Beranda Tiket Wisata

TAMAN WISATA TIRTA ALAM Tiket & Wahana – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Wisata Tirta Alam : Rp20.000Jam Buka: 07.00 – 18.00No. Telepon: -Alamat: Jalan Sagala Herang, RT 11/4 Sagalaherang Kaler, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 41282

Taman Wisata Tirta Alam memadukan area bermain dan alam yang asri. Dilengkapi dengan fasilitas kolam renang untuk semua usia. Misalnya kolam renang anak-anak dan dewasa. Air yang berada di kolam renang berasal langsung dari pegunungan.

Airnya benar-benar jernih dan menyegarkan. Sangat berbeda dengan kolam renang pada umumnya yang sudah bercampur kaporit. Selain kolam renang terdapat beberapa wahana permainan seru dan menegangkan. Salah satu yang paling populer yaitu Kora-kora dan Gajah Terbang.

Harga Tiket Taman Wisata Tirta Alam

Harga tiket Taman Wisata Tirta Alam tergolong cukup murah. Dengan membayar Rp20.000 pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas kolam renangnya. Namun tiket itu tidak termasuk biaya parkir dan wahana permainan lainnya. Pihak pengelola telah menetapkan tiket masuk sendiri.

Harga Tiket Taman Wisata Tirta Alam
Jenis Tiket Harga
Tiket masuk Rp20.000
Tiket Wahana
Sepeda air / Kereta mini / Gajah terbang / sewa ban Rp5.000
Terapi ikan / Kora-kora Rp10.000
Sepeda gantung / Permadani / Flying fox / Bola air Rp15.000
Biaya Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: PLANET WATERBOOM Subang Tiket & Wahana

Jam Buka Taman Wisata Tirta Alam

Kawasan taman bermain air ini selalu buka setiap hari. Dari hari biasa, akhir pekan, hingga libur nasional. Untuk waktu buka dan tutupnya masih tetap sama. Mulai beroperasi dari pagi sampai dengan sore hari.

Jam Buka
Setiap hari  07.00 – 18.00

Wahana Taman Wisata Tirta Alam

Kebanyakan wahana di Taman Wisata Tirta Alam ini berupa taman bermain air. Di dalamnya tersedia 3 kolam renang yang terdiri dari 2 kolam khusus orang dewasa dan 1 kolam untuk anak-anak. Selain itu masih ada wahana permainan lainnya seperti kora-kora dan gajah terbang.

Kolam Renang Anak-anak

Keramaian di kolam renang anak-anak Taman Wisata Tirta Alam.
Kolam renang anak-anak di Taman Wisata Tirta Alam dilengkapi wahana permainan ember tumpah dan perosotan. Foto : Googlemap/nadia nurfaiza

Wahana pertama yang akan pengunjung jumpai di Tirta Alam adalah kolam renang. Pada saat memasuki pintu utama, dari kejauhan akan terlihat kolam renang anak-anak. Lokasinya berdekatan dengan patung badak yang sedang membuka mulut lebar. Bentuk kolamnya bulat dan airnya berwarna kebiruan.

Tingkat kedalaman airnya memang sengaja dibuat dangkal. Perkiraan tingginya hanya sekitar 50 cm. Sangat sesuai dengan ukuran tinggi badan anak-anak yang masih kecil.

Selain kolam renang, ternyata di dalamnya ada 2 wahana permainan. Terdiri dari perosotan dan ember tumpah berukuran besar. Posisinya tepat berada di sisi kolam bagian belakang. Dengan hadirnya kedua wahana tadi, pengunjung bisa berenang sekaligus bermain air sepuasnya.

Baca: Wisata Alam Capolaga Tiket & Pesona

Kolam Renang Dewasa

Ibu-ibu berenang di kolam renang dewasa.
Kolam renang orang dewasa di Tirta Alam mempunyai tingkat kedalaman 1 meter. Foto : Googlemap/Silvi Diani

Kolam renang khusus orang dewasa berjumlah 2 buah. Lokasinya berada ada di belakang pojok sebelah kiri kolam renang anak. Kedua kolam tersebut posisinya saling berhadapan.

Sisi sebelah kanan hanya berupa kolam biasa untuk berenang. Sementara sisi sebelah kiri terdapat kolam dan juga wahana seluncur air. Untuk ukurannya jauh lebih luas kolam sisi sebelah kanan ketimbang yang kiri.

Walau tampak berbeda tapi kedua kolam sama-sama memiliki tingkat kedalaman sekitar 1 meter. Jika dirasa terlalu dalam pengunjung bisa berenang menggunakan alat bantu berupa ban. Tidak perlu membawa dari rumah, sudah ada tempat penyewaan yang disediakan pihak pengelola.

Baca: Pantai Pondok Bali Subang: Tiket & Pesona

Kolam Terapi Ikan

Selain terdapat kolam renang untuk aktivitas berenang. Ternyata di Taman Wisata Tirta Alam juga ada kolam terapi ikan. Kegunaannya untuk menghilangkan masalah pada kaki. Misalnya seperti rasa gatal, sel kulit mati, flek hitam, dan eksim.

Untuk terapinya tinggal memasukkan kedua kaki ke dalam kolam. Kemudian ikan-ikan kecil datang dan mengerumuni kaki pengunjung. Dengan cepatnya sekumpulan ikan tersebut akan mulai memakan bakteri jahat yang bersarang di kaki. Jenis ikan yang ada di kolam terapi Tirta Alam adalah Garra Rufa Hitam.

Baca: Wisata Alam Capolaga Tiket & Pesona

Wahana Permainan Kora-kora

Sekumpulan orang naik wahana kora-kora di Taman Wisata Tirta Alam.
Kora-kora Taman Wisata Tirta Alam termasuk wahana paling ekstrem untuk anak-anak. Foto : Googlemap/de’Nuhaz

Setelah puas menjajal kolam renang dan arena seluncurnya. Lanjutkan aktivitas liburan dengan menaiki wahana perahu terbang bernama kora-kora. Desainnya menyerupai bentuk perahu bajak laut yang ada di film barat. Keseluruhan badan perahu berwarna cokelat dengan aneka hiasan gambar naga di bagian depannya.

Wahana kora-kora ini maksimal mampu memuat penumpang hingga 24 orang. Posisi duduknya dibuat saling berhadapan. Dengan begitu setiap orang bisa melihat ekspresi penumpang lainnya saat wahananya bergerak.

Untuk cara kerjanya sendiri hampir mirip seperti ayunan. Kora-kora akan berayun dari kanan lalu ke kiri secara bergantian. Pertama-tama pergerakannya agak pelan, tapi lama-kelamaan wahana akan bergerak sangat cepat. Menjajal wahana ini seolah-olah seperti tengah terbang membumbung tinggi di atas awan.

Baca: Curug Cileat Perpaduan Hutan Dan Tebing Hijau

Permainan Gajah Terbang

Jika si kecil merasa takut naik wahana Kora-kora yang ekstrem. Mungkin gajah terbang bisa menjadi alternatif penggantinya. Wahana ini tidak terlalu berbahaya untuk anak-anak yang masih berusia 1 tahun.

Model permainan ini hampir sama seperti komedi putar. Namun perbedaannya terletak dari desain tempat duduknya. Di wahana ini tidak menggunakan hewan kuda, melainkan seekor gajah kecil warna-warni. Ada yang berwarna putih dan sebagian lain berwarna kuning.

Tempat duduknya berjumlah 4 buah dan terhubung dengan sebuah tiang besi. Posisinya tepat berada di bagian tengah. Dan di situlah sumber utama penggerak wahana gajah terbang. Selama satu putaran anak-anak akan berkeliling memutari wahananya mengikuti arah jarum jam.

Baca: CURUG CIANGIN Tiket & Daya Tarik

Fasilitas Taman Wisata Tirta Alam

Meski harga tiketnya sangat murah, namun penyediaan sarana dan prasarananya sudah sangat memadai. Bagi yang ingin berganti pakaian renang sudah tersedia kamar ganti. Lalu jika sudah selesai berenang bisa masuk ke kamar bilas untuk membersihkan badan. Fasilitas lainnya ada toilet, tempat parkir, musala, tempat makan, hingga gazebo.

Lokasi Taman Wisata Tirta Alam

Taman bermain ini lokasinya berhadapan langsung dengan Rumah Makan Cibinong. Alamat lengkapnya sendiri ada di Jalan Sagala Herang, RT 11/4 Sagalaherang Kaler, Sagalaherang. Bertempat di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini