Camping bisa menjadi pilihan wista alam yang seru dilakukan baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi jika dilakukan di udara sejuk pegunungan. Salah satu lokasi yang cukup dekat dari Ibukota Jakarta adalah Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Taman rekrasi yang menawarkan berbagai kegiatan alam di kaki Gunung Gede Pangrango. Aktivitas seperti camping, outbond, trekking, dll. bisa dilakukan di sini. Tidak salah tempat ini menjadi salah satu pilihan favorit pengunjung di akhir pekan.

Harga Tiket Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Tiket yang harus dibayar untuk memasuki kawasan wisata alam ini cukup terjangkau. Cukup dengan biaya Rp13.500/orang sudah bisa bermain di area kawasan wisata Cibodas ini.

Harga Tiket & Biaya Mandalawangi Cibodas
Jenis TiketHari BiasaAkhir Pekan
HTM UmumRp16.000Rp18.500
HTM PelajarRp14.000Rp15.500
Berkemah Umum Per orang/MalamRp24.000Rp29.000
Berkemah Pelajar Per orang/MalamRp20.000Rp21.500
Paket Berkemah/orangRp200.000 – Rp300.000

Harga tiket tersebut sudah termasuk asuransi. Untuk paket berkemah sudah termasuk Tiket masuk camping, Tiket Pemda, Tiket Air Terjun, Tenda, Matras, Sleeping Bag, Penerang/Listrik, Toilet, Fasilitas Camp & Keamanan, Jurit Malam, Makan, Snack, Kasur, Bantal & Selimut.

Baca: KEBUN RAYA CIBODAS Tiket & 6 Aktivitas

Arti Nama Mandalawangi

Mandalawangi cibodas camping ground
Mandalawangi Cibodas Camping Ground kawasan wisata perkemahan keluarga di kaki gunung Gede Pangrango.

Secara bahasa kata Mandalawangi terdiri dari 2 kata, yaitu Mandala dan Wangi. Mandala berarti perguruan, sedangkan wangi dimaknai sebagai harumnya kebaikan. Sehingga Mandalawangi berarti perguruan kebaikan yang wanginya semerbak ke berbagai penjuru.

Berdasarkan artinya, Mandalawangi merupakan tempat camping asri dan harum yang bermanfaat. Manfaat tersebut bisa dirasakan pengunjung serta pengelola. Penamaan ini sungguhlah tepat, ketika liburan tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit.

Baca: PUNCAK MUSTIKA MANIK Tiket & 10 Spot Foto Keren

Beragam Kegiatan di Mandalawangi Cibodas

Area wisata ini merupakan kawasan resort pegunungan yang cocok untuk kegiatan outdoor. Objek wisata ini berbentuk bumi perkemahan atau camping ground. Berada di kawasan wisata Cibodas yang sejuk, tempat ini juga cocok dikunjungi sekeluarga.

Berkemah di Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Mandalawangi Cibodas Camping Ground
Area Perkemahan atau Camping Ground di Kawasan kaki Gunung Gede Pangrango. Foto Instagram/mandalawangi_cibodas_camp

Bumi perkemahan mandalawangi memiliki berbagai macam area yang siap digunakan untuk berkemah. Masing-masing area menawarkan keindahan pemandangan dan suasana tersendiri. Mulai dari pemandangan hutan, sungai hingga pemandangan Danau Mandalawangi.

Untuk bisa berkemah di Mandalawangi ini, tiketnya berbeda dengan tiket yang sekedar berkunjung. Meski tak punya tenda untuk berkemah, pengunjung bisa menyewa tenda di sini.

Menelusuri Danau Mandalawangi

Menikmati keindahan danau tak cukup hanya dilihat dari pinggirnya saja. Perlu interaksi langsung dengan Danau Mandalawangi dengan cara menelusurinya lebih jauh. Untuk itulah tersedia persewaan kano untuk menjelajahi Danau Mandalawangi.

Menelusuri danau dengan perahu
Menelusuri danau dengan perahu. Foto: google maps

Menikmati Keindahan Air Terjun

Selain danau, bumi perkemahan ini juga menyimpan keindahan lain yang tak kalah menarik. Air Terjun yang letaknya berada di dalam area perkemahan. Hal ini tentu akan menambah kegiatan berkemah jadi lebih seru.

Letak Air cukup jauh tersembunyi di bagian utara perkemahan. Untuk sampai ke sana diperlukan usaha lebih harus berjalan menembus hutan. Oleh sebab itu, air terjun ini sering dijadikan sebagai area jelajah hutan.

Sebelum berangkat ke Air Terjun jangan lupa membawa kamera. Keindahan Air Terjun Rawa Gede tak cukup hanya dipandang saja. Setiap momen di sana harus diabadikan lewat hasil foto yang eksotis.

Baca: KEBUN TEH PUNCAK Gunung Mas Tiket & 8 Aktivitas Top

Bermain Air di Sungai

Keseruan bermain air tak hanya sebatas di danau dan air terjun saja. Di sini pengunjung juga bisa bermain air sepuasnya di sungai. Merasakan sejuknya air sungai yang mengalir bersama kawan-kawan tentu merupakan keseruan tersendiri.

Sungai di kawasan Camping Ground Mandalawangi
Sungai di kawasan Mandalawangi Cibodas Camping Ground . Foto: google maps/Mandalawagi Cibodas Camping Ground

Air sungai yang bening dan jernih mengalir di antara bebatuan. Tak perlu khawatir dengan keamanan selama bermain di sungai ini. Pengelola sudah membatasinya dengan tali, antara sungai yang alirannya deras dan untuk edukasi.

Baca: Curug Leuwi Hejo Sentul Tiket & Aktivitas

Kegiatan Outbond

Ada satu lagi keseruan yang bisa pengunjung dapatkan di obyek wisata ini. Kegiatan ini hampir tak pernah absen di wisata alam. Ya, wahana outbound memang selalu ada di kawasan wisata seperti ini.

Meluncur dengan flying fox di atas sungai
Meluncur dengan flying fox di atas sungai. Foto: google maps

Selain dilakukan secara berkelompok, outbound di sini juga bisa dilakukan secara individu. Salah satunya adalah dengan menaiki flying fox yang ditempatkan di atas sungai. Sehingga pengunjung akan merasakan sensasi meluncur di atas aliran sungai berbatu.

Fasilitas di Mandalawangi Cibodas

Fasilitas yang tersedia di sini cukup memadai. Mulai dari mushola, toilet umum hingga warung makan. Tak ketinggalan pedagang keliling yang jualan di sekitar perkemahan.

Lokasi dan Kontak Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Kawasan wisata perkemahan ini terletak di sebelah kanan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Alamatnya Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 18 pembaca