Curug Cijalu merupakan wisata air terjun yang berada dalam kawasan cagar alam Gunung Burangrang. Ketinggian curahan air terjun ini mencapai 70 meter. Lokasinya berada di tapal batas barat-selatan Kabupaten Subang dan Purwakarta.

Kawasan wisata air terjun ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl. Sehingga jika hari cerah, wisatawan dapat melihat Kota Subang, Purwakarta dan Waduk Jatiluhur. Objek wisata ini telah diresmikan dan diramaikan wisatawan sejak 1 September 1984.

Harga Tiket Masuk Curug Cijalu

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata air terjun ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk yang ditawarkan masih tergolong terjangkau.

Harga tiket masuk Curug Cijalu
Senin – MingguRp15.000

Baca: Pemandian Air Panas Ciater Subang Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke air terjun setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari baik hari biasa maupun akhir pekan.

Waktu operasional
Senin – Minggu07.30 – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata

area camping ground curug cijalu
Wisata air terjun Curug Cijalu Subang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Foto : Google Maps/Amir Udin

Objek wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama akhir pekan dan liburan panjang. Curug Cijalu seolah muncul membelah Gunung Sunda dengan ketinggian air terjunnya yang mencapai 70 meter.

Treking

Akses jalan setapak tertata rapi sepanjang jalur menuju air terjun Curug Cijalu Subang
Akses jalan setapak tertata rapi sepanjang jalur menuju air terjun. Foto : Google Maps/Yuli Yulyanie

Setelah melewati pintu masuk, suasana sejuk karena wisatawan dinaungi pepohonan di kiri kanan jalan. Dari kejauhan terlihat perbukitan menyembul di bawah awan yang asri dan sejuk dipandang. Wisatawan juga disuguhkan panorama perkebunan teh dengan udara yang mulai terasa dingin.

Trek mulai menanjak di undakkan anak tangga yang tersusun rapi dari batu belah. Beberapa seniman terlihat memainkan gitar dan menabuh perkusi sambil menyanyikan lagu-lagu klasik khas Sunda.

Perjalanan menuju curug dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari tempat parkir. Medan trekingnya terbilang cukup mudah dengan rute berundak yang jelas.

Melewati Pesona Dua Air Terjun

Sekitar 100 meter sebelum mencapai Curug Cijalu terdapat curug lainnya yang lebih kecil. Air terjun ini disebut Curug Putri (Perempuan), sebagian warga setempat menyebutnya Curug Cibuntu. Ketinggian Curug Putri sekitar 30 meter dengan aliran airnya mengalir perlahan mengikuti tebing batu.

Wisatawan mengibaratkan kedua curug yang berdekatan ini seperti sepasang kekasih. Curug Cijalu dianggap sebagai curug ‘laki-laki’, karena dalam bahasa Sunda ‘jalu’ artinya laki-laki. Sedangkan curug Cibuntu atau Curug Putri sebagai perempuan-nya.

Menikmati Keindahan Air Terjun

suasana hijau sekitar air terjun
Curahan air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 70 meter. Foto : Google Maps/Mr.Njooo Trip

Air terjun ini menyajikan suasana yang sejuk, tenang dengan panorama alam yang indah. Nama air terjun ini diyakini berasal dari kedatangan pendekar yang kemudian menetap di sana. Ci atau ‘cai’ berarti air, dan ‘jalu’ berarti lelaki.

Curug yang terletak pada ketinggian 1300 M DPL ini memiliki suhu udara antara 18-26º C. Suasana kawasan objek wisata air terjun ini memberikan kesejukan dan kesegaran bagi wisatawan. Kicauan burung-burung bernyanyi tiada henti membuat kondisi panorama alaminya sangat terasa.

Menurut warga, dahulu juga banyak keturunan Tionghoa yang berkunjung ke sini untuk berdoa. Mereka menganggap air terjun ini sebagai tempat mandinya para bidadari. Kepercayaan ini timbul lantaran saat matahari pagi memancar, pelangi-pelangi kecil memantul dari curug.

Bermain Air

sembuaran air terjun sebagai latar foto
Wisatawan dapat bermain air di bawah curahan air terjun. Foto : Google Maps/zenny anam

Percikan air yang terbawa angin bisa dirasakan meski dari jauh. Tumpahan air Curug Cijalu mengalir deras membelah bukit di kawasan Gunung Burangrang. Tumpahan air dari Gunung Sunda itu jatuh ke kolam yang berada di bagian dasar air terjun.

Wisatawan biasanya bermain-main air di kolam yang menyegarkan dan memberi efek relaksasi tersebut. Mereka juga menceburkan diri ke kolam untuk merasakan sensasi guyuran air terjun. Namun, suhu airnya sangat dingin sehingga wisatawan biasanya tidak berlama-lama bermain air.

Baca: Planet Waterboom Subang Tiket & Wahana

Daya Tarik Mitos Curug Cijalu

Sejak diresmikan pada 1982, pengunjung pertama air terjun ini kebanyakan orang Indramayu. Datang untuk  bersemedi dan mandi demi mengobati serangan kelumpuhan yang dideritanya dan berhasil sembuh. Sejak saat itu, wisatawan terutama asal Indramayu berdatangan dan mempopulerkan Air terjun ini.

Beberapa mitos berkembang di Curug Cijalu, salah satunya mandi di curug supaya cepat mendapatkkan jodoh. Meski mitos tersebut belum dapat dipertanggungjawabkan, hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Berfoto

Setiap wisatawan pasti tertarik untuk mengabadikan pemandangan alam Curug Cijalu. Berbagai angle foto akan memberikan hasil gambar yang indah. Berlatarkan keindahan air terjun ditambah panorama alamnya yang luar biasa.

Berkemah

tenda-tenda wisatawan di curug cijalu
Berkemah memberi lebih banyak waktu menikmati keindahan alam Curug Cijalu Subang. Foto : Google Maps/Setyo Budi

Wisatawan dapat menikmati suasana malam Curug Cijalu dengan berkemah di kawasan wisata tersebut. Dengan menginap, wisatawan memiliki lebih banyak waktu merasakan sensasi alam air terjun. Ditemani gemuruh suara aliran air terjun yang menghantam bebatuan.

Pelajar, mahasiswa, dan sejumlah komunitas pun menjadikan kawasan wisata ini untuk berkemah bersama. Kawasan objek wisata air terjun ini dijadikan pilihan karena memiliki area hutan, air terjun, pendakian dan camping ground. Suasana alamnya pun masih bersih, dengan rimbunnya pepohonan di sebagian daerah curug.

Baca: Wisata Curug Maribaya Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Kawasan Curug Cijalu dilengkapi dengan jalan setapak, instalasi air, dan berbagai fasilitas penunjang. Toilet, musola, loket karcis, area parkir sudah tertata secara memadai. Jalan setapak dibangun dilengkapi shelter, tempat-tempat untuk duduk, tempat sampah, dan pos jaga.

Berbagai makanan dan minuman dapat dibeli wisatawan dari warung-warung yang banyak ditemui di sini. Toko souvenir juga menjual kaos, dan daster untuk wisatawan yang membutuhkan pakaian ganti.

Rute ke Curug Cijalu

Kawasan Curug Cijalu secara administratif masuk ke wilayah Desa Cipancar, Subang, Jawa Barat. Curug ini berjarak 37 km dari Kota Subang atau 63 km dari Bandung. Sedangkan dari Purwakarta, curug ini berjarak sekitar 40 km ke arah selatan.

Wisatawan dapat menempuh jalan raya Wanayasa – Cagak, lalu memasuki gerbang Kawasan Wisata Cijalu. Kemudian wisatawan harus menyusuri jalan desa sekitar 3 km. Mendekati Wana Wisata Curug Cijalu, pedesaan dan hamparan perkebunan teh akan menyambut wisatawan.

Kontak dan Lokasi Curug Cijalu

Wana wisata air terjun ini berada di Desa Cipancar, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.