yang diambil.

Curug Cibogo

Curug Cibogo Kebun Raya Cibodas
Curug Cibogo terletak tak jauh dari Taman Sakura Cibodas – Foto: Google Maps/Kenji Matsumoto

Tidak jauh dari lokasi Taman Sakura, terdapat sebuah curug setinggi 8 meter. Curug bernama Curug Cibogo ini juga menjadi daya tarik lainnya bagi pengunjung yang datang ke Kebun Raya Cibodas. Setelah puas melihat sakura mekar di taman rekreasi ini, pengunjung bisa menyempatkan untuk ke curug ini. Meski tidak seberapa tinggi, namun airnya jernih dan segar, membuat betah siapapun yang bermain di sini.

Fasilitas Taman Sakura Cibodas

Kebun Raya Cibodas yang menjadi area lokasi Taman Sakura dilengkapi fasilitas lahan parkir, pusat informasi, area bermain anak-anak, mushola, kantin, dan toilet. Ada juga pendopo serta teater alam terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Pengunjung yang ingin bermalam juga bisa merasakan pengalaman berkemah di area perkemahan seluas 3 hektar di Kebun Raya Cibodas.

Lokasi Taman Sakura Cibodas

Taman Sakura terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, Cianjur. Infromasi lebih lanjut silakan menghubungi no telp KR Cibodas di 0263-520448 / 511385 atau Akun Media Sosial: KRCibodasLIPI (FB), krcibodas_lipi (Instagram), @KRCibodas (Twitter).

Rute yang bisa dilalui ialah jalan raya Bogor – Puncak – Cianjur bagi wisatawan yang datang dari arah Jakarta. Di persimpangan Cimacan, terdapat petunjuk jalan yang bisa diikuti untuk menuju tempat ini. Bisa juga menggunaan angkutan umum jurusan Cipanas – Rarahan – Cibodas dari persimpangan Cimacan atau Pasar Cipanas.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here