sumur gemuling taman sari yogyakarta.foto:/instagram/wisata_tamansari_yogyakarta

Mengunjungi keraton Yogyakarta belum lengkap jika belum singgah ke Taman Sari Yogyakarta. Istana air yang juga merupakan bagian dari keraton Yogyakarta. Bangunan bersejarah ini dibangun di atas tanah bekas kebun istana keraton Yogyakarta.

Bangunan yang efektif pada tahun 1765 – 1812 sudah tidak lagi utuh. Namun sisa – sisa bangunan istana air ini menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara. Letaknya yang strategis memudahkan akses wisatawan untuk data ke tempat wisata ini.

Harga Tiket masuk Taman Sari Yogyakarta

Untuk menikmati salah satu Cagar Budaya megah ini, pengunjung dikenakan tarif murah meriah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.12.000 untuk wisatawan mancanegara. Pengunjung yang akan berswafoto dan membawa kamera akan dikenakan tiket kamera sebesar Rp2.000.

Harga Tiket Taman Sari Yogyakarta
Tiket Wisatawan Dometik Rp5.000
International Tourist Rp12.000
Kamera Rp2.000

Baca: Candi PRAMBANAN Tiket & 8 Aktivitas Top

Pengunjung dapat menggunakan jasa pemandu wisata yang berlisensi. Harga yang ditawarkan relatif murah, sebesar Rp. 25.000,- pengunjung akan dijelaskan detail istana dan sejarahnya.

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Situs sejarah ini bisa dikunjungi setiap hari. Dengan Jam operasional Taman dari mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Jam Buka
Senin – Minggu 08.00 – 18.00 WIB

Aktivitas di Taman Sari Yogyakarta

Berada di kawasan cagar budaya ini pengunjung dapat menyusuri jejak-jejak reruntuhan dan sisa bangunan yang megah. Dahulu Taman Sari terdiri dari 57 bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 10 hekar. Terdiri dari gedung, kolam pemandian, danau beserta pulau buatan, lorong bawah air, kanal air, jembatan gantung dan bangunan lainnya.

Istana air ini terdiri dari 4 bagian, namun hanya satu yang masih utuh yaitu pemandian umbul binangun. Sebagian wilayah Istana sudah menjadi pemukiman warga yang dulu merupakan abdi dalam kraton Yogyakarta.

1. Gapura Agung Taman Sari

Tempat ini merupakan tempat pemberhentian kereta kencana sultan dan keluarganya. Gapura di pintu masuk bangunan ini di dominasi ornamen berbentuk bunga dan sayap burung.

2. Pesanggrahan

Dulu tempat ini digunakan oleh sultan untuk bersemedi dan menyusun strategi perang. Didalamnya difungsikan sebagai penyimpanan baju perang, senjata, dan ritual menyucikan keris. Tepat didepan pesanggrahan terdapat lapangan yang dulu difungsikan sebagai tempat berlatih pedang.

Baca: The LOST WORLD Castle Tiket & 5 Spot Foto Keren

3. Umbul Binangun

Setelah memasuki pintu gerbang kedua, pengunjung akan melihat dua kolam dengan air berwarna biru. Kolam ini termasuk dari 3 Umbul Binangun yaitu, Umbul kawitan, Umbul pamuncar dan umbul panguras.

Umbul kawitan merupakan tempat pemandian untuk putri-putri raja, Umbul pamuncar untuk para selir raja. Kedua Umbul kolam ini berada di satu tempat, sedangkan Umbul Panguras terpisah.

umbul binangun taman sari
Kolam Umbul binangun.foto: instagram/wisata_tamansari_yogyakarta

4. Sumur Gumuling

Sumur gumuling bukan sumur seperti pada umumnya. Sumur gumuling berfungsi sebagai masjid bawah tanah. Masjid ini terdiri dari dua tingkat berbentuk melingkar 360° dengan bangunan tengah berlubang.

Bangunan dengan penataan akustik ini menghasilkan gema ke seluruh ruangan ketika imam memimpin sholat. Bagian tengah masjid yang berlubang terdapat ruangan berbentuk persegi terhubung dengan 5 anak tangga.

sumur gemuling taman sari yogyakarta
sumur gemuling di lokasi istana air.foto:wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

Jalan menuju sumur gumuling ini sering kali menjadi spot foto yang menarik. Disini terdapat lorong panjang menuju sumur gumuling. Tidak hanya berswafoto, banyak juga yang mengadakan sesi foto prewedding disini.

lorong menuju sumur gemuling
lorong menuju sumur gemuling taman sari.foto:wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

5. Gedung Kenongo

Gedung kenongo adalah gedung tertinggi pada bangunan istana air ini. Gedung ini digunakan sebagai tempat bersantap raja. Di gedung ini pengunjung dapat menikmati Golden Sunset dan seluruh bagian Taman.

Dinding dengan tinggi 2-4 meter yang mengelilingi seluruh bangunan akan tampak dari atas gedung kenongo. Gedung ini selain difungsikan sebagai tempat bersantap juga sebagai tempat mengintai musuh.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & 8 Aktivitas Seru

6. Gedhong Gapura Panggung

Disini pengunjung akan menemukan gapura yang terdapat relief ular disekelilingnya. Gapura ini sering digunakan sebagai spot foto yang Instagrammable. Bangunan yang tampak seperti gapura ini adalah Gedhong Gapura Panggung.

Bangunan bertingkat dua ini berfungsi sebagai gerbang masuk utama memasuki kompleks istana. Dulunya bangunan ini menjadi tempat sultan menikmati pertunjukan tari dan musik gamelan. Tempat ini merupakan tempat pribadi sultan dan istri- istrinya berhias diri.

gedhong gapura panggung taman sari
gedhong gapura panggung taman sari.foto:wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

Transportasi menuju Taman Sari

Letak yang strategis menyebabkan Taman ini selalu ramai di akhir pekan. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan transportasi umum, seperti taksi, becak dan dokar. Ada juga angkutan khusus wisata jurusan keraton, taman sari, dan ngabean. Julukannya si Thole, angkutan yang beroperasi dari jam 08.00 – 22.00 WIB.

Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Situs bangunan bersejarah ini sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan. Berikut alamat lengkap dan lokasi berada di Jalan Kompleks Wisata Taman Sari Pathen,KratonKota Yogyakarta, DI Yogyakarta Indonesia 55133.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,12 / 34 pembaca