Mandalawangi Cibodas Camping Ground
Harga Tiket: Rp9.000-Rp1.200.000 Jam Buka: 08.00-17.00 WIB No. Telepon: Alamat: Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Desa Cimacan, Cibodas,Cipanas,Cianjur,Jawa Barat,Indonesia,43253.

Camping bisa menjadi pilihan wisata alam yang seru dilakukan baik bersama teman maupun keluarga. Apalagi jika dilakukan di udara sejuk pegunungan. Salah satu lokasi yang cukup dekat dari Ibukota Jakarta adalah Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Taman rekreasi yang menawarkan berbagai kegiatan alam di kaki Gunung Gede Pangrango. Aktivitas seperti camping, outbond, trekking, dll. bisa dilakukan di sini. Tidak salah tempat ini menjadi salah satu pilihan favorit pengunjung di akhir pekan.

Harga Tiket Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Tiket yang harus dibayar untuk memasuki kawasan wisata alam ini cukup terjangkau. Cukup dengan biaya Rp18.500/orang sudah bisa bermain di area kawasan wisata Cibodas ini.

Harga Tiket Dan Fasilitas Mandalawangi Cibodas
Jenis Tiket Hari Biasa Hari Libur & Tanggal Merah
Tiket Berkemah UmumRp24.000Rp29.000
Tiket Berkemah PelajarRp15.000Rp18.000
Tiket Berkemah MancanegaraRp315.000Rp465.000
Tiket Rekreasi UmumRp16.000Rp18.500
Tiket Rekreasi PelajarRp9.000Rp10.500
Tiket Rekreasi MancanegaraRp165.000Rp240.000
Tenda Pleton Kapasitas 50 OrangRp1.200.000
Tenda Pleton Kapasitas 30 OrangRp900.000
Tenda Citarum Kapasitas 8 OrangRp200.000
Tenda Dome Kapasitas 6 OrangRp100.000
Tenda Dome Kapasitas 4 OrangRp75.000
Tenda Regu Kapasitas 6 OrangRp100.000
Sleeping BagRp15.000
Matras Spoon KecilRp10.000
Matras Spoon BesarRp20.000
Kasur+Bantal+SelimutRp50.000
Api UnggunRp200.000
PeneranganRp175.000

 

Baca: KEBUN RAYA CIBODAS Tiket & 6 Aktivitas

Arti Nama Mandalawangi

Mandalawangi cibodas camping ground
Mandalawangi Cibodas Camping Ground kawasan wisata perkemahan keluarga di kaki gunung Gede Pangrango.

Secara bahasa kata Mandalawangi terdiri dari 2 kata, yaitu Mandala dan Wangi. Mandala berarti perguruan, sedangkan wangi dimaknai sebagai harumnya kebaikan. Sehingga Mandalawangi berarti perguruan kebaikan yang wanginya semerbak ke berbagai penjuru.

Berdasarkan artinya, Mandalawangi merupakan tempat camping asri dan harum yang bermanfaat. Manfaat tersebut bisa dirasakan pengunjung serta pengelola. Penamaan ini sungguhlah tepat, ketika liburan tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit.

Baca: PUNCAK MUSTIKA MANIK Tiket & 10 Spot Foto Keren

Beragam Kegiatan di Mandalawangi Cibodas

Area wisata ini merupakan kawasan resort pegunungan yang cocok untuk kegiatan outdoor. Objek wisata ini berbentuk bumi perkemahan atau camping ground. Berada di kawasan wisata Cibodas yang sejuk, tempat ini juga cocok dikunjungi sekeluarga.

Berkemah di Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Mandalawangi Cibodas Camping Ground
Area Perkemahan atau Camping Ground di Kawasan kaki Gunung Gede Pangrango. Foto Instagram/mandalawangi_cibodas_camp

Bumi perkemahan mandalawangi memiliki berbagai macam area yang siap digunakan untuk berkemah. Masing-masing area menawarkan keindahan pemandangan dan suasana tersendiri. Mulai dari pemandangan hutan, sungai hingga pemandangan Danau Mandalawangi.

Untuk bisa berkemah di Mandalawangi ini, tiketnya berbeda dengan tiket yang sekedar berkunjung. Meski tak punya tenda untuk berkemah, pengunjung bisa menyewa tenda di sini.

Menelusuri Danau Mandalawangi

Menikmati keindahan danau tak cukup hanya dilihat dari pinggirnya saja. Perlu interaksi langsung dengan Danau Mandalawangi dengan cara menelusurinya lebih jauh. Untuk itulah tersedia persewaan kano untuk menjelajahi Danau Mandalawangi.

Menelusuri danau dengan perahu
Menelusuri danau dengan perahu. Foto: google maps

Menikmati Keindahan Air Terjun

Selain danau, bumi perkemahan ini juga menyimpan keindahan lain yang tak kalah menarik. Air Terjun yang letaknya berada di dalam area perkemahan. Hal ini tentu akan menambah kegiatan berkemah jadi lebih seru.

Letak Air cukup jauh tersembunyi di bagian utara perkemahan. Untuk sampai ke sana diperlukan usaha lebih harus berjalan menembus hutan. Oleh sebab itu, air terjun ini sering dijadikan sebagai area jelajah hutan.

Sebelum berangkat ke Air Terjun jangan lupa membawa kamera. Keindahan Air Terjun Rawa Gede tak cukup hanya dipandang saja. Setiap momen di sana harus diabadikan lewat hasil foto yang eksotis.

Baca: KEBUN TEH PUNCAK Gunung Mas Tiket & 8 Aktivitas Top

Bermain Air di Sungai

Keseruan bermain air tak hanya sebatas di danau dan air terjun saja. Di sini pengunjung juga bisa bermain air sepuasnya di sungai. Merasakan sejuknya air sungai yang mengalir bersama kawan-kawan tentu merupakan keseruan tersendiri.

Sungai di kawasan Camping Ground Mandalawangi
Sungai di kawasan Mandalawangi Cibodas Camping Ground . Foto: google maps/Mandalawagi Cibodas Camping Ground

Air sungai yang bening dan jernih mengalir di antara bebatuan. Tak perlu khawatir dengan keamanan selama bermain di sungai ini. Pengelola sudah membatasinya dengan tali, antara sungai yang alirannya deras dan untuk edukasi.

Baca: Curug Leuwi Hejo Sentul Tiket & Aktivitas

Kegiatan Outbond

Ada satu lagi keseruan yang bisa pengunjung dapatkan di obyek wisata ini. Kegiatan ini hampir tak pernah absen di wisata alam. Ya, wahana outbound memang selalu ada di kawasan wisata seperti ini.

Meluncur dengan flying fox di atas sungai
Meluncur dengan flying fox di atas sungai. Foto: google maps

Selain dilakukan secara berkelompok, outbound di sini juga bisa dilakukan secara individu. Salah satunya adalah dengan menaiki flying fox yang ditempatkan di atas sungai. Sehingga pengunjung akan merasakan sensasi meluncur di atas aliran sungai berbatu.

Fasilitas di Mandalawangi Cibodas

Fasilitas yang tersedia di sini cukup memadai. Mulai dari mushola, toilet umum hingga warung makan. Tak ketinggalan pedagang keliling yang jualan di sekitar perkemahan.

Lokasi dan Kontak Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Kawasan wisata perkemahan ini terletak di sebelah kanan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Alamatnya Komplek Pasar Lapang Mandalawangi, Jl. Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,40 | 20 Pembaca

52 KOMENTAR

  1. Mau tanya, buka – tutup registrasinya sampai jam berapa yah dan lokasi registrasinya, di lokasi di area kemah apa via web yah.

    Terima kasih.

    • Untuk camping atau kunjungan wisata, pengunjung dapat langsung datang ke Mandalawangi Cibodas. Terima Kasih

    • Pengunjung dapat camping atau rekreasi di Mandalawangi Cibodas. Pengunjung yang datang wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan selama berada di area Mandalawangi. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat, pengunjung dapat melakukan kegiatan BBQ/Bakar dengan membawa peralatan kayu bakar atau arang sendiri. Dan jangan lupa menjaga kebersihan setelah acara. Terima Kasih

    • Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyewaan tenda dapat langsung menghubungi melalui telepon atau Whatsapp ke nomor 0818 430 794. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat, Pengunjung yang datang wajib memakai masker, menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di area Mandalawangi Cibodas. Terima Kasih

    • Informasi yang kami dapat, pengunjung sudah dapat melakukan kegiatan camping di area Mandalawangi Cibodas. Pengunjung akan dikenakan harga Rp24.000/orang untuk berkemah di hari biasa dan Rp29.000/orang di hari libur. Terima Kasih

  2. apakah harga tiket berkemah umum sudah termasuk fasilitas toilet? atau setiap menggunakan toilet harus bayar lagi? terimakasih

    • Informasi yang kami dapat, Tiket berkemah belum termasuk tiket parkir dan fasilitas toilet. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat, Hanya provider Telkomsel dan Xl yang mempunyai sinyal internet yang stabil di area camping Mandalawangi, untuk provider lain masih bisa mendapat sinyal namun tidak begitu stabil. Terima Kasih

  3. Hi min , mau tanya dong , klo bawa tenda dan perlengkan sendiri apakah bisa ? Lalu saat camping ingin k air terjun cibereum apakah aman meninggalkan tenda tersebut ? Thankyou travelpromo

    • Dari informasi yang kami dapat, pengunjung dapat membawa perlengkapan tenda sendiri, namun jika pengunjung ingin pergi ke Curug Cibeureum, diharapkan tidak meninggalkan barang bawaan berharga di dalam tenda. Terima Kasih

  4. Mau tanya.. camping mandalawangi yang dekat danau apa sudah bisa? Terus apa beli tiketnya harus online? Tidak bisa langsung datang beli di sana dan ada syaratnya tidak bagi pengunjung ada hasil tes rapid. mohon penjelasannya . terima kasih

    • Saat ini pengunjung sudah dapat camping di dalam area Mandalawangi Cibodas. Untuk tiket dapat dibeli langsung di loket. Pengunjung yang datang hanya wajib memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Mandalawangi Cibodas. Terima Kasih

  5. Mohon infonya , ibu hamil apakah boleh dan aman camp di Mandalawangi? UK 8 bulan, kondisi badan sehat

    Sebelumnya apakah ada yg udh pernah juga ?

  6. Apakah seluruh area tercover jaringan internet? Apakah ada listrik / area bekerja jika sewaktu2 ada hal urgent terkait pekerjaan?

    • Dari informasi yang kami dapat, tidak ada batasan usia anak untuk datang ke Mandalawangi Cibodas. Terima Kasih

  7. Apakah harga utk tiket pengunjung saja sudah termasuk air terjun dan wisata sungai? Lalu sudah beroperasi lagi atau belum ya?

    • Dari informasi yang kami dapat, Mandalawangi sudah kembali beroperasi seperti biasa. Untuk harga tiket pengunjung sudah dapat menikmati semua wahana yang ada di area Mandalawangi. Namun untuk informasi lebih lanjut mengenai Mandalawangi dapat langsung menghubungi pihak Mandalawangi di nomor telepon 0818 430 794. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat, pengunjung yang datang untuk berkemah akan dikenakan tiket masuk Mandalawangi, tiket berkemah, dan tiket pemda untuk kendaraan. Untuk harga tiket dapat dilihat di halaman website kami. Terima Kasih

    • Info yang kami dapat, Harga tiket camping belum termasuk tiket gerbang kawasan Cibodas. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat, Pengunjung dapat datang malam hari ke Mandalawangi Cibodas jika sudah melakukan reservasi sebelum kedatangan. Terima Kasih

    • Menurut informasi yang kami dapat. Mandalawangi Cibodas sudah dibuka untuk umum. Terima Kasih

  8. Assalamu’alaikum ka
    Maaf apa perkemahannya sudah dibuka utk umum?
    Bagaimana cara pendaftarannya ya? Apa ada kontak yg bisa dihubungi lebih lanjut?

    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum

    • Mandalawangi Cibodas sudah kembali beroperasi. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pak Dadang di nomor +62 818-430-794. Terima Kasih

  9. Assalamualaikum..kebetulan suami saya orang asing beliau sudah lama tinggal di Indonesia dan sudah sering main ke Cibodas kami berdomisili Cianjur..tapi baru kali ini beliau mau camp..Nach untuk tiket masuk camp di golf atau area camp di Cibodas tiket masuk nya beliau masuk kategori umum seperti WNI atau mancanegara.. terima kasih

    • Menurut info yang kami dapat untuk pengunjung dengan KTP Indonesia dikenakan Rp29.000 (Weekend) dan Rp24.000 (Weekday) untuk menginap di Mandalawangi, namun jika pengunjung warga negara asing akan dikenakan tiket berkemah Rp450.000. Terima Kasih

    • Pengunjung dapat membawa peralatan tenda sendiri dan untuk berkemah akan dikenakan tiket masuk Rp29.000. Namun perlu kami infokan Mandalawangi masih ditutup sementara, pengunjung hanya dapat berkemah di area Bukit Golf. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat, Pengunjung dikenakan tiket masuk Rp10.000 per orang dan untuk berkemah Rp29.000/orang. Terima Kasih.

    • Mandalawangi Cibodas masih ditutup untuk umum. Namun jika ingin berkemah dapat dilakukan di bukit golf di sekitar area Mandalawangi Cibodas. Terima Kasih

    • Dari informasi yang kami dapat, Mandalawangi masih ditutup untuk umum, namun jika ada pengunjung yang mau berkemah di area bukit golf sudah dapat melakukan reservasi langsung ke pihak Mandalawangi. Terima Kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini